263 views

Gunung Mananggel “Batu Sanghyang Tapak” Cianjur Bekas Ibu Kota Kerajaan Jampang Manggung

Batu Sanghyang Tapak

[BP] – Tatar Sunda

Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Keberadaan batu dengan cetakan telapak kaki tersebut hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh semak belukar dan rerumputan serta ranting-ranting yang berserakan.

Orang Cianjur dan sekitarnya mengenalnya sebagai batu Sanghyang Tapak.

Batu Sanghyang Tapak berada tepat di puncak Gunung Mananggel, bukit berketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut (dpl). 

Kendati keberadaan batu tersebut cukup terkenal di kalangan warga Cianjur, tetapi penduduk kota ayam pelung itu jarang mengetahui asal-usul keberadaan Sanghyang Tapak. 

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, pahatan berupa tapak kaki tersebut konon milik seorang sakti yang menguji kehebatan ilmu kanuragannya.

Orang tua sakti mandraguna tersebut meloncat-loncat dari satu gunung ke gunung lainnya, bahkan konon tapak kaki kanannya ada di Gunung Geulis, yaitu bukit besar di sebelah Gunung Mananggel.

Sebuah penjelasan yang lebih masuk akal didapatkan dari K.H. Djalaluddin Isaputra (49), tokoh masyarakat setempat. 

Menurut Ustadz Jalal , Sanghyang Tapak merupakan tapak kaki Resi Pananggel alias Pangeran Laganastasoma, salah satu keturunan raja-raja Jampang Manggung, kerajaan yang didirikan Prabu Kujang Pilawa pada tahun 330 saka (sekitar tahun 406-407 M), dikutip dari historia. 

Jadi keberadaan Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

Dalam catatan sejarah resmi tentang kota Cianjur, nama Jampang Manggung tak pernah disebut. Bahkan, dalam buku Bayu Surianingrat dituliskan bahwa saat Dalem Cikundul baru datang ke Cianjur, situasi kawasan itu sama sekali belum diatur oleh suatu pemerintahan resmi dan masih berupa hutan rimba yang hanya dihuni sekelompok jawara. Pada akhirnya timbul sebuah pertanyaan dari mana datangnya nama Jampang Manggung tersebut.

Menurut pegiat sejarah Cianjur, Luki Muharam bahwa saat Raden Jayasana datang ke kawasan yang sekarang disebut Cianjur, sejatinya telah terdapat suatu pemerintahan yang sudah berdiri sejak ratusan tahun, pemerintahan tersebut berupa kerajaan yang namanya Kerajaan Jampang Manggung yang berlokasi di gunung Mananggel.

Disebutkan bahwa saat Raden Jayasana alias Dalem Cikundul datang, Kerajaan Jampang Manggung tengah dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Laksajaya. 

Karena kondisi sang raja yang lumpuh ditambah tidak memiliki putera, pemerintahan dijalankan oleh wakilnya, Patih Hibar Palimping. 

Saat Raden Jayasana datang, rakyat Jampang Manggung sudah banyak yang menganut agama Islam dan memiliki mata pencaharian sebagai petani huma.

Patih Hibar menikahkan puterinya, Dewi Amitri dengan Raden Jayasana karena tertarik dengan kedalaman ilmu agama Islam dan keahliannya mengembangkan ilmu pertanian baru bernama “huma banjir” yaitu penanaman padi khas Mataram yang menggunakan air.

Hibar Palimping tidak memiliki seorang putera maka saat dia memutuskan menjadi seorang ulama, pemerintahan lantas diserahkan kepada menantunya tersebut.

Setelah menerima limpahan kekuasaan dari Patih Hibar, Raden Jayasana yang kemudian menyebut dirinya sebagai Aria Wiratanu memindahkan pusat pemerintahan dari kaki Gunung Mananggel ke kawasan yang hari ini disebut sebagai Cibalagung. 

