537 views

Komisi IX DPR RI Mendesak Pemerintah Adanya ‘Grand Design’ Pengembangan Vaksin

Covid 19

[BP] – Tatar Sunda

Anggota Dewan Komisi IX DPR RI mendesak Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) membuat grand design pengembangan vaksin Covid-19 termasuk kebutuhan infrastruktur pengembangan, kebutuhan anggaran dan rencana vaksinasi. 

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat membacakan poin kesimpulan rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan rapat dengar pendapat dengan Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan PEN, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (27/8) dikutip dari laman parlementaria.

Emanuel mendorong Komite Penangan Covid-19 dan PEN untuk menjalankan tiga program prioritas secara holistik dan terintegrasi. Yaitu Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh, termasuk adanya alokasi anggaran yang berimbang untuk penanganan di sektor kesehatan dan sektor ekonomi.

Selanjutnya, Komisi IX juga mendesak Komite Penanganan Covid-19 dan PEN untuk terus meningkatkan kolaborasi seluruh pihak yang sudah berkontribusi aktif diantaranya TNI/Polri, BIN, universitas, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat dan pihak swasta.

Dan dalam rangka meningkatkan ketahanan kesehatan di masa pandemik, Komisi IX DPR RI mendukung Kementerian Kesehatan RI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan laboratorium di seluruh daerah melalui optimalisasi penggunaan anggaran stimulus penanganan Covid-19 di bidang kesehatan. 

Komisi IX DPR juga meminta Kemenkes RI dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memberikan data rincian realistis dan rencana optimalisasi anggaran penanganan Covid-19 bidang kesehatan. [jayadewata]

 

Respon (33)

  1. Sangat senang bahwa vaksin virus Corona telah ditemukan, dan semoga dapat membantu masyarakat yang ada di Indonesia.

  2. Semoga pengembangan vaksin Covid-19 berjalan lancar dan semuanya bisa melakukan kegiatan sehari hari dengan normal seperti dulu.

  3. Saya ikut senang mendengarnya karena sudah ada vaksin covid-19 , semoga pengembangan vaksin ini dapat berjalan terus dengan lancar agar penyebaran wabah virus corona cepat berakhir dan semoga tidak pernah ada lagi.

  4. Saya sangat bahagia karena vaksin covid 19 sudah ditemukan, semoga para ilmuwan indonesia dapat lebih mengembangkan vaksin covid 19 ini agar pandemi ini segera berakhir

  5. Saya sangat bahagia karena vaksin covid 19 sudah ditemukan, semoga para ilmuwan indonesia dapat lebih mengembangkan vaksin covid 19 ini agar pandemi ini segera berakhir

  6. Bagus sekali dengan pengembangan vaksin covid-19. Dengan begitu virus ini akan cepat berlalu dan bisa kembali beraktivitas.

  7. Dengan adanya vaksin Covid-19 di Indonesia, saya harap bisa mengurangi angka penyebaran Covid-19 sehingga cepat berakhir pandemi ini.

  8. Saya sangat senang dengan adanya vaksin covid ini. Semoga kerjasama dan upaya yang dilakukan bersama berjalan lancar dan wabah ini cepat berakhir.

  9. Saya merasakan kebahagian karena dengan adanya vaksin semoga virus corona di Indonesia cepat berlalu begitu saja dengan secepatnya mungkin,aamiin yra.

    1. semoga corona cepat berlalu dan pengembangan vaksin berjalan dengan baik agar masyarakat beraktivitas seperti sedia kala

  10. semoga covid-19 ini cepat berlalu, dan tentunya mengapresiasi pemerintah yang selama ini berusaha keras mencari solusi covid-19 ini

  11. Saya senang mendengar bahwa vaksin covid 19 sudah tersedia dan saya harap Kementerian Kesehatan RI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan laboratorium di seluruh daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.