223 views

Kisah Keberanian Prajurit Siliwangi Di Tanah Seberang

Prajurit Siliwangi

Pada masa Perang Kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia pada akhir Mei 1948 melalui Markas Besar Tentara (MBT) di Yogyakarta menugaskan Letnan Kolonel A.E. Kawilarang bersama Mayor Ibrahim Adjie, Letnan Satu Abu Amar dan Letnan Dua Hutabarat untuk menuntaskan pertikaian antar tentara Indonesia di Sumatera.

Komandan Brigade II Surjakantjana Divisi Siliwangi itu merasa penasaran, tugas apa yang menyebabkan dia harus pergi ke wilayah yang sama sekali belum pernah dikenalnya itu.

Untuk memenuhi rasa penasaran itu, dia bahkan pernah bertanya langsung kepada Wakil Presiden sekaligus Menteri Pertahanan ad interim Mohammad Hatta.

“Di Tapanuli dan Sumatera Timur harus ada komandan yang bukan berasal dari Jawa atau Sumatera. Di sana harus dilakukan pembersihan. Banyak serobotan, lucut melucuti, kurang disiplin dan lagi banyak korupsi,” jawab Bung Hatta.

Wilayah Tapanuli Sumatera memang saat itu sedang terjadi perebutan wilayah antara sesama tentara Indonesia sendiri.

Mereka yang terlibat pertikaian berasal dari kesatuan tentara yang dipimpin oleh Mayor Bedjo dan para pejuang yang ada di bawah Mayor L. Malao.

“Alhasil saya merasa terpilih sebagai tukang bersih-bersih. Jadilah!” ujar Alex seperti dituliskan dalam otobiografinya, Untuk Sang Merah Putih (disusun oleh Ramadhan KH).

Tidak lama kemudian Alex dan rombongan berangkat ke Sumatera pada bulan Agustus 1948. Untuk sementara mereka ditempatkan di Bukittinggi, Sumatera Barat.

November 1948, Alex diangkat menjadi Komandan Sub Teritorial VII. Dia bergerak cepat membereskan masalah yang ada di daerah Tapanuli, Sumatera Timur Selatan.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membubarkan brigade-brigade yang ada lalu menggantinya dengan sektor-sektor.

Ada sekitar 4 sektor yang dibentuk untuk persiapan menghadapi kemungkinan agresi militer Belanda yang kedua kalinya.

Pembentukan sektor-sektor tersebut diikuti dengan perpindahan wilayah kekuasaan masing-masing kekuatan bersenjata yang ada saat itu.

Sebagai contoh Pasukan Sektor I harus meninggalkan Sibolga digantikan oleh Pasukan Sektor IV dan Sektor S.

Aturannya Pasukan Sektor IV dan Sektor S dipersilakan masuk Sibolga usai Pasukan Sektor I pergi. Namun karena ada kesalahpahaman beberapa unit Pasukan Sektor S sudah mulai mendekati Sibolga, sementara saat itu Pasukan Sektor I masih ada di kota tersebut.

Untuk mencegah keributan karena pertemuan dua pasukan yang tadinya bermusuhan itu, maka Alex  mengutus David Munthe untuk mengingatkan komandan Pasukan Sektor S untuk tidak masuk dulu ke Sibolga.

Alih-alih disanggupi, komandan Sektor S malah mengancam Letnan Dua David dengan todongan pistol.

Besok paginya, Alex memanggil perwira yang menodong Munthe. Belum selesai melakukan teguran, Si Perwira malah memarahi Alex duluan.

Sambil menggebrak meja, dia menolak perintah atasannya itu untuk jangan dulu memasuki Sibolga.

Si Perwira terus berbicara. Alex yang tadinya akan melakukan teguran juga terkait penodongan Munthe, memilih untuk  menahan diri, menunggu sampai sang perwira selesai.

Setelah dia diam, sambil menggebrak meja hingga gelas-gelas di atas meja berjatuhan, Alex langsung balas memaki-maki Komandan Sektor S tersebut.

“Sekarang dalam kondisi aman, kau mau masuk Sibolga! Tahu kau, kalau kau dan pasukanmu masuk Sibolga sekarang lalu bentrok dengan Pasukan Sektor I, siapa yang menjadi korban? Rakyat dan tentara lagi! Mana tanggungjawabmu?! Mana disiplinmu?! Kau malah bergaya koboi dengan pistol. Memuakan! Pengecut selalu begitu! Tunggu sampai Aksi II, baru todongkan senjatamu kepada lawan!”

Sejumlah makian masih dilontarkan Alex. Dia memarahi habis-habisan Komandan Sektor S.

Namun di luar dugaan, tiba-tiba saja Si Komandan bangkit dan berdiri. Bersikap tegap sambil memberi hormat kepada Alex.

“Saya taat perintah!” katanya dalam nada tegas.

Sikap membangkang juga pernah dilakukan oleh salah satu pasukan yang akan dipindahkan dari Sibolga.

Waktu itu giliran Mayor Ibrahim Adjie yang harus  menghadapi komandannya yang dikenal garang dan tak jarang main dor.

Adjie kemudian memanggil si komandan. Bukannya menuruti perintah, dia malah menyuruh Adjie untuk datang langsung ke markasnya.

Walaupun merasa kesal, perwira  dari Divisi Siliwangi itu berusaha menahan diri. Dia mengalah dan kemudian mendatangi markas pasukan yang membandel itu.

Perbincangan pun terjadi. Si Komandan bersikeras tidak mau pindah. Dia malah kemudian mengusir Adjie dan menyebut tidak akan mau mengakui kepemimpinannya.

Adjie pun bersikeras dan bersikap tegas. Dalam pertengkaran itu, tiba-tiba sang komandan mengeluarkan pistol, menyimpannya di meja dan meludahinya.

“Aku kasih kesempatan kamu untuk pergi dari sini sampai ludah di pistolku itu kering. Jika tidak, kau akan kutembak!” teriaknya keras.

Di luar dugaan Si Komandan, Adjie malah menyambar pistol berludah itu lalu menodongkannya ke kepala Si Komandan.

“Tak perlu menunggu ludah itu kering, sekarang juga kau kutembak jika tidak ikut perintahku!” kata Adjie.

Si Komandan akhirnya ketakutan dan menyanggupi permintaan Mayor Adjie.

Sejak saat itulah para komandan yang ada di Tapanuli tak pernah lagi membantah perintah-perintah yang datang dari Alex dan Adjie, para perwira Siliwangi yang diutus pemerintah pusat. (berbagai sumber/jayadewata)

Respon (173)

  1. Setelah membaca artikel ini saya menjadi mengerti menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah,harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar ,disiplin,jujur dan tegas

  2. Setelah saya membaca artikel ini menurut saya pemimpin yang baik dalah pemimpin yang bertanggung jawab,dan mempunyai jalan keluar untuk setiap masalah yang di hadapi

  3. Setelah membaca artikel ini bisa di simpulkan bahwa pemimpin itu harus tegas , bertanggung jawab , siplin , dan berani. kita harus patut di contoh agar bisa membuat kita menjadi lebih baik dan bijaksana

  4. Dari artikel diatas sikap yang harus dicontoh adalah sikap disiplin, tegas, bertanggung jawab dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam menghadapi suatu masalah

  5. Menurut artikel diatas, sikap yang harus dicontoh adalah sikap disiplin, tegas, bertanggung jawab dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam menghadapi suatu masalah. Karena menyelesaikan masalah itu tdk boleh dgn emosi dan setiap masalah pasti ada jalannya.

  6. Menurut pendapat saya tentang artikel ini menjadi pemimpin itu harus tegas,disiplin.Kita hrus mencontohnya

  7. Alex dan Adjie merupakan pemimpin yang baik, bertanggung jawab, berani, disiplin, tegas dan bijaksana

  8. Menurut pendapat saya tentang artikel ini kita harus menjadi pemimpin yang tegas tidak untuk leha leha agar menjadi semakin maju

  9. Menurut artikel di atas bagus untuk para pembaca karena memberi pemberian kan pengetahuan pembaca bahawa menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah harus bertanggung jawab jujur di siplin

  10. Menurut artikel di atas bagus untuk para pembaca karena memberi pemberian kan pengetahuan pembaca bahawa menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah harus bertanggung jawab jujur di siplin tegas

  11. Menurut saya, setelah membaca artikel ini kita dpt mengambil plajaran nya, karena menjadi seorang pemimpin bukan hal mudah

  12. Menjadi seorang pemimpin itu tidaklah mudah, harus bertanggungjawab, jujur, disiplin,tegas dan harus mementingkan orang lain dari pada diri sendiri.

  13. Setelah membaca artikel sangat menambah wawasan untuk menjdi pemimpin yg bai tegas dan tentunya di siplin

  14. setelah sy membaca artikel ini, sy mendapatkan kesimpulan bahwa perjuangan itu tdk mudah, meskipun nyawa adalah taruhannya, dan juga memiliki sikap tanggung jawab, dan tegas itu adalah suatu hal yg bisa kita terapkan

  15. Setelah membaca artikel ini kita banyak mengambil pelajaran bahwa menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah harus tegas,disiplin,bertanggung jawab dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam menghadapi suatu masalah

  16. Menurut artikel saya sangat bagus untuk para pelajar Karena Memberi pengetahuan untuk para pembaca sehingga para pelajar menambah wawasan

  17. Seharusnya jika ada masalah tidak dengan emosi harusnya dengan masalah dingin saat menyelesaikan masalah

  18. Se sulit apa pun keadaan nya pasti ada jalan keluarnya jika kita berfikir dengan kepala dingin tidak dg emosi yg hanya dapat menyebabkan masalah itu bertambah , mungkin ada saat nya pemimpin mengalah untuk menyelesaikan amanah , seperti hal nya Alex dan Adjie dia adalah sosok pemimpin yg tegas, gesit , amanah walaupun bersikap memaksa tapi tidak semata mata hanya untuk kepentingan diri sendiri

  19. Menurut artikel saya sangat bagus untuk para pelajar Karena Memberi pengetahuan untuk para pembaca sehingga para pelajar menambah wawasan,Sebagai pemimpin Mita harus tegas sabar di siplin yang menghadapi para bawahnya yang membangkang suatu pihak yang akan merugikan pihak.

  20. Dapat di ambil pelajaran dari artikel ini , memang perang harus memiliki strategi yg kuat tanpa menelan banyak korban dan banyak merugikan masyarakat teruma menghadapi konflik dlm negri ini yg jika di biarkan akan semakin kacau, menjadi pemimpin tidak lah mudah apalagi menjaga amanah . Se sulit apa pun keadaan nya pasti ada jalan keluarnya jika kita berfikir dengan kepala dingin tidak dg emosi yg hanya dapat menyebabkan masalah itu bertambah , mungkin ada saat nya pemimpin mengalah untuk menyelesaikan amanah , seperti hal nya Alex dan Adjie dia adalah sosok pemimpin yg tegas, gesit , amanah walaupun bersikap memaksa tapi tidak semata mata hanya untuk kepentingan diri sendiri

  21. Setelah membaca artikel ini, sangat memberikan pelajaran bahwasanya seorang pemimpin yang baik harus memiliki motivasi dan juga harus mampu memotivasi org lain. A.E kawilarang dan adjie memiliki tekad dan keyakinan yang besar sebagai seorang pemimpin.

  22. Menurut saya artikel sangat bagus untuk para pembacanya karena memberikan pengetahuan bgi pembaca bah WA sebagai pemimpin mita harus tegas dan juga disiplin seperti alex dan adjie.

  23. Menurut saya dari sosok Adjie dan Alex mereka mencontohkan bahwa kepercayaan dan amanat oleh orang lain menjadi pemimpin adalah hal yang sangat berat bahkan hal yang rumit,karena memiliki tanggung jawab yg besar

  24. Menurut saya, dari membaca artikel ini kita dpt mengambil plajaran nya, karena menjadi seorang pemimpin bukan hal mudah dan harus bertanggung jawab atas amanah yang di percayai oleh orang lain kepadanya

  25. Menjadi pemimpin memang harus tegas,disiplin,dan berani, jangan mau diinjak injak jika keputusan itu benar dan tidak merugikan perjuangkan,sikap alex dan adjie menyelesaikan masalah dengan kepala dingin patut dicontoh.