Aria Wiratanu kemudian memberi nama baru dari daerah yang dia pimpin itu menjadi Kadaleman Cikundul, yang merupakan cikal bakal Kabupaten Cianjur sekarang. [berbagai sumber: jayadewata]

Respon (215)

  1. Artikel mengatakan Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Keberadaan batu dengan cetakan telapak kaki tersebut hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh semak belukar dan rerumputan serta ranting-ranting yang berserakan.
    Orang Cianjur dan sekitarnya mengenalnya sebagai batu Sanghyang Tapak

  2. Cianjur kota yang d mana saya lahir ternyata bnyak sekali sejarah sejarah yang saya blum ketahui,setelah membaca artikel ini semoga sejarah sejarah ini bisa d lestarikan terus sampe kapanpun

  3. Sesudah mengetahui sejarah sunda khususnya kerajaan jampang mangung pengetahuan sy jadi bertambah dan jd tahu ttg keberadaan batu sanghyang tapak di gunung mananggel.

  4. asal muasal Sebuah pahatan telapak kaki kiri yg tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Keberadaannya ada di puncak gunung mananggel dan dikenal dengan sebutan batu Sanghyang Tapak.

  5. Setelah saya membaca artikel ini saya menjadi tahu bagaimana sejarah nya Cianjur dahulu,ini menambah wawasan bagi saya.

  6. Setelah saya membaca artikel ini saya menjadi tahu bagaimana sejarah nya Cianjur dahulu,ini menambah wawasan saya

  7. Setelah membaca Artikel tersebut, saya jadi mengetahui tentang salah satu sejarah yang terjadi di Cianjur. Dan menambah wawasan tentang sejarah yang saya tau.

  8. Dengan membaca artikel ini saya lebih mengetahui sejarah tentang kota Cianjur,memperluas pengetahuan dengan adanya peninggalan batu tapak kaki itu jdi ada peninggalan dari ssepuh dulu

  9. Dari artikel di atas menceritakan tentang batu Sanghyang tapak. Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam. Keberadaan batu tersebut sudah lama dari jaman kerajaan sekitar tahun 406-407 M.

  10. Artikel diatas menjelaskan asal muasal Sebuah pahatan telapak kaki kiri yg tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Keberadaannya ada di puncak gunung mananggel dan dikenal dengan sebutan batu Sanghyang Tapak.

  11. membaca artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang bagaimana dahulunya sejarah kota Cianjur, yang asalnya saya tidak tahu menjadi tahu salah satu sejarah di kota Cianjur.Ternyata memang begitu penuh sejarah kota Cianjur ini, yang salah satunya yaitu kota Cianjur pernh menjadi ibu kota kerajaan jampang manggung dan ditemukannya peninggalan telapak kaki di gunung manggel.

  12. setelah saya membaca artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang bagaimana dahulunya sejarah kota Cianjur, yang asalnya saya tidak tahu menjadi tahu salah satu sejarah di kota Cianjur.Ternyata memang begitu penuh sejarah kota Cianjur ini, yang salah satunya yaitu kota Cianjur pernh menjadi ibu kota kerajaan jampang manggung dan ditemukannya peninggalan telapak kaki di gunung manggel.

  13. Baru tahu Ternyata dibalik pahatan telapak kaki yang ada di gunung mananggel tersimpan sejarah yang sangat menarik,mantap

  14. Artikel ini bagus dan menarik,karena dengan artikel ini kita yang awam akan sejarah cianjur menjadi paham dan tau.saya harap artikel seperti ini lebih banyak agar kita tau sejaraj besar tentang kota ini.

  15. Artikel diatas sangat menambah wawasan saya,saya jadi lebih tahu sejarah kota Cianjur di masa dahulu dan saya bangga menjadi warga Cianjur karena banyak cerita menarik tentang kota Cianjur ini.

  16. Baru tahu Ternyata dibalik pahatan telapak kaki yang ada di gunung mananggel tersimpan sejarah yang sangat menarik,mantap

  17. Artikel ini menambah wawasan saya yg asalnya tidak tau akhirnyah saya jadi tahu tentang sejarah yg ada di Cianjur ,sebagai warga Cianjur saya bangga karna banyak sekali terdapat sejarah yg ada di Cianjur yg menarik dan bisa jadi media pembelajaran.

  18. Dari artikel diatas menjelaskan tentang penjelasan asal muasal Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm.Batu Sanghyang Tapak berada tepat di puncak Gunung Mananggel, bukit berketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut (dpl). menarik mengetahui bahwa keberadaan
    Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  19. Setelah membaca artikel ini akhirnya saya tau kalau Cianjur pernah memiliki kerajaan, dan bisa menambah pengetahuan

  20. Sesudah mengetahui sejarah sunda khususnya kerajaan jampang mangung pengetahuan sy jadi bertambah dan jd tahu ttg keberadaan batu sanghyang tapak di gunung mananggel.

