9,518 views

Way to Heaven: Patung yang Melecehkan Tiga Agama Samawi

[BP] – Tatar Sunda

Sebuah patung buatan seniman Spanyol bernama Eugenio Mirno pernah menjadi kontroversi. Patung tersebut menggambarkan tiga agama besar dunia, yaitu Islam, Kristen dan Yahudi.

Patung yang diberi nama Way to Heaven itu ditampilkan dalam acara Pameran Karya Seni Kontemporer Internasional ARCO 29 yang digelar di Spanyol.

Patung tersebut dianggap melecehkan karena menggambarkan seorang muslim yang sedang sujud, di atasnya ada pendeta yang sedang berlutut dan berdoa dan yang paling atas menggambarkan seorang rabbi Yahudi yang sedang berdiri sambil berdoa.

Komunitas Muslim pun memprotes patung yang dianggap melecehkan orang Islam, sebab orang Islam ditempatkan paling bawah sebagai pijakan. Mereka meminta si seniman pembuat patung minta maaf.

Protes serupa disampaikan kedutaan Israel di Spanyol atas patung tersebut. Ketika ditanyakan apa dasar protes mereka, padahal orang Yahudi berada paling atas dan terhormat.

Jawaban mereka sungguh mengejutkan. Mereka berkata, “Kalau orang Islam itu bangkit, maka kita semua akan jatuh”.

Respon (50)

  1. Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you so much, However I
    am experiencing troubles with your RSS. I don’t know the reason why I can’t
    subscribe to it. Is there anybody getting
    the same RSS issues? Anybody who knows the answer will you kindly respond?
    Thanks!!

    Feel free to surf to my web-site – US Magazine (Nicolas)

  2. You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me.
    I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

    Here is my site; delta 8 gummies

  3. Hiya very cool website!! Guy .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your site
    and take the feeds additionally? I am happy to search out
    so many useful info here in the submit, we’d like develop extra
    techniques on this regard, thank you for sharing.

    . . . . .

    Take a look at my web site … slot

  4. Thank you for some other informative blog. Where else may
    just I get that type of info written in such an ideal way?
    I have a mission that I’m just now running on, and I have been on the glance out for such information.

    Also visit my page buy delta 8

  5. Beliau seniman hebat, tetapi sayangnya kemampuannya dalam membuat seni menimbulkan kontroversi. Sehingga pemeluk agama Islam, Kristen & Yahudi pun marah melihat ini.

  6. Menurut Saya seni ini menimbulkan kontroversi, sebaiknya untuk membuat seni harus yang baik dan tidak mengandung unsur buruk karena dapat menimbulkan perpecahan antar agama

  7. Tidak bermasalah, karena semua seni memiliki arti yang berbeda dan pendapat yang berbeda juga. jikalau niatnya baik itu hebat

  8. Menurut saya patung ini memang mengundang kontrobersi terutama bagi umat islam, dan menyebabkan perpecahan antar umat beragama

  9. patung ini banyak menuai banyak kontroversi karena dianggap melecehkan agama islam,seharusnya seniman membuat patung yg tidak menyinggung siapapun

  10. Menurut saya, seni yang baik adalah seni yang tidak mengndung unsur yang melecehkn agama, yang membuat kontrovensi orang orang yang termasuk manganut tiga agama tersebut.

  11. Menurut saya, seni yang baik adalah seni yang tidak mengndung unsur sprti melecehkn agama, yang membuat kontrovensi orang orang yang termasuk manganut tiga agama tersebut

  12. Meskipun ini seni jika mengaitkan dengan agama itu tidak baik, karenamenjadi kontroversi bagi umat yang dirugikan

  13. Seni memang indah,tetapi untuk seni yang seperti ini seharusnya tidak di tampilkan,karena akan menjadi kontroversi untuk umat muslim dan umat lainnya

  14. Seni boleh saja melibatkan unsur agama, tetapi sebaiknya jangan seperti itu karena menimbulkan perselisihan dari hasil karya tersebut

  15. Menurut saya patung ini tidak sepantasnya diadakan atau dibuat karna bisa menimbulkn perpecahan antar umat beragama tidak baik dilihat oleh kalangan apapun.

  16. Menurut saya patung ini tidak sepantasnya diadakan atau dibuat karna bisa menimbulkn perpecahan antar umat beragama

  17. Tidak seharusnya seperti itu saya tau ini seni yang sangat bagus tetapi saya tidak suka di dalamnya ada struktur mencela agama.

  18. Hasil karya ini bisa menyebabkan perpecahan antar agama. Tapi di kutipan diatas ” kalau umat islam bangkit, maka kami semua akan jatuh”

  19. Patung ini memang mengundang kontroversi terutama bagi umat islam, ini juga bisa menyebabkan perpecahan antar agama. Tapi di kutipan diatas ” kalau umat islam bangkit, maka kami semua akan jatuh” jadi kalau umat islam bangkit kristen atau yahudi juga akan jatuh.

