427 views

Kasum TNI Periksa Kesiapan Yonif Raider 500/Sikatan yang Akan Bertugas ke Papua

TNI

[BP] – Tatar Sunda

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal Joni Supriyanto melaksanakan pemeriksaan kesiapan Batalyon Infanteri Raider 500/Sikatan yang berada di bawah komando Kodam V Brawijaya dalam rangka Operasi Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Papua.

Kegiatan ini berlangsung di lapangan Yonif Raider 500/Sikatan, Wonokromo Surabaya, Jawa Timur. Kamis (13/08).

Kasum TNI mengatakan bahwa tugas pengamanan daerah rawan merupakan tugas penghormatan yang akan diemban oleh prajurit Raider 500/Sikatan. 

Fokus dari tugas ini adalah pengamanan dari berbagai macam ancaman kelompok separatis bersenjata yang telah menunjukan niatnya untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berbagai aksi bersenjata, terorisme dan kejahatan terkoordinir.

Menurut Kepala Staf Umum TNI, seluruh Komandan harus memahami tugas pokok Satgas dan bisa mempertahankan kesatuan komando dalam bertindak. 

Setiap saat harus cermat dan teliti dalam setiap rangkaian peristiwa yang terjadi serta jangan mudah untuk terprovokasi.

Pada kesempatan tersebut, Kasum juga memberikan beberapa penekanan dan arahan terhadap prajurit  batalyon Raider 500/Sikatan yang di antaranya:

  1. Untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga harus meyakinkan kepada diri sendiri bahwa tugas ini adalah tugas yang mulia dan sebagai ladang amal ibadah sehingga lahir sikap dharma bakti yang terbaik buat negeri.
  2. Melaksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan komando pengendali, komando operasi serta satgas-satgas lain yang beroperasi di Papua.
  3. Menjaga moril pasukan supaya tetap semangat dan dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik. 
  4. Pelihara dan pertajam naluri tempur agar tingkat kewaspadaan pasukan dan kesatuan tetap terjaga.
  5. Hindari kegiatan yang bersifat rutinitas agar pergerakan pasukan tidak mudah terbaca oleh lawan.
  6. Pelajari karakteristik masyarakat karena musuh pasti berlindung di tengah masyarakat serta ambil dan rebut hati masyarakat agar tidak bergabung dengan KKSB. 
  7. Pahami secara utuh gerakan yang saat ini sedang diperjuangkan oleh KKSB

Demikian pemeriksaan dan juga amanat yang diberikan oleh Kasum TNI kepada seluruh komandan dan pasukan yang akan bergerak dan melaksanakan tugas negara di Papua. [jayadewata]

 

Respon (30)

  1. Artikel ini menurut saya sangat menginspirasi bagi warga negara Indonesia,tugas TNI tidak lah mudah kita harus menghargai usaha para TNI.

  2. Artikel ini menurut saya sangat menginspirasi bagi warga negara Indonesia,tugas TNI tidak lah mudah kita harus menghargai usaha para TNI.Jangan lah pantang menyerah kita harus mencontohkan para TNI yang membela .

  3. Artikel ini menurut saya sangat menginspirasi bagi warga negara Indonesia,tugas TNI tidak lah mudah kita harus menghargai usaha para TNI.Jangan lah pantang menyerah kita harus mencontohkan para TNI yang membela NKRI.

  4. Jenderal Joni Supriyanto sudah melakukan hal yang sebaiknya di lakukan oleh seorang pemimpin, dan menjadi tentara itu tidak mudah.

  5. Menurut saya apa yang dilakukan TNI Letnan Jenderal Joni Supriyanto merupakan sikap kepimimpinan yang patut dicontoh. Kesiapan dalam menjalankan tugas ke Papua benar-benar dipersiapkan secara matang dimulai dari fokus dalam tugas pengamanan dari berbagai macam ancaman kelompok separatis bersenjata sampai memberikan beberapa penekanan dan arahan terhadap prajurit batalyon Raider 500/Sikatan.

  6. Menurut saya kepala staf umum (Kasum) TNI letnan Jendral Joni Suptiyanto Untuk melaksanakan pemeriksaan kesiapan untuk bertugas di Papua sangat bagus dan tegas, memang harus demikian kita harus lebih cermat dan teliti apalagi menghadapi musuh yang berbaur dengan masyarakat jangan sampai kita lengah apalagi terprovokasi prajurit TNI harus lebih fokus mengamankan daerah rawan papua

  7. Saya sangat bangga dengan para TNI di indonesia yang selalu berjuang untuk bangsa indonesia dan kita sebagai generasa bangsa patut untuk mencontoh para pahlawan dan TNI dengan melakukan hal2 positif.

  8. Bangga dengan kerja keras para pahlawan negara. Dengan tugas berat, mereka pun dilatih keras untuk membela negara kita. Menjadi seorang prajurit TNI itu adalah tugas mulia. Siapapun prajurit itu, dia harus mencintai pekerjaan dan profesinya sebagai Tentara.

  9. Artikel tersebut mengajarkan kita bahwa menjadi TNI tidaklah mudah,dan kita sebagai anak muda harus belajar menjadi anak bangsa yang berbakti kepada negara.

  10. Artikel ini menurut saya sangat menginspirasi bagi kita tugas TNI tidak lah mudah kita harus belajar menghargai usaha para TNI.Kitta sebagai warga/anak Indonesia harus memiliki sikap kreatif dan inovatif agar penerus kita lebih baik

  11. Dari artikel diatas sesuai pemahaman saya bahwa menjadi TNI bukanlah tugas yg mudah. Menjadi TNI harus memiliki mental dan kerjasama yg kuat, setiap saat harus cermat dan teliti dalam setiap rangkaian peristiwa yang terjadi serta jangan mudah untuk terprovokasi. Selain harus menguatkan fisik seorang TNI juga harus meningkatkan ketakwaan kpd Tuhan Yang Maha Esa dan harus yakin bahwa tugas ini adalah tugas yang mulia. Maka dari itu kita sebagai pelajar harus menjadikan ini sebagai motivasi untuk lebih semangat belajar, jangan bermalas malasan dan jangan pernah putus asa. Dengan menjadi anak yang pintar dan cerdas itu adalah salah satu cara untuk menjaga dan memajukan NKRI kita.

    Semangat pelajar ayo jadikan bangsa ini sebagai bangsa yang Cerdas!!!

  12. Artikel ini bagus untuk menginspirasi para anak muda umum nya,kita harus menghargai udahan TNI menjaga negara kita dengan semangat yang tinggi mengamankan negara kita Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letnan Jenderal Joni Supriyanto melaksanakan pemeriksaan kesiapan Batalyon Infanteri Raider 500/Sikatan yang berada di bawah komando Kodam V Brawijaya dalam rangka Operasi Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Papua.

  13. Yang saya baca dalam artikel di atas Menurut kepala staf umum TNI,Seluruh komandan harus memahami tugas pokok satgas dan bisa mempertahankan kesatuan komando dalam bertindak, Setiap saat harus cermat dan teliti dalam setiap rangkaian peristiwa yang terjadi serta jangan mudah untuk terprovokasi.

  14. Menurut saya artikel ini sangat menginspirasi kita sebagai anak-anak muda indonesia. Saya baca prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan melaksanakan tugas di Papua dengan baik. Dengan itu kita pun debagai penerus bangsa haruss bangga. Jangan pantang menyerah dan mencontoh para TNI yang terus semangat membela NKRI

  15. Artikel ini sangat menginspirasi karna sebagai TNI tugasnya tidak mudah.Fokus dari tugas ini adalah pengamanan dari berbagai macam ancaman kelompok separatis bersenjata yang telah menunjukan niatnya untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui berbagai aksi bersenjata, terorisme dan kejahatan terkoordinir.

  16. Lagi lagi ini hal yang sangat menginspirasi, jangan sekali kali meremehkan pekerjaan mereka, pekerjaan mereka sangat lah sulit, butuh mental yang kuat untuk melakukan nya. Kita tidak harus menjadi TNI untuk mengharumkan nama negara kita yaitu Indonesia, tapi kita bisa mengharumkan namanya dengan cara terus belajar dan pantang menyerah seperti para anggota TNI, Oleh karna itu kita harus menghormati dan menghargai prajurit TNI yang selalu siap untuk bertugas mengamankan indonesia dari ancaman kelompok pemberontak bukan hanya dipapua tapi diseluruh penjuru negri kita.

  17. Cerita di atas persiapan TNI yonif raider 500 yang akan bertugas ke papua. Sedemikian rupa di persiapkan. TNI itu bertugas untuk pengamanan di papua dari teroris yang ingin memisahkan diri dari negara Indonesia.

