329 views

AS Akan Tolak Seluruh Klaim China di Laut China Selatan

[BP] – Tatar Sunda

Amerika Serikat (AS) melalui menteri Luar Negerinya Mike Pompeo mengatakan bahwa negaranya siap dan akan mendukung negara-negara yang yang berseteru dengan China soal klaim Laut China Selatan.

Hari Rabu (15/07/2020) Menlu AS kepada para wartawan mengatakan bahwa AS akan mendukung negara-negara di penjuru dunia yang mengakui bahwa Cina melanggar klaim teritorial atau klaim maritim legal negara tersebut.

Hal ini menunjukan sikap Amerika Serikat tersebut tidak hanya soal Laut Cina Selatan. Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (13/07/2020), Pompeo mengatakan bahwa klaim maritim yang luas di Laut Cina Selatan “sepenuhnya melanggar hukum”.

Dikutip dari NHK seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada bahwa AS mengakui kekuasaan administratif Jepang atas Kepulauan Senkaku dan bahwa Pasal 5 dari Pakta Keamanan mencakup wilayah di bawah kekuasaan administratif Jepang. Pasal tersebut mewajibkan AS untuk membela wilayah itu.

Jepang mengakui Kepulauan Senkaku sebagai miliknya, sedangkan Cina dan Taiwan mengeklaimnya. Pemerintah Jepang mempertahankan kepulauan itu sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Jepang dari segi sejarah dan hukum internasional.

Jika perseteruan soal Laut China Selatan terus berlanjut, maka ada kemungkinan akan terjadi perang besar yang melibatkan banyak negara. [jayadewata]

Respon (9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.