  20. Menurut saya meskipun itu seni tetapi seharusnya tidak ada unsur agama karena melecehkan suatu agama dan akan menuai banyak kontroversi

  21. Karya seni buatan Eugenio Mirno memang menuai kontroversi. Patung tersebut menggambarkan tiga agama besar dunia, yaitu islam, kristen, dan yahudi.Posisi patung agama islam berada di paling bawah sedang sujud dan di atas nya terdapat patung kristen dan yahudi ada di paling atas.Kami sebagai umat agama islam merasa dilecehkan karena posisi patung sedang sujud di tindihi agama lain, dan agama lain pun pasti merasa karya seni ini tak seharusnya dibuat karena telah melecehkan agama agama teruma agama 3 itu.

  22. Menurut saya jika ingin membuat karya seni sebaiknya tidak dilakukan seperti ini, karena akan menyinggung masing masing agama.

  23. Tidak seharusnya seperti itu saya tau ini seni yang sangat bagus tetapi saya tidak suka di dalamnya ada struktur mencela agama, siapa orang yang mau agama nya di cela seperti itu.

  24. Menurut saya walaupun ini adalah seni tapi rasanya kurang pantas,karena jika sudah membahas agama sudah pasti akan banyak pendapat yang berbeda beda sehingga itu akan menimbulkan keributan.

    1. Menurut saya, karya seni itu tidak perlu sampai ada unsur agama apalagi sampai menyangkut pelecehan agama islam. Karena pastinya bila membuat karya yang mengandung unsur agama nya,akan menimbulkan kontroversi karena perbedaan pendapat.

  25. Menurut saya,jiga tindakan itu menyangkut pelecehan suatu agama khususnya agama Islam apapun itu tindakannya mau itu seni atau lain sebagainya tidak dibenarka karena akan menimbulkan kerusuhan antar umat beragama.

  26. Menurut saya,jiga tindakan itu menyangkut pelecehan suatu agama khususnya agama Islam apapun itu tindakannya mau itu seni atau lain sebagainya tidak dibenarkan karena akan menuai berbagai kontroversi dan kerusuhan antar umat beragama.

    1. Hal ini yang akan menyebabkan keributan antar umat beragama. Kalaupun ingin membuat sebuah karya seni, akan lebih baik jika tidak disangkut pautkan dengan hal-hal yang bisa menyebabkan sebuah perpecahan.

  27. Dari patung yang di buat oleh seniman bernama eugenio mirno pasti akan menimbulkan kontraversi terutama untuk umat muslim diseluruh dunia, terlihat 3 patung yang bernama way to heaven tersebut menggambarkan 3 agama besar yaitu muslim,yahudi,dan kristen terlihat posisi patung agama islam yang sedang sujud diatasnya terdapat patung kristen dan yahudi merasa kita sebagai seorang muslim dilecehkan karena letak posisi patung yang tidak waja

  28. Dari patung yang di buat oleh seniman bernama eugenio mirno pasti akan menimbulkan kontraversi terutama untuk umat muslim diseluruh dunia, terlihat 3 patung yang bernama way to heaven tersebut menggambarkan 3 agama besar yaitu muslim,yahudi,dan kristen terlihat posisi patung agama islam yang sedang sujud diatasnya terdapat patung kristen dan yahudi merasa kita sebagai seorang muslim dilecehkan karena letak posisi patung yang tidak wajar

    1. Ini bisa menyebabkan perpecahan antar agama. Tapi di kutipan diatas ” kalau umat islam bangkit, maka kami semua akan jatuh” jadi kalau umat islam bangkit kristen atau yahudi juga akan jatuh.

  29. Saya tahu beliau seorang seniman dan itu karya seni nya tetapi karya seni ini menyangkut 3 agama yang pasti akan menjadi kontroversi orang-orang yang menganut ketiga agama tersebut dan tentu saja sebaiknya jika ingin membuat sebuah seni pertimbangkan terlebih dahulu dan pikirkan resiko yang akan timbul.

  30. Ini yang akan menyebabkan keributan, karna sudah tidak ada lagi toleransi antar agama dengan menyebut kan embel embel bahwa ini sebuah karya seni, malah ini akan menyebabkan perpecahan antar agama.

  31. Ini sudah jelas dan dengan cara membikin patung tsb dia melecehkan agama islam bisa dilihat dari foto tsb paling bawah org lagi sujud dan memakai sejadah menggunakan baju islami serta pelindung kepala atw kopeah tsb di atasnya lagi ada org yg sedang ibadah serta menginjak org muslim yg sedang melakukan ibadah, dan sudah jelas org ini pasti membenci agama yg di patungkan dengan cara ibadah² nya tsb dan melecehkan.

  32. Tentunya ini bisa di sebut dengan pencemaran agama terutama agama muslim
    Meskipun seniman tersebut hanya menganggap ini seni
    Tapi ini tidak bisa di sebut seni karena menimbulkan kontroversi yang membuat geram banyak orang

    1. Menurut saya meskipun itu seniman tetapi tidak harus seperti itu,akan mengakibatkan kontroversi dengan umat muslim terutama yang sedang sujud,meskipun jika umak muslim itu berdiri seorang pendeta dan org Yahudi itu terjatuh,tetapi ini juga tidak baik untuk di tampilkan

      1. Menurut saya, seni yang baik adalah seni yang tidak mengandung unsur seperti mencela agama. Kita sebagai umat muslin merasa terendahkan dengan adanya patung tersebut. Saat Melihat patung itu, saya merasa jika agama islam diinjak2 karena ditempatkan paling bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.