  18. Yng di maksud dari artikel di atas yaitu tentang bagaimana cara memberikan komando/perintah kepada prajuritnya dng sebaik mungkin dan hal itu harus dapat di pahami dan di mengerti langsung oleh para prajuritnya maka dari itu sebagai TNI sigap dan tanggung jawab harus bisa melaksanakan tugasnya dng sebijak mungkin karna tugas seorang TNI bkn hal yng sangat mudah untuk di lakukaan tetapi tugasnya itu di sangkut pautkan dengan harga bela diri dan nyawa sendiri:)

  19. Lagi lagi ini hal yang sangat menginspirasi, jangan sekali kali meremehkan pekerjaan mereka, pekerjaan mereka sangat lah sulit, butuh mental yang kuat untuk melakukan nya. Kita tidak harus menjadi TNI untuk mengharumkan nama negara kita yaitu Indonesia, tapi kita bisa mengharumkan namanya dengan cara terus belajar dan pantang menyerah seperti para anggota TNI

  20. Menurut artikel yang saya baca diatas tersebut prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan melaksanakan tugas di papua dengan baik,kita juga sebagan anak indonesia harus menjadi anak bangsa yang kreatif dan optimis menuju indonesia generasi emas.

    “Kalau tidak kita yang bangun indonesia ini siapa lagi” indonesia merdeka…..

  21. Setelah membaca serta memahami isi artikel diatas saya sekarang tau bahwa tugas-tugas yang diberikan kepada TNI bukan lah sesuatu hal yang mudah. Apalagi tugas yang ditujukan kepada prajurit TNI Raider 500/Sikatan yang ditugaskan dipapua dalam rangka Operasi Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan Papua. Apalagi Pada suatu kesempatan kasum memberikan beberapa amanat untuk Prajurit Raider 500/Singkatan yang menjelaskan secara tidak langsung bahwa ‘ini adalah tugas yang penting dan amat mulia’.

    Oleh karna kita harus menghormati dan menghargai prajurit TNI yang selalu siap untuk bertugas mengamankan indonesia dari ancaman kelompok pemberontak bukan hanya dipapua tapi diseluruh penjuru negri kita.

  22. Menurut saya prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan bertugas ke papua dengan sangat baik,kegiatan berlangsung di lapangan yonif raider 500,menurut prajurit tugas ini merupakan tugas penghormatan bagi para prajurit,sebagai anak indonesia yang kreatif dan optimis ,supaya indonesia bisa lebih maju dan menjadi contoh bagi negara negara lain.

  23. Dari artikel diatas bahwa TNI akan beroperasi Satuan Tugas Pengamanan di daerah Rawan Papua.Dan kita sebagai anak bangsa harus bangga terhadap TNI yang selalu berkorban untuk mempertahankan negara kita Indonesia.

  24. Yang saya baca dalam artikel tersebut prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan melaksanakan tugas di papua dengan baik, dan juga kita sebagai bangsa indonesia harus bisa menjadi anak bangsa yang kreatif dan optimis. Supaya negara indonesia bisa lebih maju, dan banyak yang bisa menjadikan contoh bagi bangsa bangsa lain. Kita bangkit dan raihlah mimpi Setinggi langit.

    1. Menurut saya artikel ini sangat menginspirasi kita sebagai anak-anak muda indonesia. Saya baca prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan melaksanakan tugas di Papua dengan baik. Dengan itu kita pun debagai penerus bangsa haruss bangga.

  25. Yang saya baca dalam artikel tersebut prajurit yang melakukan tugasnya sebagai komandan dan pasukan yang akan melaksanakan tugas di papua dengan baik, dan juga kita sebagai bangsa indonesia harus bisa menjadi anak bangsa yang kreatif dan optimis. Supaya negara indonesia bisa lebih maju, dan banyak yang bisa menjadikan contoh bagi bangsa bangsa lain. Kita bangkit dan wujudkan mimpi.

    1. Artikel ini sangat menginspirasi bagi kita para anak muda….kita harus menghargai usaha para TNI jangan meremehkan tugasnya, pekerjaan ini sangat sulit butuh mental fisik yang sangat kuat….. prajurit yang melakukan tugas di Papua melaksanakan pemeriksaan kesiapan Batalyon infanteri raider 500/singkatan dengan baik dan kasum memberikan beberapa penekanan dan arahan kepada yang melaksanakan tugas negara di papua.kita sebagai anak Indonesia harus menjadi anak yang kreatif dan inovatif agar generasi penerus bisa mencapai suatu tujuan dan impiannya. Jangan pantang menyerah kita harus mencontoh para TNI Yang semangat membela NKRI.

    2. Artikel ini menurut saya sangat menginspirasi bagi kita tugas TNI tidak lah mudah kita harus belajar menghargai usaha para TNI.Kitta sebagai warga/anak Indonesia harus memiliki sikap kreatif dan inovatif agar penerus kita lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.