  21. Artikel ini sangat berfaedah , karna notabenenya masyarakat asli Cianjur pun belum mengetahui sejarah asal usul Cianjur bahkan syang yang tapak ini . Seharunya kita lebih mensosialisasikan tentang sejarah lokal kepada masyarakat setempat

  22. Setelah membaca artikel ini saya yang awal nya tidak tahu sekarang menjadi tahu,kita harus melestarikan budaya tradisional

  23. Setelah membaca artikel ini saya menjadi tau bahwa masih banyak lagi sejarah yg ada dicianjur, dan mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih tentang sejarah di cianjur. Artikel ini sangat bermanfaat menurut saya

  24. Setelah membaca artikel kita hrs lbh meningkatkan kesadaran akan situs situs yg ada d sekitar kita dan melestarikan nya

  25. Artikel ini benar² menambah wawasan,dan pengetahuan saya tentang sejarah² gunung manangel yang belum saya ketahui dan artikel ini juga menambah wawasan baru bagi para pembacanya yang baru membacanya.

  26. Ternyata di Cianjur masih banyak sejarah yang belum saya ketahui,dan artikel ini sangat menambah wawasan saya yang asalnya tidak tahu menjadi tau

  27. Dari artikel diatas menjelaskan tentang penjelasan asal muasal Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm.Batu Sanghyang Tapak berada tepat di puncak Gunung Mananggel, bukit berketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut (dpl). Orang Cianjur dan sekitarnya mengenalnya sebagai batu Sanghyang Tapak.

    .

    .

  28. Dari artikel diatas menjelaskan tentang penjelasan asal muasal Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm.Batu Sanghyang Tapak berada tepat di puncak Gunung Mananggel, bukit berketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut (dpl). Orang Cianjur dan sekitarnya mengenalnya sebagai batu Sanghyang Tapak.

  29. Terkadang sejarah yang berjasa ataupun bisa meng edukasilan pelajar sering kali dilupakan oleh pemerintah ataupun kurang nya pemahaman dari generasi ke generasi hingga sejarah pun terlupakan. Namun dengan artikel ini saya mengetahui bahwa awal atau cikal bakal dari cianjur ini.

  30. setelah saya membaca artikel ini sangat bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang bagaimana dahulunya sejarah kota Cianjur, yang asalnya saya tidak tahu menjadi tahu salah satu sejarah di kota Cianjur.Ternyata memang begitu penuh sejarah kota Cianjur ini, yang salah satunya yaitu kota Cianjur pernh menjadi ibu kota kerajaan jampang manggung dan ditemukannya peninggalan telapak kaki di gunung manggel.

  31. Dengan adanya artikel ini saya jadi lebih tau tentang sejarah Cianjur, dan kita harus menjaga dan melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarang itu juga adalah sebagian kecil kita menjaganya

  32. Masih banyak sejarah sejarah yg belum kita ketahui yg terdapat di Cianjur ini, dan kita sebagai warga Cianjur harus merawat

  33. Artikel ini sangat bagus karena ini dapat menjadi pembelajaran buat pembacanya, yang asalnya tidak tau menjadi tau bagaimana cikal bakal adanya cianjur, yang dulunya ada kerajaan jampang mananggung yang adanya sebelum cianjur, semestinya warga cianjur lebih melestarikan dan lebih mencari tahu tentang sejarah² yang dulu ada di Cianjur agar mereka mengetahui asal muasal wilayahnya.

  34. Ternyata masih banyak sekali sejarah yang terdapat di kota cianjur ini,selanjutnya adalah tugas kita selaku warganya menjaga peninggalan sejarah ini agar tidak sirna oleh waktu.

  35. Dengan adanya artikel ini saya mendapat wawasan dan pengetahuan baru, ternyata ada kerajaan di cianjur yang bernama jampang manggung.

  36. Setelah membaca artikel tersebut,saya mendapatkan wawasan baru tentang sejarah kota cianjur. Semoga cianjur makin jaya ke depan nya. Dan artikel ini sangat bermanfaat.

  37. Setelah saya baca artikel tersebut, saya mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih tentang sejarah Kota Cianjur. Artikel ini sangatlah bermanfaat menurut saya.

