620 views

Pentingnya Pembaruan Alutsista di TNI AL

[BP] – Tatar Sunda
Pada hari Selasa 14 Juli 2020 KRI Teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur.
Mantan KSAL Laksamana (pur) Ade Supandi dikutip dari Anadolu, menilai pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkait tenggelamnya KRI Teluk Jakarta 541.

Ade menilai berdasarkan program ‘Minimum Essential Force’ (MEF) 2020 – 2024 atau kekuatan pokok minimum pertahanan Indonesia, ada sejumlah kebutuhan milik TNI AL untuk mengganti alutsista yang sudah usang dan tua.

Dia enggan menyebutkan apa kebutuhan alutsista TNI AL dalam MEF tersebut.

“Yah pembaruan itu harus ada,” Ade Supandi.

Kapal perang KRI Teluk Jakarta 541 milik TNI Angkatan Laut tenggelam di kedalaman sekitar 90 meter Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur.

Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Mohamad Zaenal mengatakan tenggelamnya kapal tersebut lantaran mengalami kebocoran.

Seluruh ABK yang berjumlah 55 orang dalam keadaan selamat, 54 ABK diselamatkan oleh KM Tanto Sejahtera yang sedang berlayar di posisi lima Nautical Mile dari lokasi kejadian sementara 1 ABK lainnya ditolong oleh KM Dobonsolo.

“Gelombang laut di sekitar lokasi saat kejadian cukup tinggi sekitar dua hingga empat meter,” ujar Muhammad Zaenal pada Rabu melalui pesan singkat.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah sewajarnya kebutuhan alutsista TNI AL memang harus diperhatikan oleh pemerintah, sebab mereka garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar. [jayadewata]

Respon (27)

  1. Dari artikel di atas menurut saya jadi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia pemerintah haruslah memperhatikan kebutuhan Alutsista TNI AL sebab mereka garda kedepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar

  2. Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Kapal perang KRI Teluk Jakarta 541 milik TNI Angkatan Laut tenggelam akibat mengalami kebocoran di kedalaman sekitar 90 meter Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur. Seluruh abk selamat. Setelah kejadian itu Ade Supandi menilai pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Jadi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, pemerintah haruslah memerhatikan kebutuhan alutsista TNI AL. Sebab mereka garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar. Dari artikel ini kita dapat mengambil hikmahnya kita harus bersyukur dengan adanya TNI AL kawasan perairan kita lebih terjaga, aman, damai, dan sejahtera.

  3. Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Kapal perang KRI Teluk Jakarta 541 milik TNI Angkatan Laut tenggelam akibat mengalami kebocoran di kedalaman sekitar 90 meter Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur. Seluruh abk selamat. dan untuk menjaga kedaulatan pulau luar dari pihak asing,bersyukur dengan adanya TNI AL perairan kita menjadi lebih aman dari kapal asing

  4. Pada artikel di atas, di jelaskan bahwa kapal perang KRI teluk 541 milik TNI AL sudah tidak layak pakai, atau sudah ditelan umur

  5. Memang sudah seharusnya pemerintah bergerak dan memperhatikan kebutuhan alutsista TNI AL, sebab seperti kata-kata yang dikutip dalam artikel tersebut, “mereka adalah garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar”.

  6. Harus di perhatikan agar tidak ada kebocoran lagi kita tidak tau akan terjadi lagi insiden seperti itu lagi atau tidak lebih baik waspada ,alutsista TNI AL memang harus diperhatikan oleh pemerintah karna ini suatu kebutuhan penting

  7. Pentingnya pembaharuan alutsista di TNI AL. Pada hari Selasa 14 Juli 2020 KRI teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di perairan timur laut pulau Kangean. Pentingnya pembaharuan alat utama sistem persenjataan alutsista. Ada banyak kebutuhan milik TNI AL yang sudah rusak harus di perbarui.

  8. Dari artikel di atas Pemerintah juga harus memperhatikan kebutuhan TNI AL supaya tidak ada insiden lagi tenggelam nya kapal karena bocor. Maka kewaspadaan harus ada karena kecelakaan tidak tahu kapan datang.

  9. Dari artikel di atas alutsista di TNI AL harus di perbarui. Pemerintah juga harus memperhatikan kebutuhan TNI AL supaya tidak ada insiden lagi tenggelam nya kapal karena bocor. Maka kewaspadaan harus ada karena kecelakaan tidak tahu kapan datang.

  10. Dari artikel di atas alutsista di TNI AL harus di perbarui. Pemerintah juga harus memperhatikan kebutuhan TNI AL supaya tidak ada insiden lagi tenggelam nya kapal karena bocor.

  11. Dari artikel di atas pentingnya pembaharuan alutsista di TNI AL. Pada hari Selasa 14 Juli 2020 KRI teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di perairan timur laut pulau Kangean. Pentingnya pembaharuan alat utama sistem persenjataan alutsista. Ada banyak kebutuhan milik TNI AL yang sudah rusak harus di perbarui. Tenggelam nya kapal KRI teluk Jakarta karena bocor. Pemerintah harus memperhatikan kebutuhan TNI AL.