  26. Menurut saya,dari artikel ini kita dpt mengambil plajaran nya, karena menjadi seorang pemimpin bukan hal mudah dan harus bertanggung jawab atas amanah yang di percayai oleh orang lain kepadanya

  27. Seperti yang dilakukan alex dan adjie sebagai pemimpin harus tegas,pemberani dan bertanggung jawab dan kita bisa jadikan itu sebagai panutan agar kita bisa menjadi pemimpin yg seperti mereka disuatu saat nanti

  28. Menurut saya, setelah membaca artikel ini kita dpt mengambil plajaran nya, karena menjadi seorang pemimpin bukan hal mudah dan harus bertanggung jawab atas amanah yang di percayai oleh orang lain kepadanya

  29. setelah sy membaca artikel ini, sy mendapatkan kesimpulan bahwa perjuangan itu tdk mudah, meskipun nyawa adalah taruhannya. dan juga memiliki sikap tanggung jawab dan tegas itu adalah suatu hal yg bisa kita terapkan.

  30. setelah sy membaca artikel ini, sy mendapatkan kesimpulan bahwa perjuangan itu tdk mudah, meskipun nyawa adalah taruhannya, dan juga memiliki sikap tanggung jawab, dan tegas itu adalah suatu hal yg bisa kita terapkan.

  31. Pendapat saya, tidak seharus nya pasukan yang sama sama memperjuangkan NKRI bertikai sampai menimbulkan korban jiwa berjatuhan. Untung nya saja ada perwira siliwangi yang di utus oleh Markas Besar Tentara di Yogyakarta untuk melerai bertikaian yang terjadi di sibolga tersebut dan berhasil mendinginkan suasana. Dari artikel ini saya belajar, menyelesaikan masalah tidak boleh dengan emosi namun harus dengan kepala dingin dan baik baik saat berbicara.

  32. Menurut saya dalam artikel ini bisa di simpulkan bahwa komandan itu harus tegas , bertanggung jawab , siplin , dan berani. kita harus patut contoh kan agar bisa membuat kita menjadi lebih baik dan bijaksana.

  33. Setelah saya membaca ini bahwa menyelasaikan masalah itu tidak boleh dengan emosi tapi dengan pikiran yang jernih, dan, alex dan adjie itu sangat tegas untuk tidak bersikap seenaknya dan tidak main hakim sendiri.

  34. Dalam melakukan tindakan jangan dilalui dengan emosi, hal ini terlihat pada alex dan adjie yang mampu menyelesaikan masalah dengan tidak meluapkan emosi dan di landasi dengan tanggung jawab serta keberanian dan pengorbanan

  35. Menurut saya alex dan adjie itu sangat lah bertanggung jawab dan tegas untuk tidak main hakim sendiri, karena menjadi seorang pemimpin itu tidak boleh mementingkan dirinya sendiri, menyelesaikan masalah dengan pikiran tenang dan juga tidak dengan kekerasan.

  36. Menurut saya dalam artikel ini bisa di simpulkan bahwa komandan itu harus tegas , bertanggung jawab , siplin , dan berani. kita harus patut contoh kan agar bisa membuat kita menjadi lebih baik dan bijaksana.

  37. Dari kisah diatas saya dapat menyimpulkan bahwa, menjadi pemimpin itu sangatlah tidak mudah. Karna seorang pemimpin harus bisa mencerminkan sikap yang patut di contoh oleh orang sekitar dan harus bersikap tegas, disiplin dan sabar menghadapi para bawahannya yang membangkang suatu perintah yang akan merugikan banyak pihak.

  38. saya salut dengan komandan alex dan mayor adjie karena mereka mampu bertanggung jawab dan mementingkan keselamatan orang lain,sikapnya yang tegas dalam memecahkan segala masalah tanpa harus dengan kekerasan.disini kita belajar bahwa kekerasan tidak menyelesaikan masalah

  39. saya salut dengan komandan alex dan mayor adjie karena mereka mampu bertanggung jawab dan mementingkan keselamatan orang lain,sikapnya yang tegas dalam memecahkan segala masalah tanpa harus dengan kekerasan.disini kita belajar bahwa dengan kekerasan bisa menyelesaikan masalah

  40. saya salut dengan komandan alex dan mayor adjie karena mereka mampu bertanggung jawab dan mementingkan keselamatan orang lain,sikapnya yang tegas dalam memecahkan segala masalah tanpa harus dengan kekerasan.disini kita belajar bahwa dengan kekerasan bisa menyelesaikan masalah

  41. Dari artikel di atas ini, kesimpulan yang saya dapat yaitu menjadi seorang pemimpin itu tidak lah mudah.Karena seorang pemimpin harus bersikap tegas, dan bertanggung . seperti hal nya alex yang menyelesaikan masalahnya dengan dengan baik-baik tanpa kekerasan.

  42. Kesimpulan artikel tsb, saya dapat menyimpulkan bahwa jika seseorang ingin menjadi pemimpin, maka orang itu harus bijaksana dan juga pemberani, seperti yang dilakukan di artikel ini.

  43. Dapat diambil pelajaran dalam artikel ini. Menjadi seorang pemimpin bukan hal yang mudah, mengemban amanah yang diberikan orang lain bukan hal yang gampang. Sikap Alex dan Anjie, patut dicontoh mereka diantara nya, menjadi pemimpin harus tegas, tanggung jawab, disiplin, dan tidak menggunakan jabatan untuk kepentingan pribadi. Setiap masalah pasti ada jalannya, dan emosi bukan jalan salah satunya.

  44. Setelah saya membaca ini bahwa menyelasaikan masalah itu tidak boleh dengan emosi tapi dengan pikiran yang jernih, dan, alex dan adjie itu sangat tegas untuk tidak bersikap seenaknya dab tidak min hakim sendiri

  45. Memang dalam perang hal yang paling penting itu strategi pemikiran bagaimana caranya menyelesaikan masalah tanpa merugikan pasukan tindakan yang dilakukan alex dan adjie

  46. Kita bisa mencontoh Sikap mereka yaitu tegas, disiplin dan berani, karena sikap mereka itu perebutan wilayah di daerah sumatra bisa di cegah.

  47. Menurut saya sikap yang harus dicontoh adalah pemimpin harus memiliki sikap yang tegas,berani,dan tanggung jawab dan jika bawahan diperintah oleh pemimpin tidak boleh membangkang.

  48. Menurut saya setelah membaca artikel ini menjadi seorang pemimpin itu harus mempunyai sikap disiplin yang tinggi,tegas karena akan menjadi contoh bagi bawahan atau anak buahnya agar mau mengikuti ketatnya peraturan.

  49. Menurut saya menjadi seorang pemimpi n itu harus mempunyai disiplin yang tinggi, karena akan menjadi contoh bagi bawahan atau anak buahnya agar mau mengikuti ketatnya peraturan.

  50. Setelah membaca artikel ini,saya dapat mengambil pelajaran tentang kepemimpinan, dimana dari sosok tokoh Alex dan Adjie mereka mencontohkan bahwa ketika diberi amanat sebagai seorang pemimpin degan tugas dan perintah yang berat mereka tetap menjalankannya dengan penuh tanggung jawab. Walaupun mereka dihadapkan pada situasi rumit tapi mereka tetap berteguh dengan sikap tegas dan komitmen dalam menyelesaikan amanat sebagai pemimpin.

  51. Menurut saya setelah membaca artiker ini memberi saya ilmu agar tidak main hakim sendiri dan perikaku alex sebagai komandan pasukan patut di contoh agar masaya tida main hakim sendiri

  52. Menurut saya : Menjadi pemimpin bukan tugas yang gampang,karena harus mempunyai Jiwa yang Bijaksana dan tanggung jawab yang tinggi, juga harus bisa berprilaku adil dan memberikan contoh yang baik untuk pasukannya.

  53. setelah membaca artikel ini saya menjadi paham bahwa menjadi pemimpin tidak mudah. butuh kesiapan tentang sikap yang akan menjadi contoh bagi bawahannya.

  54. Menurut saya sikap Alex dan Adjie itu tegas karena sebagai pemimpin itu tidaklah mudah dengan adanya anggota yg tidak mematuhi peraturanya itu tetapi Alex dan Adjie melakukan hal yg setimpal untuk mengancam balik anggota tanpa melakukan kekerasan yg seenaknya

  55. Dari kisah diatas saya dapat menyimpulkan bahwa, menjadi pemimpin itu sangatlah tidak mudah. Karna seorang pemimpin harus bisa mencerminkan sikap yang patut di contoh oleh orang sekitar. Menjadi pemimpin yang bertanggung jawab,disiplin,peduli,menpunyai rasa empati,berani berbuat,berani bertangung jawab.

  56. Setelah membaca artikel ini yang saya dapat simpulkan adalah menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah dan dengan adanya semua anggota yang berbeda beda membuat pemimpin harus lebih tegas dan berani seperti yang dikatakan alex bahwa semua masalah tidak harus memakai kekerasan, semua masalah dapat dibicarakan baik baik dan pemimpin juga harus memberikan contoh attitude yang baik kepada para anggotanya karena pemimpin ditiru oleh anggota.

  57. Setelah saya baca artikel ini,kesimpulan yang saya dapat adalah bahwa dari Kisah pahit dan getir ini para anggota Divisi Siliwangi yang harus menempuh jarak 600 kilometer demi kembali ke kampung halaman bukan lah perjuangan yang gampang. Melainkan harus dengan tekad yang kuat dan memperkuat satu sama lain.

  58. Pada artikel kali ini saya mendapatkan hal baru. Jika untuk menjadi seorang pemimpin harus bersikap tegas,
    dan harus bertanggung jawab,disiplin paling penting tidak boleh mempunyai ego tinggi untuk mementingkan dirinya sendiri

  59. Setelah saya baca artikel ini, saya bisa menyimpulkan bahwa dari Kisah pahit dan getir ini para anggota Divisi Siliwangi yang harus menempuh jarak 600 kilometer demi kembali ke kampung halaman bukan lah perjuangan yang gampang. Melainkan harus dengan tekad yang kuat dan memperkuat satu sama lain.

  60. Setelah membaca artikel ini yang saya dapat simpulkan adalah menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah dan dengan adanya semua anggota yang berbeda beda membuat pemimpin harus lebih tegas dan berani seperti yang dikatakan alex bahwa semua masalah tidak harus memakai kekerasan, semua masalah dapat dibicarakan baik baik dan menjadi seorang pemimpin juga harus memberikan contoh attitude yang baik kepada para anggotanya

  61. Setelah membaca artikel ini yang saya dapat simpulkan adalah menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah dan dengan adanya semua anggota yang berbeda beda membuat pemimpin harus lebih tegas dan berani seperti yang dikatakan alex bahwa semua masalah tidak harus memakai kekerasan, semua masalah dapat dibicarakan baik baik dan menjadi seorang pemimpin juga harus memberikan contoh attitude yang baik kepada para anggotanya.

  62. Setelah membaca artikel ini yang saya dapat simpulkan adalah menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah dan dengan adanya semua anggota yang berbeda beda membuat pemimpin harus lebih tegas dan berani seperti yang dikatakan alex bahwa semua masalah tidak harus memakai kekerasan, semua masalah dapat dibicarakan baik baik dan pemimpin juga harus memberikan contoh attitude yang baik kepada para anggotanya.

  63. Dari artikel tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa apabila menjdi seorng pemimpin kita harus mencerminkan sikap yang patut dicontoh orang orang disekitar kita,dan harus bertanggung jawab,disiplin paling penting tidak boleh mempunyai ego tinggi untuk mementingkan dirinya sendiri harus mempunyai rasa empati ,peduli kepda orng lain terutama sekitar

  64. Pada artikel kali ini saya mendapatkan hal baru. Jika untuk menjadi seorang komandan harus bersikap tegas, bertanggung jawab dan tidak mengambik keputusan terburu buru. Dan jika ada masalah harus diselesaikan dengan baik baik

  65. Dari kisah diatas kita sangat banyak mendapatkan pelajaran , diantaranya menjadi pemimpin itu sangaatlah tidak mudah , susah senang pasti ada dan menjadi pemimpin itu harus bertanggung jawab dan bisa mengambil satu keputusan yg nantinya hatus dipertnggung jawab kan untuk kedepannya

  66. Setelah membaca artikel ini kita banyak mengambil pelajaran bahwa menjadi seorang pemimpin tidak lah mudah harus tegas,disiplin,bertanggung jawab dan bijaksana dalam mengambil keputusan dalam menghadapi suatu masalah

  67. Dari artikel ini bisa kita pahami sikap Alex yang ditunjukkan kepada anggota pasukannya untuk tidak main hakim sendiri karena ia berpendapat bahwa setiap masalah bisa diselesaikan tanpa kekerasan

  68. Dari cerita di atas. Banyak kisah yang kita harus pelajari. Menjadi komandan itu harus bisa membereskan masalah harus di siplin tegas dan pemberani.

  69. Dari artikel ini saya mendapat wawasan lebih luas ,dan juga pelajaran. Disana tertulis bahwa menjadi pemimpin itu harus bisa disiplin,tegas,bertanggung jawab serta mempunya pola pikir yang jauh memikirkan bagaimana kedepannya dan juga tidak mementingkan diri sendiri.

  70. Seorang pemimpin memang sudah seharusnya bersikap tegas, disiplin, berani dan bertanggung jawab. Hal positifnya dapat kita terapkan kedalam kehidupan sehari hari.

  71. Dari artikel ini kita mengetahui bahwa menjadi pemimpin harus memiliki sifat yang tegas, bertanggungjawab,berani, disiplin,dll.Dengan begitu para bawahannya pun jadi lebih disiplin juga,dan jika ada suatu permasalahan harus dihadapi dengan secara kepala dingin.Maaf jika ada salah kata

  72. artikel ini memberikan wawasan apabila menjadi seorang pemimpin itu harus tegas,disiplin dan bisa memberikan yg terbaik untuk para rakyatnya seperti sikap yg dilakukan alex mementingkan keselamatan rakyat dan pasukannya

  73. Tanggapan saya mengenai artikel ini,, sangat bangga untuk divisi siliwangi meneruskan perjuangannya menyapu seluruh pemberontak,, apa lagi kpd letnan A.E kawilarang dan mayor adjie, dalam mengucapkan kata² yg tegas kpd komandannya sudah jelas mereka mempunyai jiwa kepemimpinan demi menyelamatkan para rakyatnya dan para tentara lainnya.

  74. Setelah saya membaca artikel ini, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam melaksanakan tugas kita harus bersikap penuh tanggung jawab dan bersikap tegas seperti yang dilakukan Alex dan Adjie.

  75. Setelah saya membaca artikel ini sampai habis,artikel ini banyak memberikan pelajaran dan contoh yang baik jika kelak ingin menjadi seorang pemimpin.

  76. Dari artikel ini kita dapat menambah wawasan ,juga pelajaran menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah harus bertanggung jawab serta tegas dan jika menghadapi suatu masalah harus dengan kepala dingin karena akan lebih rumit lagi jika dilakukan dengan kekerasan.

  77. Dari artikel ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa menjadi seorang pemimpin itu harus tegas,disiplin, bertanggung jawab dan juga bijaksana untuk dijadikan panutan bagi para prajurit nya.

  78. Sungguh para perwira Siliwangi yang sangat berani meskipun mereka sedang ditugaskan diluar wilayahnya mereka tidak takut dengan apapun

  79. Setelah membaca artikel ini , saya sangat salut dengan keberanian dan sikap tegas dari komandan Alex patut kita contoh saat menyelesaikan masalah dengan bijaksana dan tidak mementingkan diri sendiri.

  80. Menurut saya yang diambil dari artikel ini bahwa seorang pemimpin jangan mementingkan diri sendiri dan saya salut kepada Alex saat berkata setiap masalah jika diselesaikan dengan emosi tidak akan selesai,dari artikel ini mengartikan bahwa jika kita mempunyai masalah harus dengan kepala dingin

  81. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi paham bagaimana menjadi pemimpin yg lebih baik, seperti alex yg menyelesaikan masalah tidak menggunakan emosi, tetapi ia menyelesaikan masalah dengan baik baik, karena menyelesaikan masalah dengan kekerasan hanya akan memperparah masalah itu sendiri.

  82. Setelah saya membaca artikel di atas saya dapat mempelajari sifat yang baik menjadi seeorang pemimpin,”Pemimpin itu harus memberi contoh terhadap bawahanya”.

  83. Dari artikel ini banyak memberikan contoh bahwa menjadi seorang pemimpin haruslah mempunyai tanggung jawab yg tinggi dan bijaksana agar tepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan, masalah yang diselesaikan secara keras akan berbuntut panjang dibanding diselesaikan secara baik baik dan tidak main hakim sendiri

  84. Setelah membaca artikel ini saya salut , bangga dan banyak yang kita ambil pelajarannya dari pengorbanannya & sikap adjie dan alex. Ia memiliki sikap tegas dan penuh kedisiplinan dalam menghadapi masalah ini tanpa kekerasan dan main hakim sendiri. Sehingga komandan Tanapuli tak pernah membantah perintah – perintah yang datang dari alex dan adjie .

  85. Setelah saya baca semuanya,artikel tersbut sangat banyak plajaranya trutama bagi pelajar atau saya sendiri yang membaca nya

  86. Sikap yang diambil oleh adjie dan alex sangat bagus, karena mereka tegas dan tidak menyelesaikan masalah dengan kekerasan,karena tidak semua masalah bisa selesai melalui kekerasan

  87. mengesankan dan patut diacungi jempol. ini beri saya pembelajaran bahwasanya, jika seseorang telah memberi perintah demi keselamatan atau kesejahteraan bersama, maka laksanakanlah! juga jangan menjadi sombong dan keras kepala ketika menjadi pimpinan/komandan atau apapun, ingat diatas langit masih ada langit.