  38. Dengan artikel ini mengetahui bahwa di Kota Cianjur masih mempunyai peninggalan benda-benda sejarah yaitu Batu Sanghyang Tapak. Dan artikel ini menambah wawasan tentang sejarah Cianjur

  39. Artikel ini sangat bagus, setelah saya membacanya menambah wawasan saya tentang sejarah di cianjur ini yg belum saya ketahui pada awalnya

  40. Dengan membaca artikel ini membuat si pembaca menjadi menambah wawasan, yang asal nya si pembaca tidak tahu sejarah telapak kaki di gunung mananggel, menjadi tahu sejarahnya

  41. Setelah membaca artikel ini sangat menambah wawasan,saya pribadi belom tau sejarah telapak kaki digunung mananggel tapi setelah membaca artikel ini sedikit ilmu saya dapatkan

  42. Setelah membaca artikel ini, saya jadi tahu bahwa dulu di Kabupeten Cianjur ternyata ada kerajaan Jampang Manggung, dan peninggalan telapak kaki di Gunung Manggel. Artikel ini juga dapat menambah wawasan anak muda Cianjur, akan sejarah dibalik berdiri Kota Cianjur. Nah, kita sebagai generasi muda, harus tetap menjaga sejarah tersebut agar tidak hilang di telan jaman, agar anak cucu kita tahu akan sejarah kota tercintanya ini.❤

  43. Artikel ini sangat bermanfaat karena menambah wawasan kita tentang sejarah sekaligus kita jadi tau sejarah di cianjur

  44. Cerita atau sejarah seperti inilah yang seharusnya diceritakan kembali secara turun temurun kepada generasi muda kota Cianjur. Agar mereka tau kisah asli atau filosofi dalam cerita tersebut.

  45. Setelah membaca artikel ini , sangat menambah wawasan , karena sebelumnya tidak mengetahui sejarah telapak kaki di gunung mananggel

  46. Dari artikel ini saya lebih bisa mengetahui wawasan sejarah, karena Cianjur mempunyai banyak sejarah yang tidak banyak di ketahui oleh orang lain

  47. Dengan adanya artikel ini saya jadi bisa mengetahui beberapa sejarah atau wawasan, karna Cianjur memiliki banyak sejarah termasuk telapak kaki digunung managgel

  48. Setelah membaca artikel ini sangatlah menambah wawasan,karena Cianjur memiliki sejarah dan orang tau blm semuanya tahu

  49. Memang banya pendapat” yang di kemukakan tentang asal-usul nya yang terpenting kita selalu menghargai dan menjaga kebudayaan yang ada agar bisa selalu berkembang khususnya di Cianjur ini

  50. Dengan adanya artikel ini bisa menjdikan khususnya warga cianjur lebih mengenal sejarah cianjur yg blm bnyk orang tau.

  51. Raden Jayasana yang kemudian menyebut dirinya sebagai Aria Wiratanu memindahkan pusat pemerintahan dari kaki Gunung Mananggel ke kawasan yang hari ini disebut sebagai Cibalagung.

  52. Ternyata banyak yang kita tidak tahu akan sejara sejarah yang ada di cianjur ini, namun dari artikel ini memberikan sekilas informasi tentang adanya kerajaan sebelum terjadinya kota cianjur

  53. Dengan adanya artikel ini saya jadi tau bahwa ada kerajaan di kabupaten Cianjur yang belum saya ketahui.

  54. setelah membaca artikel ini, ternyata masih banyak yang belum saya ketahui mengenai jejak kaki bekas ibu kota jampang. Artikel ini sangat membantu sekali untuk pengetahuan kita

  55. Artikel ini sangat menarik dan menambah wawasan saya bahwa ada sebuah kerajaan sebelum Cianjur berdiri yaitu kerajaan Jampang manggung dan adanya tapak kaki pada batu berukuran 30x14cm yang dikenal sebagai batu Sanghyang tapak.

  56. Dari artikel yang saya baca sejarah seperti ini bisa bermanfaat bila dibaca oleh orang yang blm mengetahui sejarah cianjur. Dan dari artikel ini juga saya jadi menambah pengetahuan tentang sejarah cianjur…

  57. Menurut artikel di atas membahas tentang gunung mananggel adanya keberadaan batu dengan cetakan telapak kaki tersebut hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh semak belukar dan rerumputan serta ranting-ranting yang berserakan.Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, pahatan berupa tapak kaki tersebut konon milik seorang sakti yang menguji kehebatan ilmu kanuragannya.

