Ibadah Haji di Tengah Pandemi

[BP] – Tatar Sunda

Mekah mulai didatangi para jemaah calon haji dari seluruh penjuru Arab Saudi guna menjalani ibadah haji di tengah pandemi virus korona yang masih merajelela.

Bus pertama yang membawa jemaah haji ke kota suci tersebut tiba pada Sabtu (25/07/2020) dikutip dari nhk. Mereka terlihat mengenakan masker dan menjaga jarak. Suhu tubuh mereka juga dicek saat tiba di pintu masuk hotel.

Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima dan wajib dilakukan bagi umat Muslim setidaknya sekali seumur hidup bagi yang mampu. Setiap tahun biasanya ada lebih dari dua juta jemaah haji dari seluruh dunia yang datang ke Mekah dan daerah sekitarnya.

Namun pada tahun ini pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk tidak menerima masuk jemaah haji dari luar negeri guna mencegah penyebaran virus korona. Hanya jemaah haji domestik dengan jumlah terbatas yang diizinkan untuk menjalani musim haji yang berlangsung hingga awal Agustus.

Arab Saudi mencatatkan lebih dari 2.000 kasus baru per hari. Otoritas setempat mewajibkan disinfeksi dan langkah-langkah lainnya guna mencegah penularan virus korona.

Kita berharap Ibadah Haji tahun ini bisa menjadi obat bagi pandemi corona yang masih merajalela. [jayadewata]

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *