340 views

Sektor Pertanian Indramayu Tetap Bertahan Di tengah Pandemi Covid-19

Pertanian Indramayu

[BP] – Tatar Sunda

Wabah Covid-19 memiliki dampak besar pada pertumbuhan ekonomi yang menurun dan rendah. Hal ini imbas dari pemberlakuan pemerintah yang membatasi segala kegiatan dan aktivitas masyarakat guna meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Pelaksana Tugas Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, untuk sektor pertanian di Bumi Wiralodra dipastikan sejumlah petani tetap produktif melaksanakan tanam menanam padi selama dua musim tanpa hambatan walau wabah Covid-19 masih berlangsung

Menurutnya, sektor pertanian di Indramayu tidak jatuh karena komitmen Pemerintah Kabupaten Indramayu yang terus mendorong dan membantu para petani dalam melaksanakan aktivitas pertanian, dengan harapan hasil panen padi melimpah sesuai harapan para petani.

“Ketika Covid-19 datang, petani kita sedang melaksanakan kegiatan panen padi musim penghujan, dan tadinya saya kira Covid-19 bulan Juli kemarin berakhir tetapi masih menjadi pandemic, tetapi saat ini petani kita sebagian sudah melaksanakan panen padi musim kemarau 2020,” katanya di Indramayu, Minggu (23/8) dikutip dari laman resmi pemkab.

Taufik mengatakan Pemkab Indramayu saat ini terus fokus dan komitmen pada dua kebijakan. Kebijakan pertama mencegah masyarakat jangan sampai tertular Covid-19 dengan menghimbau menerapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan selalu menjaga jarak dengan sesama ditengah pemberlakuan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kebijakan kedua mengajak dan mendorong masyarakat untuk tetap produktif walau wabah pandemic Covid-19 masih berlangsung, dengan membeli produk lokal. Setelah itu mengawal sektor pertanian supaya tetap produktif dari mulai tersedianya pupuk bersubsidi hingga ketersediaan air irigasi pertanian untuk lahan para petani.

Pemerintah daerah menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mau membeli produk lokal daerah maupun nasional. Selain itu sektor pertanian tetap berjalan tanpa hambatan. Bupati optimis perekonomian Indramayu tetap aman dan baik-baik saja.

Hal senada juga diungkapkan Oni. S Ketua DPC Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Kabupaten Indramayu, bahwa sektor pertanian terbukti paling ampuh menepis terjadinya resesi perekonomian terlebih ditengah wabah pandemi Covid-19.

Menurutnya sama seperti tahun 1998 dan 2008 ketika sektor ekonomi jatuh, pertumbuhan sektor pertanian tumbuh 12,59 %. 

Ini sebagai bukti bahwa sektor pertanian di Indramayu harus tetap didorong oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu. [jayadewata]

Respon (32)

  1. Saya setuju dengan bupati indramayu, tindakan beliau di tengah wabah covid 19 ini sangat membantu petani dalam sektor pertanian

  2. Saya setuju yang di putuskan oleh bupati Indramayu ini untuk mempertahankan sektor pertanian di masa pandemi ini, semoga para petani di sehatkan selalu dan wabah covid ini cepat berlalu

  3. Saya setuju kepada bupati Indramayu yang tetap mempertahankan sektor pertanian yang sedang ada wabah covid ini, semoga petani sehat selalu dan wabah covid ini cepat berlalu

  4. Sektor pertanian di indramayu tidak jatuh ketika covid 19 datang.karena pemkab indramayu yg terus mendorong dan membantu para petani

  5. Menurut saya tindakan bupati Indramayu mengenai mempertahankan ekonomi di bidang pertanian dan pangan ini adalah suatu keputusan yang tepat.tindakan beliau ditengah wabah covid ini sangat membantu sektor pertanian dalam perekonomian tetap stabil, asalkan para petani tetap melaksanakan kebijakan protokol kesehatan yg ditetapkan pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, agar mencegah penyaluran covid-19.

  6. Setuju karena di masa pandemi ini pemerintah harus mendukung para petani agar tetap bisa semangat bekerja dan jangan lupa menerapkan protokol kesehatan

  7. saya setuju dengan apa yang dilakukan bapak Bupati Indramayu di tengah wabah covid 19 karena ini sangat membantu sektor pertanian dan perekonomian agar tetap stabil.

  8. saya setuju dengan apa yang dilakukan bpk bupati Indramayu ditengah wabah civid-19 ini karna itu sangat membantu sektor pertainian dan perekonomian agar tetap stabil.

  9. I agree with the regent’s plan Indramayu, this is the right thing because the agricultural sector in Indramayu must be encouraged by the Indramayu Regency Government. But not only in the Indramayu area, I hope this plan done in each area.

  10. Saya sangat mengapresiasi sekali kepada para petani yang selalu bercocok tanam walaupun dalam situasi sekarang Covid 19 tidak lelah bekerja bagi kebutuhan sehari harinya dan jangan lupa lagi mencintai produk lokal Indonesia.

  11. Apa yang dilakukan oleh bpk bupati Indramayu adalah hal yang benar ,tindakan beliau ditengah wabah covid ini sangat membantu sektor pertanian dalam perekonomian tetap stabil, asalkan para petani tetap melaksanakan kebijakan protokol kesehatan yg ditetapkan pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, agar mencegah penyaluran covid-19.

  12. Tepat sekali upaya yang dilakukan oleh bupati Indramayu tersebut. Karena dengan melakukan upaya seperti itu produktifitas para petani tidak akan down/menurun dimasa kondisi yang serba terbatas seperti ini.