  58. Setelah saya membaca artikel ini saya dapat informasi baru tentang adanya Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  59. Ternyata banyak sekali sejarah yg blm kita ketahui,dan artikel ini menarik sekali karna kita dapat mengetahui ada yang terjadi sebelumnya di kota cianjur ini.

  60. Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa sebelum menjadi Cianjur, Cianjur merupakan kerajaan Jampang manggung, dan dengan membaca artikel ini kita bisa menambah wawasan tentang sejarah Cianjur khususnya warga Cianjur setempat yang tidak mengetahui sejarah cianjur

  61. Setelah membaca artikel ini saya mengetahui bahwa sebelum adanya kabupaten Cianjur ada pemerintah kerajaan Jampang manggung , semoga kedepannya ada lebih banyak artikel yang bisa menambah wawasan

  62. Berkat membaca artikel ini, Banyak sekali sejarah sejarah yang ada di Cianjur ini yang belum kita ketahui, yaitu kerajan Jampang manggung

  63. Berkat membaca artikel ini, banyak sekali sejarah sejarah yang ada di Cianjur ini yang baru kita ketahui, yaitu kerajan Jampang manggung

  64. Saya sudah pernah melihat batunya dan pernah mendengar asal usulnya tapi saya tidak yakin, setelah membaca artikel ini saya jadi tau dan yakin serta menambah wawasan tentang Cianjur kota kita tercinta

    1. Dengan membaca artikel ini kita bisa menambah wawasan tentang sejarah Cianjur khususnya warga Cianjur setempat yang tidak mengetahui sejarah cianjur

  65. Banyang yang tidak saya ketahui tentang cianjur tapi setelah membaca ini saya menjadi tau beberapa hal tentang cianjur

  66. Sangat menambah wawasan bagi saya, semoga kedepannya banyak artikel yang mengungkap tentang sejarah sejarah lainnya.

  67. Sangat menambah wawasan bagi saya, semoga kedepannya banyak artikel yang mengungkap tentang sejarah sejarah lainnya

  68. Setelah saya membaca artikel ini saya jadi mengetahui bahwa kabupaten cinjur memiliki banyak sejarah salah satunya yang ada didalam artikel ini. Artikel sejarah seperti ini bisa bermanfaat bila dibaca oleh orang yang blm mengetahui sejarah cianjur. Dan dari artikel ini juga saya jadi menambah pengetahuan tentang sejarah cianjur…

  69. Artikel ini sangat bagus menurut saya karena ini dapat menjadi pembelajaran, saya pun menjadi lebih tauu bagaimana cikal bakal adanya cianjur dan adanya kerajaan jampang mananggung yang adanya sebelum cianjur. Dan memang seharusnya warga cianjur lebih melestarikan dan lebih mencari tahu tentang sejarah sejarah yang dulu agar mereka mengetahui asal muasal wilayahnya.

  70. Artikel ini menambah wawasan saya yg asalnya tidak tau akhirnyah saya jadi tahu tentang sejarah yg ada di Cianjur ,sebagai warga Cianjur saya bangga karna banyak sekali terdapat sejarah yg ada di Cianjur yg menarik dan bisa jadi media pembelajaran.

    1. Dengan membaca artikel ini saya menjadi tahu bahwa sebelum menjadi Cianjur, Cianjur merupakan kerajaan Jampang manggung.dan dengan membaca artikel ini kita bisa menambah wawasan tentang sejarah Cianjur khususnya warga Cianjur setempat yang tidak mengetahui sejarah cianjur

  71. Menjadi tau tentang sejarah cianjur lebih dalam dan menambah wawasan bahwa sebelum ada cianjur ada sebuah kerajaan yang harus kita ketahui karena itu adalah warisan turun menurun di cianjur.

  72. Ternyata dibalik pahatan telapak kaki yang ada di gunung mananggel tersimpan sejarah yang sangat menarik. Wow!!

  73. Setelah saya baca artikel di atas, saya jadi lebih tau dan menambah wawasan sejarah tentang Gunung mananggel “Batu sanghyang Tapak”. Semoga peninggalan tersebut dapat di lestarikan dengan baik agar tidak punah dan hilang.

  74. Banyak sejarah di Cianjur yang belum saya ketahui, termasuk sejarah ini. Terimakasih karena berkat membaca artikel ini, dapat menambah wawasan pengetahuan saya.