  88. Sikap yang diambil oleh adjie dan alex sangat bagus, karena mereka tegas dan tidak menyelesaikan masalah dengan kekerasan

  89. Dari artikel ini kita menjadi dapat sebuah pelajaran bagaimana sikap tanggung jawab sebagai pemimpin harus di lakukan dan juga sikap tegas yang harus di lakukan oleh seorang pemimpin, saya begitu salut kepada sikap kepemimpinan Letnan Kolonel A.E. Kawilarang bersama Mayor Ibrahim Adjie yang dapat berpikir cerdas, dan tegas dalam memimpin suatu pasukan

  90. Dari artikel diatas banyak pelajaran yg bisa kita petik terutama bagaimana cara menjadi seseorang yg tegas, disiplin, dan selalu konsisten dalam hal apapun, dan selalu berfikir secara matang namun tepat dalam setiap masalah tanpa menggunakan kekerasan.

  91. Setelah membaca artikel tersebut banyak sekali hikmah ataupun pesan yang di dapat diantaranya menjadi seorang memimpin itu tidak mudah maka kita harus terus berusaha untuk menjadi pemimpin yang lebih baik dan kita sebagai sesama manusia tidak boleh egois yang hanya mementingkan diri sendiri kita juga harus mampu memahami bagaimana keadaan orang lain

  92. Artikel ini memberi saya ilmu agar tidak main hakim sendiri dan menyelesaikan masalah yang ada dengan kepala dingin, perilaku alex yang merupakan komandan pasukan patut diconto oleh masyarakat luas hingga tak ada kasus2 yang terjadi karna masyarakat main hakim sendiri

  93. Menurut saya, saya salut dengan komandan alex dan mayor adjie karena mereka mampu bertanggung jawab dan mementingkan keselamatan orang lain,sikapnya yang tegas dalam memecahkan segala masalah tanpa harus dengan kekerasan.

  94. Setelah saya membaca artiel ini saya terkesan bahwa rantai komandu didalam kesatuan tentara nasional indonesia memang sudah tegas dari jaman dahulu.Rantai komandu ini sangat diperlukan dalam menjaga semangat juang dan moral prajurit untuk mempertahankan NKRI.

  95. Menurut saya artikel ini membuat menambah wawasan, dan yang membuat saya salut adalah sikap tegas dan disiplin Alex dan Adjie kepada anggota – anggota pasukannya, dan itu patut untuk dicontoh walaupun terlihat keras dalam menegaskan dan mendisiplinkan

  96. Artikel ini sangat menambah wawasan dan menjadi contoh juga agar kita tidak mementingkan diri sendiri, dan juga menaati perintah jika itu baik untuk kita dan orang lain

  97. Menurut saya dari artikel ini, bahwa alex dan adje sangat tegas dalam mengahadapi masalah itu, sehingga para komandan yang ada di Tapanuli tak pernah lagi membantah perintah-perintah yang datang dari Alex dan Adjie, para perwira Siliwangi yang diutus pemerintah pusat.

  98. Pendapat saya terhadap artikel ini yaitu saya sangat salut kepada komandan Alex dan Mayor Adjie karena mereka mengajarkan kita apabila menjadi pemimpin jangan suka main hakim sendiri,jangan selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan juga sebagai seorang pemimpin kita harus dapat dipercaya dan bertanggung jawab dengan tidak gegabah dalam melakukan sesuatu look like “think, before do something” sebelum kita bertindak harus berpikir dulu sebab dan akibatnya jika kita bertindak sesuka hati bisa berakibat fatal nantinya

  99. Menurut saya tentang tanggapan ini, bila mana ada masalah jangan main hakim sendiri, harus secara kepala dingin Mun bisa mah Sabari ngopi 😁

  100. Menjadi seorang pemimpin memang bukan tugas yang ringan,Selain memikul tanggungjawab yang berat.Seorang pemimpin juga harus memiliki sikap kepribadian yang baik sebagai contoh untuk pasukannya

  101. Dapat di simpulkan dari artikel tersebut bahwa menjadi pemimpin itu jangan mementingkan diri sendiri dan jika ada masalah di selesaikan dengan baik jangan dengan kekerasan, seperti komandan yang selalu disiplin dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan baik.

  102. Dapat di simpulkan dari artikel tersebut bahwa menjadi pemimpin itu jangan mementingkan diri sendiri dan jika ada masalah di selesaikan dengan baik jangan dengan kekerasan, seperti komandan yang selalu disiplin dan menyelesaikan masalah dengan cepat dan baik

  103. Setelah membaca artikel ini, saya mendapatkan informasi yang belum saya ketahui, semoga informasi ini membuat kita menjadi lebih patuhh kepada pemimpin dan harus mementingkan orang lain dari pada diri sendiri.

  104. Komentar saya untuk artokel ini, Saya salut pada para komandan dan pasukannya yg berjuang di masa perang kemerdekaan pemerintah RI pada akhir mei 1948.Sikap tegas alex terhadap anggota nya untuk tidak main hakim sendiridan menyelesaikan masalah dengan baik tanpa trsulut emosi,sangat patut dicontoh

  105. Pasukan siliwangi adalah pasukan hebat yang memperjuangkan persatuan dan kesatuan tanpa harus menggunakan kekerasan

  106. Di dalam artikel ini kita bisa belajar tentang bagaimana belejar untuk tidak maen hakim sendiri, karena tidak semua masalah di selesai kan dengan menggunakan kekerasan bisa d beres kan dengan kepala dingin

  107. Tanggapan saya tentang artikel ini banyak yang bisa di ambil dari komandan Alex dengan sikap tegas nya bisa menyelesaikan masalah tanpa dengan kekerasan hal ini patut untuk di jadikan contoh agar para komandan tidak memihak dan tidak main hakim sendiri dalam menghadapi permasalahan

  108. Artikel ini sangat menarik untuk dibaca dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan .Saya salut pada para komandan dan pasukannya yg rela berjuang demi memenangkan peperangan kemerdekaan Republik Indonesia pada akhir mei 1948.Sikap komandan alex patut dicontoh Karena tidak mengarahkan pasukannya untuk main Hakim sendiri.Sikapnya yg tegas tapi tidak memakai kekerasan patut diacungi jempol

  109. Dapat di simpulkan dari artikel tersebut bahwa menjadi pemimpin itu jangan mementingkan diri sendiri dan jika ada masalah di selesaikan dengan baik jangan dengan kekerasan.

