538 views

Maung Bandung Sudah Dipesan Menhan Prabowo

[BP] – Tatar Sunda

Maung merupakan kendaraan taktis dengan spesifikasi militer buatan PT Pindad dan sudah dipesan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebanyak 500 unit. 

Maung si kendaraan taktis dengan spesifikasi militer itu dibandrol dengan kisaran  harga Rp. 600 juta per unit.

Maung saat ini masih dalam bentuk purwarupa atau prototipe. Rencananya Maung akan diproduksi massal untuk memenuhi pesanan Kementerian Pertahanan pada Oktober mendatang. Pesanan 500 unit ini merupakan tahap pertama dari Kemenhan.

Ada empat varian Maung, antaranya jenis kabin ganda, kendaraan logistik, hingga mobil yang dikhususkan bakal pertempuran jarak dekat. Namun yang baru akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan Kemenhan adalah tipe untuk pertempuran jarak dekat.

Kelebihan utama Maung adalah kemampuan menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas pada ruas jalan aspal. Maung mempunyai batas kecepatan aman 120 km per jam dan maksimal mencapai 140 km per jam.

Mobil berpenggerak 4×4 ini menggunakan transmisi manual 6 speed dan dilengkapi dengan braket persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Maung juga didukung mesin diesel turbo 2.500 cc yang sama seperti digunakan Toyota Hilux.

Maung sudah dicoba oleh Prabowo dan diunggah di akun media sosialnya. Dalam foto yang diunggah, mantan Pangkostrad itu mengendarai sendiri kendaraan taktis tersebut. 

Kita berharap kebijakan pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri. [jayadewata]

Respon (33)

  1. Saya salut dengan pak menhan prabowo, Produk indonesia tidak kalah keren dr Produk luar. Dan kita harus bangga terhadap Produk Produk dalam negeri. Semoga dengan pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri.

  2. Produk negara kita sendiri ini luar biasa sekali Keren, produk indonesia benar benar tidak kalah keren dengan produk luar. Salut

  3. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia mencintai produk produk dalam negri karena produk dalam negri juga tidak kalah bagusnya dengan produk luar negri

  4. Bangga pada indonesia mampu menghasilkan pruduk yang tidak kalah bagus dengan produk luar,semoga kedepannya indonesia mampu menghasilkan produk” lain yang tidak kalah bagus dari produk luar

  5. Sangat hebat produk indonesia benar benar tidak kalah keren dengan produk luar. Dan membanggakan produk negara kita sendiri ini luar biasa sekali dan semoga maung ini menjadi kebanggaan untuk indonesia dan bisa digunakan sebaik baik kendaraan TNI.

  6. Patut di apresiasi adanya kendaraan taktis buatan dalam negeri ini yg spesifikasi nya bagus , bisa di buktikan ternyata bangsa Indonesia ini mempunyai orang ” yang cerdas bisa membuat maju bangsa nya . Pemesanan maung ini adalah langkah yg tepat untuk menjaga pertahanan dan keamanan sekaligus menambah pendapatan negara

  7. Salut pada Kemenhan pak brabowo terutama pada produk dalam negri,kita harus bangga pada produk negara sndiri dan tidak kalah dngn produk asing.

  8. Hebat sekali,Produk dalam negeri itu emang tidak kalah menarik nya dgn yg luar , sudah seharusnya kita bangga ke produk kita sendiri

  9. Sangat salut kepada pak menhan Prabowo, sudah seharusnya kita semua bangga pada produk dalam negri, ini patut untuk di contoh, menggunakan produk dalam negri.

  10. Saya salut dengan pak menhan prabowo, Produk indonesia tidak kalah keren dr Produk luar. Dan kita harus bangga terhadap Produk Produk dalam negeri. Semoga dengan pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri.

  11. Salutt Produk indonesia tidak kalah keren dr Produk luar. Dan kita harus bangga terhadap Produk Produk dalam negeri. Semoga dengan pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri.

  12. Salut dengan pak menhan prabowo, tetap membeli produk dalam negeri untuk pertahanan militer indonesia ini. Biasanya pada menteri sebelum nya perlengkapan militer yang mirip seperti mobil Maung ini di pesan dari luar negeri dan mengeluarkan banyak biaya.

  13. Saya salut kpd bpk Prabowo yg telah membeli produk lokal karena dgn adanya membeli produk lokal itu merupakan bentuk cinta tanah air dan dapat memperkuat sektor perekonomian Indonesia .