  13. Saya setuju dengan rencana bupati indramayu, karna dimasa masa pandemi ini banyak sekali org kesuliatan dalam hal ekonomi oleh sebab itu kita harus tetap produktif untuk bisa melewati semua ini, dengan mengikuti protokol kesehatan tentunya, ayo kita sama sama berjuang melewati pandemi ini..

  14. Saya setuju dengan rencana bupati indramayu diatas, karna sebagaimana kita tahu dimasa masa pandemi ini banyak sekali yang ekonominya menurun dan keputusan yang diambil oleh beliau sangat tepat, bahwa kita harus tetap produktif dimasa masa pandemi seperti ini, jangan lupakan juga protokol kesehatan, ayo kita sama sama melewati pandemi ini

  15. Setuju, karna dimasa pandemi ini pemerintah harus mendukung wargannya untuk tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  16. Apa yang dilakukan bupati indramayu adalah tindakan yang tepat. Karena ditengah pandemi ini ekonomi semakin menurun, sehingga sudah sepatutnya kita saling mendukung dan memberi dorongan kepada sesama agar bisa bertahan dalam situasi seperti ini. Dan tidak lupa juga para petani tetap menerapkan protokol kesehatan

  17. Saya setuju karena pandemi covid-19 bukan halangan masyarakat untuk bekerja produktif tapi kita juga harus menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah

  18. Saya setuju sekali dengan Bupati Indramayu membuat para petani produk tif,karena kalau tidak produktif maka masyarakat tidak akan memiliki penghasilan.

  19. Bagus sekali yang dilakukan pamkeb indramayu ini,karena banyak sekalai sektor ekonomi yang membutuhkan dukungan dari pemerintah

  20. Saya setuju sekali, rencana yang dilakukan oleh bupati Indramayu, walaupun wabah covid-19 ini masih berlangsung kita harus produktif dan mengikuti protokol kesehatan yg harus di laksanakan di tengah pembelakuan AKB atau yg kita sebut new normal, dan juga rencana yg di ambil bupati Indramayu ini bisa mengurangi beban perekonomian masyarakat nya di masa pandemi seperti sekarang

  21. Saya setuju sekali dengan program bapak Bupati Indramayu H dan bapak Taufik Hidayat . Dengan adanya program itu masyarakat akan tidak kesusahan dalam kebutuhan sehari hari di karenakan adanya program untuk bekerja di tengah pandemi ini , asal kita harus wajib mematuhi protokol kesehatan Supaya kita terhindar dari virus corona. Setidaknya juga mengurangi beban kebutuhan hidup masyarakat di tengah pademi virus corona ini.

  22. Saya sangat setuju dengan artikel di atas walaupun adanya pandemi tetapi tak menghalangi para petani untuk bercocok tanam asalkan menjaga protokol kesehatan, sangat bagus sekali programnya setidaknya mengurangi beban masyarakat di era pandemi ini.

  23. Saya setuju pada pendapat bpk H.Taufik Hidayat, bahwa dalam pandemi ini kita harus tetap bekerja produktif (seperti para petani tadi). Agar dapat menghasilkan upah untuk makanan sehari-hari, ini lebih baik daripada harus mencuri/kegiatan negatif yang lain.
    Saya juga setuju tentang pendapat Pemkab Indramayu bahwa dalam bekerja kita harus menerapkan beberapa protokol kesehatan di tengah pandemi ini. seperti, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer dan selalu menjaga jarak dengan sesama. Hal ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran covid-19.

  24. Ya saya setuju dengan apa yang direncanakan oleh bupati. Karna protokol kesehatan memakai masker,mencuci tangan dengan sabun hrus tetap dan wajib di patuhi, karna demi Kesehatan bersama dan terhindar dari penyebaran covid-19. Saya hanya berHarap agar pandemi covid-19 cepat hilang dari muka bumi ini, termasuk daerah Provinsi jawa Barat ini.

  25. Bagus sekali rencana yang di terapkan bupati Indramayu ini. Semoga covid 19 ini cepat hilang dan kita bisa kembali ke aktivitas normal seperti biasanya. Kata dalam artikel yg sudah saya baca juga mudah di mengerti.

  26. Bagus sekali rencana yang di terapkan bupati Indramayu ini. Semoga covid 19 ini cepat hilang dan kita bisa kembali ke aktivitas normal seperti biasanya.

    1. Sangat setuju sekali dengan program kerja bapak bupati Indramayu ini , karena bisa kita lihat dalam era pandemi ini banyak sekali masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau minimnya ekonomi di keluarga , dengan adanya program ini keadaan pangan di Indramayu akan tetap berjalan lancar tanpa hambatan ,sangat bagus pak program kerjanya membantu petani untuk bisa panen setiap musim

    2. Menurut saya tindakan bupati Indramayu mengenai mempertahankan ekonomi di bidang pertanian dan pangan ini adalah suatu keputusan yang tepat.Karena dengan begitu ekonomi di wilayah Indramayu khusunya di bidang pertanian tidak mengalami kekurangan,karena pemerintah disana bisa mengajak masyarakat nya untuk berkontribusi dalam mempertahankan ekonomi di bidang pertanian ini. Dan masyarakat disana pun khususnya para petani sangat menghargai dan melaksanakan anjuran pemerintah itu. Tidak lupa juga mereka selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan pada saat menjalankan tugasnya masing-masing. Terima kasih.

      1. Apa yang dilakukan oleh bpk bupati Indramayu adalah hal yang benar ,tindakan beliau ditengah wabah covid ini sangat membantu sektor pertanian dalam perekonomian tetap stabil, asalkan para petani tetap melaksanakan kebijakan protokol kesehatan yg ditetapkan pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, agar mencegah penyaluran covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.