  75. Ternyata belum banyak orang yang tau tentang sejarah kota cianjur, dan pasti banyak sekali yang belum tau asal usul nya “batu sanghyang tapak” karena memang keberadaan nya pun sudah tak tampak karena tertutupi oleh semak semak.

  76. Menambah wawasan tentang sejarah Cianjur yang belum banyak orang tau,semoga sejarah-sejarah yang ada di Cianjur tidak terlupakan

  77. Setelah membaca artikel ini, saya menjadi tahu sejarah tentang gunung mananggel, dan tentang Sanghyang tapak, saya mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih luas lagi.

  78. Banyak sekali sejarah – sejarah yang ada di Cianjur yang belum kita ketahui, dan dari Artikel ini kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang asal usul Cianjur pada zaman dahulu. Semoga peninggalan tersebut dapat dijaga dan dilestarikan.

  79. Ternyata Cianjur mempunyai sejarah yang banyak sekali, salah satu contohnya peninggalan Batu Sanghyang Tapak. Semoga saja peninggalan bisa dijaga dengan baik supaya tidak hilang/punah.

  80. Banyak yang belum saya tahu sebelumnya tentang sejarah Cianjur, tapi setelah membaca artikel ini sedikit banyaknya menambah wawasan saya terhadap sejarah Cianjur.

  81. Bebagai spekulasi mengenai asal usul batu sanghyang tapak, menunjukkan bahwa dulunya Indonesia memiliki beragam kerajaan dengan keunikan kebudayaannya, yang patut untuk kita bangga dan lestarikan agar terjaga ke arifannya.

  82. Menurut saya artikel diatas adalah artikel yang mengandung unsur sejarah. Dan sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Cianjur yang memang belum mengetahui ada peninggalan bersejarah di Cianjur ini. Dan semoga peninggalan ini bisa terus dijaga ke lestari nya dan bisa menjadi daya tarik tersendiri nantinya.

  83. Dari artikel ini kita dapat menambah wawasan tentang sejarah yang ada di cianjur,dan adanya keberadaan Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  84. Dari artikel ini kita dapat menambah wawasan tentang sejarah yang ada di cianjur,dan adanya keberadaan Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  85. Dari artikel tsb, dapat saya simpulkan bahwa jangan pernah melupakan sejarah nenek moyang kita. terutama sejarah tentang cikal bakal suatu kota yg kita tempati. serta kita harus senantiasa menjaga tempat tempat bersejarah, maupun peninggalan nenek moyang kita.

  86. ternyata cianjur memiliki sejarah tentang jejak kaki,kita sebagai pemuda cianjur harus menjaga dan memeliharanya

  87. Setelah membaca artikel ini, kita yang sebelumnya tidak tahu peristiwa sejarah,menjadi lebih tau. Sebab itu kita sebagai warga cianjur, harus terus mencari peristiwa sejarah, melestarikan dan menjaganya. Peninggalan-peninggalan sejarah seperti inilah yang harus kita jaga

  88. Dari artikel di atas , saya ingin mengajak wargi-wargi cianjur untuk menjaga terus sejarah cianjur dan peninggalan² yang bersejarah di cianjur , termasuk batu sanghyang ngapak ini memiliki cerita sejarah tentang adanya batu sanghyang ngapak ini di gunung mananggel dan cerita ini merupakan cerita yang bersejarah bagi warga/wargi cianjur , semoga tetap saling menjaga warisan sejarah di cianjur

  89. Sebelum terdirinya kabupaten Cianjur, ada pemerintah sebelumnya yaitu kerjaan Jampang ,ini menunjukan Indonesia itu kaya akan sejarah

  90. Kita sebagai pemuda rakyat Cianjur harus ikut menjaga dan mengetahui semua sejarah sejarah yang ada dan peninggalan peninggalannya

  91. Batu itu merupakan sejarah cianjur, kita sebagai masyarakatnya harus ikut menjaga, dan mengetahui peninggalan peninggalan sejarah yang ada di cianjur

    1. Ternyata Cianjur memiliki banyak sejarah yang belum saya ketahui setelah membaca artikel ini menambah ilmu pengetahuan sejarah saya

  92. Artikel ini sangat menarik dan menambah wawasan saya bahwa ada sebuah kerajaan sebelum Cianjur berdiri yaitu kerajaan Jampang manggung dan adanya tapak kaki pada batu berukuran 30x14cm yang dikenal sebagai batu Sanghyang tapak.