  12. Dari artikel di atas pentingnya pembaharuan alutsista di TNI AL. Pada hari Selasa 14 Juli 2020 KRI teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di perairan timur laut pulau Kangean. Pentingnya pembaharuan alat utama sistem persenjataan alutsista. Ada banyak kebutuhan milik TNI AL yang sudah rusak harus di perbarui.

  13. Setelah saya membaca artikel ini menurut saya di negara ini sangat memerlukan TNI AL karna nerupakan kepulauan terbesar dan untuk menjaga kedaulatan pulau dari pihak asing yang masuk dan melanggar. Alutsista harus lebih dikembangkan dan diperbaharui supaya tidak ada kebocoran kapal dan tidak memperbanyak korban …

  14. Dari artikel di atas menurut saya jadi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia pemerintah haruslah memperhatikan kebutuhan Alutsista TNI AL sebab mereka garda kedepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar

  15. Dari artikel diatas menurut saya kita harus adakan perbaruan alutsista supaya mencegah bocornya kapal kapal dan juga Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah sewajarnya kebutuhan alutsista TNI AL memang harus diperhatikan oleh pemerintah, sebab mereka garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar.

  16. Menurut saya sangat penting pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkait tenggelamnya KRI teluk Jakarta 541.Karna jika tidak pembaruan pasti mengalami bocor dan pasti akan ada korban lagi

  17. Dari peristiwa tenggelamnya kapal dengan nomor lambung 541 menyadarkan bahwa pembaruan alutsista di TNI AL sangatlah dibutuhkan sebab TNI AL lah garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar.

  18. Dari artikel yang saya baca di atas disimpulkan bahwa Kapal perang KRI Teluk Jakarta 541 milik TNI Angkatan Laut tenggelam akibat mengalami kebocoran di kedalaman sekitar 90 meter Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur.
    Dan harus ada pembaruan supaya tidak ada korban.

  19. Pentingnya melakukan pembaruan terhadap sejumlah kebutuhan milik TNI AL seperti mengganti yang sudah usang dan tua. Dengan begitu pembaruan harus ada, agar tidak lagi ada kebocoran dan mengakibatkan korban atas tidak adanya pembaruan Alutsista. Mereka adalah garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar, dengan begitu pemerintah harus lebih memperhatikan lagi, agar tidak terulang kembali.

  20. Menurut saya sangat penting adanya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista), karena jika tidak ada pembaruan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) kebocoran seperti ini akan terus terjadi dan akan menambah korban. Pemerintah harus sangat memperhatikan kebutuhan alutsista TNI AL .

  21. Setelah membaca artikel di atas pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkait tenggelamnya KRI teluk Jakarta 541.Jika tidak pembaruan pasti akan terus banyak korban lagi. Karena tenggelamnya kapal ini lantaran mengalami kebocoran.Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah sewajarnya kebutuhan alutsista TNI AL memang harus diperhatikan oleh pemerintah, sebab mereka garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar.

  22. Kesimpulan dari artikel di atas adalah pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkait tenggelamnya KRI Teluk Jakarta 541. karena jika tidak ada pembaruan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) kebocoran seperti ini akan terus terjadi dan akan menambah korban.
    Jadi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, pemerintah haruslah memerhatikan kebutuhan alutsista TNI AL.

  23. Kesimpulan dari artikel di atas adalah pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terkait tenggelamnya KRI Teluk Jakarta 541. karena jika tidak ada pembaruan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) kebocoran seperti ini akan terus terjadi dan akan menambah korban.

  24. Harus ada pembaruan alutsista, karna jika tidak kebocoran seperti ini akan terus terjadi dan akan menambah korban

  25. Menurut saya,kapal perang KRI teluk jakarta 541 milik TNI angkatan laut tenggelam di kedalaman 90 meter perairan timur laut pulau kangean,jawa timur di duga lantaran mengalami kebocoran ,dan untuk menjaga kedaulatan pulau luar dari pihak asing,bersyukur dengan adanya TNI AL perairan kita menjadi lebih aman dari kapal asing

  26. Dari artikel diatas bahwa Pada hari Selasa 14 Juli 2020 KRI Teluk Jakarta dengan nomor lambung 541 tenggelam di Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur.kapal tersebut tenggelam di kedalaman sekitar 90 meter. Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Mohamad Zaenal mengatakan tenggelamnya kapal tersebut lantaran mengalami kebocoran.

  27. Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Kapal perang KRI Teluk Jakarta 541 milik TNI Angkatan Laut tenggelam akibat mengalami kebocoran di kedalaman sekitar 90 meter Perairan Timur Laut Pulau Kangean, Jawa Timur. Seluruh abk selamat. Setelah kejadian itu Ade Supandi menilai pentingnya pembaruan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Jadi sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, pemerintah haruslah memerhatikan kebutuhan alutsista TNI AL. Sebab mereka garda terdepan untuk menjaga kedaulatan pulau terluar dari pihak asing yang sering masuk dan melanggar. Dari artikel ini kita dapat mengambil hikmahnya kita harus bersyukur dengan adanya TNI AL kawasan perairan kita lebih terjaga, aman, damai, dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.