  14. Sangat membanggakan inilah yg diharapkan dari anak bangsa dengan adanya gebrakan ini membuktikan bahwa anak bangsa mampu bersaing dlm hal apapun selain dari berkualitas pastinya mempunyai kelebihan kelebihan lain untuk memperkuat pertahanan dan keamanan

  15. Pertahanan Indonesia semakin kokoh dengan ada MAUNG diproduksi oleh Indonesia sendiri, kita seharusnya bangga dengan ada nya MAUNG ini!

  16. Memang sudah seharusnya kita bangga mengunakan produk dalam negri dan berbangga karna bisa menggunakannya untuk hal hal yang positif.

  17. Menurut saya mencintai produk dalam negeri dan membli produk dalam negeri semoga membeli produk dalam negeri menjadi pendapatan negara agar bisa menghidupkan orang-orang tidak mampuh

  18. Sangat bangga akan hasil dari produksi dalam negeri inj, terlebih di lihat dari kecanggihan kendaraan maung Bandung ini semoga dengan adanya ini dapat menghidupkan industri persenjataan dalam negeri dan sistem pertahanan negeri juga semakin kuat dan hebat 🙂

  19. Mantap maung jadi rantis TNI. 500 unit pak Menhan Prabowo beli, produk dalam negeri juga gk kalah sama produk luar,, sangat baguss untuk pertahanan indonesia yg akan datang, sedia payung sebelum hujan..Indonesia bisa.

  20. Menurut saya ini solusi yang baik untuk persediaan industri pertahanan , juga bagus untuk berjaga jaga atas kejadian tidak diinginkan juga untuk menambah pendapatan negara .

  21. Menurut saya, ini bisa menjadi inspirasi untuk kita lebih mencintai dan membeli produk dalam negri semoga pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri. Dan semoga dengan adanya kendaraan ini bisa memperkuat persenjataaan di indonesia

  22. Bangga menggunakan produk buatan Indonesia.Hal ini ditunjukkan oleh Menhan dengan memesan MAUNG buatan Indonesia sebagai alat pertahanan Republik Indonesia.Produk tempur buatan Indonesia tidak kalah canggih dibandingkan dengan produk luar.Spesifikasi yg di miliki maung cukup canggih.Sudah seharusnya kita menggunakan produk buatan Indonesia .Hal ini bisa dijadikan sebagai bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa dan juga bisa menambah pemasukan bagi negara.

  23. Menurut saya, ini bisa menjadi inspirasi untuk kita lebih mencintai dan membeli produk dalam negri semoga pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri. Dan semoga dengan adanya kendaraan ini bisa memperkuat persenjataaan di indonesia

  24. Menurut saya, ini bisa menjadi inspirasi untuk kita lebih mencintai dan membeli produk dalam negri semoga pembelian alutsista produk dalam negeri bisa meningkatkan pendapatan negara dan juga menghidupkan industri persenjataan dalam negeri. 

  25. Menurut saya dengan adanya kendaraan ini semoga Maung bisa menjadi kendaraan operasional yang handal bagi TNI dan POLRI karna sangat cocok dipakai pada medan yang berat, dan menjadi kendaraan perang yang berdaya tempur tinggi untuk menjaga NKRI. Karna produk dalam negeri juga lebih berkualitas dan tidak kalah bagus dari negar negara lain.

  26. Artikel ini sangat keren dengan adanya kendaraan taktis maung Bandung ini semoga pertahanan di Indonesia semakin kuat dan tidak tertinggal di zaman modern ini dan kendaraan maung Bandung ini di buat oleh Indonesia sehingga memberi contoh untuk mencintai produk-produk Indonesia dan menambah pendapatan untuk Indonesia.

  27. hebat dan keren untuk artikel ini. sudah sepatutnya kita bangga dan menggunakan produk-produk dalam negeri agar dapat membantu menambah pendapatan negara.

    1. Sudah seharus nya masyarakat indonesia bangga akan hal ini,dan kita harus memulai menggunakan produk dalam negri

    2. Keren produk indonesia benar benar tidak kalah keren dengan produk luar. Dan membanggakan produk negara kita sendiri ini luar biasa sekali dan semoga maung ini menjadi kebanggaan untuk indonesia dan bisa digunakan sebaik baik kendaraan TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.