  93. Dari artikel diatas saya dapat mengetahui sejarah yang ada di cianjur, semoga peninggalan tersebut dapat di jaga dan di pelihara dengan baik

  94. Sejarah batu sanghyang Orang cianjur dan sekitar nya mengenal nya batu sanghyang tapa kerajaan jepang manggung tengah di pinpin oleh seorang raja bernama prabu laksajaya

  95. Setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui sejarah yang ada di Cianjur. Ternyata keberadaan kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada tahun 1677. Dan memiliki Batu Sanghyang Tapak, yaitu Cianjur Bekas Ibu Kota Kerajaan Jampang Manggung, yang berada tepat di puncak Gunung Mananggel. Dengan begini kita harus menjaga peninggalan zaman dahulu agar tetap terawat agar tetap menjadi sejarah di daerah Cianjur ini.

  96. Dengan adanya artikel ini saya dapat mengetahui sejarah yang ada di Cianjur ini. Ternyata keberadaan kerajaan Jampang Manggung, jauh mendahului kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada tahun 1677. Dan memiliki “Batu Sanghyang Tapak” Cianjur Bekas Ibu Kota Kerajaan Jampang Manggung, yang berada tepat di puncak Gunung Mananggel. Dengan begini kita harus menjaga peninggalan zaman dahulu agar tetap terawat. Dan akan menjadi sejarah di daerah Cianjur ini.

  97. semoga tapak tersebut dapat dijaga dan dipelihara oleh pemkab karena agar menjadi sejarah cianjur bagi orang yang belum mengetahui sejarah cianjur

  98. Wallahualam. Tidak ada seorangpun dilangit dan dibumi yang mengetahui perkara ghaib selain Allah. Tetapi dengan adanya peninggalan tersebut merupakan bukti kebesaran Allah terhadap ciptaannya. Allahulmustaan

  99. Dengan ada nya artikel ini saya menjadi tahu bahwa ada Sebuah pahatan telapak kaki kiri milik salah satu keturunan raja-raja Jampang Manggung.

  100. Ternyata memang banyak sejarah Cianjur yg kita belum tau salah satunya Batu Sanghyang Tapak.saya jadi tahu bahwa Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  101. Ternyata banyak yang kita tidak tahu akan sejara sejarah yang ada di cianjur ini, namun dari artikel ini memberikan sekilas informasi tentang adanya keberadaan Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

  102. Wow! Ternyata memang banyak sejarah Cianjur yg kita belum tau salah satunya “Batu Sanghyang Tapak” yang merupakan Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Semoaga sejarah Cianjur ini bisa terus terpelihara terutama oleh warga Cianjur sendiri.

  103. Dalam artikel ini kita belajar sejarah yaitu batu sanghyang tapak adalah salah satu peninggalan kerajaan yang pernah berdiri di cianjur

  104. Dengan ada nya artikel tersebut dapat menyampaikan informasi apa yang sebenarnya terjadi dan orang yang belum tahu jadi mengetahui tentang sejarah tersebut

  105. Berkat artikel ini saya jadi mengetahui sejarah cianjur
    Sepert Kota Kerajaan Jampang Manggung , telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm dll. Semoga artikel ini bermanfaat bagi orng yang belum tahu sejarah kota Cianjur .

  106. Dengan adanya artikel ini orang yang belum tahu asal usul nya menjadi tau dan paham akan peristiwa yang pernah terjadi

  107. Dari artikel diatas pernah ditemukan Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm.Orang Cianjur dan sekitarnya mengenalnya sebagai batu Sanghyang Tapak.Batu Sanghyang Tapak berada tepat di puncak Gunung Mananggel, bukit berketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut (dpl). Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, pahatan berupa tapak kaki tersebut konon milik seorang sakti yang menguji kehebatan ilmu kanuragannya.Disebutkan bahwa saat Raden Jayasana alias Dalem Cikundul datang, Kerajaan Jampang Manggung tengah dipimpin oleh seorang raja yang bernama Prabu Laksajaya. Aria Wiratanu kemudian memberi nama baru dari daerah yang dia pimpin itu menjadi Kadaleman Cikundul, yang merupakan cikal bakal Kabupaten Cianjur sekarang.