  110. Artikel ini sangat menarik untuk dibaca dan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.Saya salut pada para komandan dan pasukannya yg berjuang di masa perang kemerdekaan pemerintah RI pada mei 1948 .Mereka rela berjuang Hingga selesai tanpa takut Akan hal apapun .Sikap tegas yg diambil Komandan alex pada pasukannya sangat tepat yaitu untuk tidak main Hakim sendiri.Sikap komandan seperti ini patut dicontoh

  111. Setelah membaca artikel ini saya merasa salut pada komandan alex yang menjaga rakyatnya dan nengutamakan keselematan rakyatnya di drpda dirinya sendiri. Dan attitude yang di lakukan komandan alex patut kita contoh,dan jangan pernah kita sesama manusia main hakim sendiri dalam masalah apapun.

  112. saya salut terhadap Alex karna iya mampu bertanggung jawab memimpin perang dan mementingkan keselamatan orang lain

  113. Setelah membaca artikel ini saya salut terhadap Alex karna iya mampu bertanggung jawab memimpin perang dan mementingkan keselamatan orang lain

  114. Setelah membaca artikel ini saya merasa salut pada komandan alex yang mementingan keselamatan rakyat daripada diri sendiri dan sikap tegasnya dalam memecahkan masalah tanpa harus dengan kekerasan.

  115. Tanggapan saya pada artikel ini , banyak yang bisa diambil sisi positif nya seperti komandan yang disiplin sabar dan keberanian Alex serta tidak main hakim sendiri itu bisa dijadikan contoh untuk kita semua

    1. Menurut saya setelah membaca artikel ini menjadi seorang pemimpin itu tidak lah mudah kita harus adil dan bijak dalam melakukan sesuatu untuk kepentingan bersama

  116. Komentar saya di artikel ini, sikap yang tegas yang bisa menyelesaikan masalah tanpa harus adanya kekerasan karena permasalahan bisa diselesaikan secara baik baik.

    1. Menurut saya mengenai artikel ini tindakan Alex dan Adjie untuk menyelesaikan suatu masalah itu sudah tepat karena bagaimanapun seorang pemimpin harus cepat dalam mengambil keputusan.

  117. Setelah saya membaca artikel ini,saya mengerti bahwa attitude Sangat penting dalam kehidupan,saya merasa salut kepada komandan

  118. komentar saya untuk artikel ini, Attitude atau keadilan tegak dalam sebuah kehidupan,contohnya yg alex lakukan kepada para pasukan nya untuk tidak main hakim sendiri dan tetap menegakan keadilan. Karena menyelesaikan masalah tidak harus dengan kekerasan melainkan otak dan mind set yg dipakai.

  119. Pendapat saya terhadap artikel ini yaitu saya sangat salut kepada komandan Alex dan Mayor Adjie karena mereka mengajarkan kita apabila menjadi pemimpin jangan suka main hakim sendiri,jangan selalu menyelesaikan masalah dengan kekerasan juga sebagai seorang pemimpin kita harus dapat dipercaya dan bertanggung jawab dengan tidak gegabah dalam melakukan sesuatu look like “think, before do something” sebelum kita bertindak harus berpikir dulu sebab dan akibatnya jika kita bertindak sesuka hati bisa berakibat fatal nantinya

    1. Menurut saya, saya salut dengan komandan alex dan mayor adjie karena mereka mampu bertanggung jawab dan mementingkan keselamatan orang lain,sikapnya yang tegas dalam memecahkan segala masalah tanpa harus dengan kekerasan.

  120. setelah saya membaca artikel ini, saya mendapatkan sebuah pelajaran. Ternyata menjadi sebuah pemimpin itu memang sulit, karna dalam suatu organisasi itu terdapat anggota yang berbeda beda, terkadang ada saja anggota yang membangkang perintah maupun peraturan. Namun saya sangat salut dengan para perwira, beliau beliau sangat tegas, berani, dan bertanggung jawab. Bahkan Adjie dan Alex sangat amanah karna beliau beliau diutus menjadi perwira Siliwangi yang diutus pemerintah pusat. Ketegasan kedua perwira ini patut kita contoh, bahkan hingga para komandan takut, dan akhirnya selalu menuruti perintah Perwira Adjie dan Perwira Alex

  121. Menjadi pemimpin itu berat jika ia pemimpin yg bertanggung jawab, tapi dibalik itu pemimpin yg bertanggung jawab akan membuah kan hasil yg memuaskan bagi rakyat dan negrinya.

  122. komentar saya tentang artikel ini, apa yang di lakukan alex dan adjie itu ada bagus nya untuk membangun kekompakan tetapi mungkin cara nya agak keras tetapi itu kan untuk kebaikan bersama juga agar lebih kompak

  123. Komandan Alex dan Adjie lebih berwibawa sehingga para pasukan tak pernah lagi membantah perintah-perintah yang datang ,para perwira Siliwangi yang diutus pemerintah pusat.

  124. Beranian…Nah keberanian itu wajib kita contoh, agar bisa membuat kita menjadi lebih hebat tapi juga harus bijaksana

  125. Komandan alex lebih berwibawa sehingga para pasukan tak pernah lagi membantah perintah-perintah yang datang dari Alex dan Adjie, para perwira Siliwangi yang diutus pemerintah pusat.

  126. Sikapn kepemimpinan alex yang mementingkan rakyat dan pasukannya itu yang patut dicontoh, tidak mementingkan diri sendiri. Dan sikap yang tegas dan bisa memecahkan masalah tanpa harus ada kekerasan, karena tidak semua masalah bisa di selesaikan dengan kekerasan.

