669 views

Pemerintah Daerah Pandeglang Luncurkan Aplikasi Pasar Pintar 

Pasar Pintar

[BP] – Tatar Sunda

Melihat wabah dan pandemi Covid-19 yang masih terjadi dan cenderung kembali meningkat, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang melaksanakan dan Launching Program baru. 

Pandemi covid 19 tidak hanya berdampak bagi kesehatan, namun juga pada perekonomian masyarakat. Untuk menangani hal tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Pandeglang belum lama ini meluncurkan program baru yang dinamakan pasar pintar. 

Pasar pintar ini berupa aplikasi smart phone yang bisa dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Pandeglang ditengah pandemi covid 19. 

Dengan adanya pasar pintar akan mencegah terjadinya klaster baru penyebaran covid 19. Masyarakat bisa berbelanja menggunakan aplikasi untuk kebutuhan sehari – hari tanpa harus berinteraksi dengan para pedagang di pasar.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang juga hadir pada acara launching Pasar Pintar mengatakan, dengan adanya inovasi akan membuat Pandeglang terus maju walaupun ditengah covid 19, walaupun Pandeglang bukan termasuk kategori zona merah. akan tetapi harus tetap waspada. 

Pemerintah berada pada posisi sangat dilematis, selain harus jaga jarak sebagai protokol resmi kesehatan,  akan tetapi harus ada pemulihan ekonomi memasuki new normal, karena itulah hadir pasar pintar untuk dapat memulihkan ekonomi masyarakat.

Menurut Wakil Bupati, hadirnya pasar pintar akan mempermudah masyarakat untuk belanja, memberdayakan pasar lokal dan ojek online yang ada di Pandeglang.

Ini mutlak Bisnis to Bisnis tanpa menggunakan APBD, dan pasar ini yang pertama di Indonesia.

Pengelolaan Pasar Pintar ini oleh  PT Raharja Komunikasi dan Badan Usaha Milik Daerah Pandeglang Berkah Maju (BUMD-PBM). 

Direktur PT Raharja Komunikasi Hendri Ikhsan mengatakan, harga di pasar pintar akan sama dengan di pelapak. “Kita tidak menaikan harga, rencana ada 15 pasar, sekarang baru lima pasar diantaranya Pandeglang, Saketi, Menes, Labuan dan Panimbang,” pungkasnya.

Cara berbelanja di Pasar Pintar, menurut Hendri Ikhsan sangat mudah. Warga masyarakat tinggal melakukan download aplikasi di smart phone masing-masing dengan menggunakan google playstore. 

Setelah proses instalasi kemudian dilanjutkan dengan mendaftarkan identitas lengkap, setelah itu pengguna nantinya bisa memesan barang sesuai pasar terdekat, dan nanti pesanan tersebut akan diproses oleh drop shippers (pengelola pengiriman) dan diantarkan ke alamat pemesan. [jayadewata].

Respon (37)

  1. Respect dengan dibuat nya aplikasi pasar pintar ini disamping mempermudah pembeliannya agar tidak harus kemana2 juga berdampak baik bagi pencegahan penularan covid 19 ini

  2. Program pasar pintar ini sangat bagus sesuai dengan situasi saat ini semoga dengan adanya aplikasi ini Indonesia kedepannya dapat menjadi negara yang lebih maju

  3. Program pasar pintar ini sangat bagus karena bisa lebih memudahkan para ibu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari tanpa keluar rumah dan dapat menghindari penyebaran covid-19.

  4. Saya setuju dengan rencana pemerintah yang akan mengadakan pasar pintar supaya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengurangi populasi atau memutus rantai penyebaran covid-19.

  5. Saya setuju dengan adanya pasar pintar karena dengan adanya aplikasi pasar pintar ini kita bisa memenuhi kebutuhan pokok tanpa harus ketempat ramai

  6. Setuju dengan adanya aplikasi ini karena dapat mempermudah masyarakat untuk membeli bahan pangan pokoknya apalagi di masa pandemi ini.

  7. Saya setuju dengan artikel diatas semoga pemerintah dengan adanya pasar pintar untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok pangan dapat mencegah penularan covid 19 ini dan agar perekonomian tetap stabil saya berdoa semoga pandemi ini cepat selesai biar bisa kembali beraktifitas lagi secara normal

  8. Saya sangat setuju dengan adanya aplikasi pasar pintar, dengan aplikasi tersebut memudahkan untuk ibu ibu rumah tangga atau yang lainnya untuk berbelanja, dan juga mengurangi banyaknya kerumunan orang sehingga secara otomatis akan memutus rantai penyebaran covid 19.

  9. setelah sy membaca artikel ini, memang benar bahwa dgn di adakan nya pasar pintar ini, dpt memcegah persebaran virus covid 19, disisi itu juga dpt mempermudah masyarakat akan membeli kebutuhan sehari-hari, hanya dgn memesan via aplikasi, barang datang diantar sampai rumah, kita tidak perlu keluar rumah dan tentunya akan terbebas dr yg namanya kerumunan utk belanja kebutuhan sehari.

  10. Setelah membaca artikel ini, saya sangat setuju dengan adanya program pasar pintar karena sangat membantu memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya karena pandemi covid19 yang terjadi sekarang ini.

  11. Apk ini sangat bagus,apa yang bagus? Contonya dengan apk ini semoga jadi negara yang lebih maju apa lagi saat pandemi kaya gini apk kaya gini sangat membantu

  12. Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa memudahkan para ibu rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan sehari hari tanpa harus takut dengan penularan virus dengan cara interaksi langsung dan semoga ada inovasi bagi masyarakat yang kurang mampu atau gaptek. Dan semoga dengan adanya aplikasi ini bisa memajukan ekonomi bangsa.

  13. Setelah membaca artikel ini saya berharap dengan adanya aplikasi ini bisa memudahkan para ibu rumah tangga untuk berbelanja kebutuhan sehari hari tanpa harus takut dengan penularan virus dengan cara interaksi langsung dan semoga ada inovasi bagi masyarakat yang kurang mampu atau gaptek. Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat sedikit memajukan ekonomi bangsa

  14. Dari artikel tersebut kita dapat mengetahui bahwa dengan teknologi, semua jadi lebih mudah. terbukti dengan adanya peluncuran apk pasar pintar, masyarakat jadi tidak perlu ke pasar sehingga tidak menimbulkan cluster baru penyebaran covid-19. dengan adanya apk ini, ekonomi negara terbantu dan masyarakat pun bisa sejahtera.

  15. Saya setuju karna dengan adanya pasar pintar dapat mencegah penyebaran virus covid 19.masyarakat akan tetap di rumah tentu saja dengan adanya pasar pintar mempermudah masyarakat berbelanja kebutuhan pokok

  16. Sangat setuju dengan adanya aplikasi pasar pintar ini karena bisa sangat membantu org org yg tetap ingin memenuhi kebutuhan ekonominya tanpa harus berkerumun, dan rantai penyebaran pun akan terkendali. Semoga situasi bisa normal kembali

  17. Memang dengan adanya aplikasi pasar pintar disaat pandemi covid 19 ini sangat membantu memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya karena rantai penyebaran covid ini bisa terkendalikan

  18. Menurut saya keputusan membuat pasar pintar ini sangat bagus sekali karena dengan begitu setiap masyarakat tidak akan kesusahan dalam berbelanja dan dengan adanya pasar pintar dapat mengurangi tingkat kenaikan penyebaran covid19 karena dengan adanya pasar pintar ini setiap masyarakat tidak perlu berdesak desakan atau mengunjungi tempat untuk berbelanja dan tentunya itu akan mengurangi aktivitas tatap muka dan akan mengurangi penyebaran covid-19

  19. Saya sangat setuju dengan program yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang karena Dengan adanya pasar pintar ini, akan mencegah terjadinya klaster baru penyebaran covid 19. Masyarakat bisa berbelanja menggunakan aplikasi untuk kebutuhan sehari² tanpa harus berinteraksi dengan para pedagang di pasar.

  20. Semoga aplikasi ini bisa membantu para ibu rumah tangga dalam memudahkan belanja,agar tidak takut jika kepasar akan tertular dan bisa mencegah penyebaran virus ini. Pokoknya tetep jaga kesehatan kita bisa memerangi virus ini supaya roda perekonomian bisa berjalan kembali seperti sebelumnya

  21. Dalam artikel ini, saya sangan setuju dengan adanya pasar pintar, di era pandemi covid 19 ini kita harus menjaga jarak agar terhindar dari covid 19 dan adanya pasar pintar ini untuk terhindar dari penyebaran covid 19 dan saya sangat setuju bilamana pasar pintar ini bisa ada di setiap daerah yang ada di indonesia.

  22. Saya setuju dengan adanya aplikasi pasar pintar, bisa mempermudah orang2 untuk belanja dalam keadaan pandemi covid-19 ini, karena dengan ada nya aplikasi pasar pintar orang2 jdi tidak perlu keluar rumah

    1. Setelah membaca artikel ini saya pribadi sangat setuju dengan app pasar pintar karena mudah cepat dan aman dan juga mencegah kerumunan orang karena berinteraksi nya lewat alat komunikasi atau handphone dan mencegah penyebaran covid 19

  23. Disaat pandemi seperti ini, pastinya semua orang akan dilema. Demi kesehatan kita harus jaga jarak, tetapi kebutuhan ekonomi juga harus terpenuhi. Dengan adanya aplikasi pasar pintar, bisa dibilang akan mempermudah masyarakat membeli bahan pangan pokok hanya dengan satu klik saja, juga langkah pemerintah untuk #DiRumahAja akan termudahkan. Akan tetapi, pemerintah harus memperhatikan juga masyarakat yang kurang mampu. Sosialisasi penuh tentang Pasar Pintar kepada masyarakat juga sangat penting. Dengan begitu, kerumuman dan rantai penyebaran Covid-19 akan terkendali. Dan semoga keadaan bisa kembali normal. Aamiin

    1. Intinya dengan adanya program aplikasi pasar pintar , di masa pandemi covid 19 ini, sangat membantu dan mempermudah para ibu rumah tangga, mereka tidak harus keluar rumah untuk berbelanja pangan , cukup dengan memesan di aplikasi ,Semoga dengan program ini bisa memutus rantai penyebaran virus covid 19 dan kita bisa beraktivitas normal kembali seperti sebelumnya ,Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.