  108. Dari artikel di atas dapat kita ketahui salah satu sejarah Cianjur yaitu “Batu Sanghyang Tapak” yang merupakan Sebuah pahatan telapak kaki kiri tercetak jelas pada batu hitam berukuran sekitar 30 x 14 cm. Keberadaan batu dengan cetakan telapak kaki tersebut hampir tidak terlihat karena tertutupi oleh semak belukar dan rerumputan serta ranting-ranting yang berserakan dan mempunyai Kerajaan yang bernama Kerajaan Jampang Manggung.
    Artikel ini sangat bermanfaat bagi para pelajar.

  109. Setelah saya membaca artikel tersebut, bisa menambahkan pengetahuan dan wawasan tentang sejarah dikota cianjur yang belum kita ketahui sebelumnya.

  110. artikel disini bisa memperbanyak pengetahuan buat pembaca karena sejarah-sejarah dicianjur dan sekarang ulama besar dicianjur yang bernama arya wiratanu banyak di ziarahi masyarakat

  111. Berkat artikel ini yang saya baca dapat bertambah ilmu pengetahuan dengan adanya kerajaan jampang manggung di kabupaten Cianjur

  112. Semenjak saya membaca artikel ini, saya tahu banyak tentang sejarah Cianjur terutama tentang keberadaan nya telapak kaki di gunung mananggel

  113. Wow! Bnyak sekali pengetahuan tentang “sejarah cianjur” yang kita dapat dan keTahui sesudah memBaca Artikel ini.. Ternyata keberadaan Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur.

  114. Salah satu sejarah orang yang sakti dari daerah Cianjur iji adalah Sanghyang Tapak yang bisa loncat dari gunung ke gunung, itulah keren nya zaman zaman dahulu mantep pisan euy

  115. Saya kira hanya di Gunung Padang mempunyai batu yang ada jejak kakinya. Ternyata di tempat lain juga ada. Terima kasih memberi tahu saya tentang info menarik ini.

  116. Saya baru tahu sekarang kalau ada batu pahatan telapak kaki kiri di Cianjur, saya juga berterima kasih kepada artikel ini sebab adanya artikel ini saya jadi tahu tentang sejarah asli Cianjur.

    1. Artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang asal usul Cianjur pada zaman dahulu.
      Setelah membaca artikel ini saya jadi tahu bahwa Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

      1. Dari artikel ini saya dapat menambah wawasan sejarah yang ada di cianjur, dan mengetahui asal-usul keberadaan batu Sanghyang Tapak.

  117. Pada artikel ini,kita dapat mengetahui bahwa Cianjur pada jaman dulu punya kerajaan yang bernama Jampang Manggung.

  118. Sebelum adanya artikel ini saya tidak mengetahui bahwa di Cianjur dulu pernah ada kerajaan,tetapi sesudah membaca artikel ini saya menambah pengetahuan tentang kabupaten Cianjur dengan adanya kerajaan jampang manggung.

  119. Berkat artikel ini saya jadi mengetahui apa yang sebelumnya belum saya ketahui , menarik mengetahui bahwa keberadaan
    Kerajaan Jampang Manggung jauh mendahului Kabupaten Cianjur yang baru didirikan pada 1677.

    1. Banyak sejarah di Cianjur yang belum saya ketahui, termasuk sejarah ini. Terimakasih karena berkat membaca artikel ini, dapat menambah wawasan pengetahuan saya.

  120. Membaca artikel ini kita mengetahui bahwa sebelum adanya Kabupaten Cianjur ada nya pemerintahan lain yaitu kerajaan jampang manggung

    1. Ternyata sejarah nya seperti ini, saya baru tahu ada jejak kaki bekas Ibu Kota Jampang, artikel ini sangat cocok untuk para pelajar yang belum tau sejarah Kabupaten Cianjur

      1. Cianjur kota yang d mana saya lahir ternyata bnyak sekali sejarah sejarah yang saya blum ketahui,setelah membaca artikel ini semoga sejarah sejarah ini bisa d lestarikan terus sampe kapanpun

          1. Setelah saya baca artikel tersebut, saya mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih tentang sejarah Kota Cianjur. Artikel ini sangatlah bermanfaat menurut saya.

          2. Artikel diatas sangat sangat nambah wawasan saya tentang cianjur, dan saya jadi tau sejarah cianjur yang dulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.