  127. Setelah membaca artikel ini saya merasa salut kepada komandan-komandan yang berjuang untuk menyelesaikan masalah pertikaian di Sumatera apalagi komandan brigade II surjakantjana yang di tugaskan langsung untuk pergi kesana dengan penuh keberanian dia menerimanya dan juga komandan Alex yang cekatan dalam menuntaskan setiap masalah dan tidak gentar saat menghadapi musuh sampai dia berhasil menaklukkan para musuh

  128. Sikap kepemimpinan alex yang mementingkan keselamatan rakyat dan pasukannya itu yang patut dicontoh, tidak mementingkan diri sendiri. Dan sikap yang tegas yang bisa memecahkan masalah tanpa harus ada kekerasan, karena tidak semua masalah bisa di selesaikan dengan kekerasan.

    1. Dari komentar saya, artikel ini dapat disimpulkan bahwa pada masa perang kemerdekaan, pemerintah republik Indonesia pada akhir Mei 1948 terjadi perebutan wilayah antar sesama tentara Indonesia sendiri.

  129. Menurut saya Pemerintah Republik Indonesia pada akhir Mei 1948 markas besar si Yogyakarta mengirim 3 letnan untuk menuntaskan pertikaian antar tentara Indonesia di Sumatera.karna di Sumatera sedang terjadi perebutan wilayah. November 1948, Alex diangkat menjadi Komandan Sub Teritorial VII. Dia bergerak cepat membereskan masalah yang ada di daerah Tapanuli .Alex langsung balas memaki-maki Komandan Sektor S tersebut karna ingin masuk dalam kondisi aman komandan Sektor S malah ingin memasuki sibogal.sejak kejadian itu para komandan tidak pernah lagi membantah perintah Alex dan Adjie

    1. Memang dalam perang hal yang paling penting itu strategi pemikiran bagaimana caranya menyelesaikan masalah tanpa merugikan pasukan tindakan yang dilakukan alex dan adjie walaupun sedikit pemaksaan tetapi maksud dan tujuannya menyatukan mereka mengutamakan mediasi terlebih dahaulu agar tidak terjadi kekerasan saat melaksanakan tugas merupakan perilaku yang sangat terpuji selain itu mereka menyelesaikan masalah dengan cepat konflik internal seperti ini sangat rawan karena bisa menimbulkan perpecahan

  130. Tindakan yang diambil oleh alex dan adjie itu sangat benar, walaupun terlihat keras tapi itu demi kekompakan bersama

  131. Komentar saya pada artikel ini,apa yang dilakukan oleh alex untuk anggota nya agar tidak main hakim sendiri, dan menyelesaikan masalah nya dengan baik tidak memakai emosi,karena permasalahan bisa diselesaikan secara baik-baik

  132. Komandan itu harus bersikap tegas, disiplin dan sabar menghadapi para bawahannya yang membangkang suatu perintah yang akan merugikan banyak pihak. Major Ibrahim Adjie dan komanda alex adalah bukti nyata dari kepemimpinan patriot sejati yang berkorban untuk kepentingan bersama

  133. Setelah membaca artikel ini saya merasa salut kepada komandan-komandan yang berjuang untuk menyelesaikan masalah pertikaian di Sumatera apalagi komandan brigade II surjakantjana yang di tugaskan langsung untuk pergi kesana dengan penuh keberanian dia menerimanya dan juga komandan Alex yang cekatan dalam menuntaskan setiap masalah dan tidak gentar saat menghadapi musuh sampai dia berhasil menaklukkan para musuh

    1. Yang saya tangkap dari artikel diatas adalah seorang pemimpin berhak memerintah dan bawahan berhak dan wajib mematuhi selagi perintah itu baik. Dan sikap dan sifat komandan komandan yang tegaslah yang mungkin dapat membuat pertikaian itu selesai.

    2. Setelah membaca artikel ini, saya dapat menyimpulkan bahwa jika seseorang ingin menjadi pemimpin, maka orang itu harus bijaksana dan juga pemberani, seperti yang dilakukan Alex dan juga Adjie.

  134. Dari artikel di atas dapat di simpulkan bahwa pada masa Perang Kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia pada akhir Mei 1948 terjadi perebutan wilayah antar sesama tentara Indonesia sendiri. Mereka yang terlibat pertikaian berasal dari kesatuan tentara yang dipimpin oleh Mayor Bedjo dan para pejuang yang ada di bawah Mayor L. Malao.Tetapi setelah terjadi banyak peristawa yang menjadi pemimpin semua komandan menjadi alex dan adjie.

    1. Setelah membaca artikel ini, saya mendapatkan informasi yang belum saya ketahui, semoga informasi ini membuat kita menjadi lebih patuhh kepada pemimpin a dan harus mementingkan orang lain dari pada diri sendiri.

    2. Atikel ini dapat saya simpulkan bahwa pada masa perang kemerdekaan, pemerintah republik Indonesia pada akhir Mei 1948 terjadi perebutan wilayah antar sesama tentara Indonesia sendiri.

  135. Para pasukan Siliwangi yang di banggakan,pemberani dan tatakut mati, memukul keras dalam kebatilan berdiri tegak kebenaran

    1. Saya setuju dengan pendapat Alex..dia yang berpendapat bahwa setiap masalah ketika di selesaikan dengan emosi tidak akan berakhir mengenakan tetapi jika diselesaikan secara baik-baik dan secara kekeluargaan semua masalah akan berakhir dengan keuntungan bagi 2 belah pihak

  136. Komentar saya untuk artikel ini , Attitude adalah no satu dalam sebuah kehidupan , begitupun apa yang di lakukan Alex kepada anggota pasukan” nya , untuk tidak main hakim sendiri , karna tidak semua masalah harus di selesaikan dengan kekerasan.

    1. Menurut saya sikap alex dan adjie itu sangat tegas kepada para komandannya mereka mengajarkan kepada para komandannya untuk tidak bersikap seenaknya tidak main hakim sendiri, dan memang seharusnya menyelesaikan masalah itu tidak dengan emosi tapi dengan pikiran tenang dan jernih.

      1. Menurut saya, setelah membaca artikel ini kita dpt mengambil plajaran nya, karena menjadi seorang pemimpin bukan hal mudah dan harus bertanggung jawab atas amanah yang di percayai oleh orang lain kepadanya

      2. Menurut saya artikel sangat bagus untuk para pembacanya karena memberikan pengetahuan bgi pembaca bah WA sebagai pemimpin mita harus tegas dan juga disiplin seperti alex dan adjie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.