589 views

Distribusi Bansos Tahap II Provinsi Jawa Barat Mendekati Angka Seratus Persen

Distribusi Bansos Jabar

[BP] – Tatar Sunda

Proses distribusi bantuan sosial (bansos) tahap II Provinsi Jawa Barat sudah beres dilaksanakan. 

Nilai Persentase penyaluran hampir mendekati angka  100 persen. Dari 1.392.407 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) penerima bansos, hanya 9.598 paket atau 0,6 persen yang gagal serah. 

Data tersebut menunjukan bahwa pendataan yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar memiliki tingkat akurasi yang baik dan akurat. 

Menurut Asisten Daerah (Asda) Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar sekaligus Ketua Tim Penyaluran Bansos Provinsi Jabar Dudi Sudradjat Abdurachim, saat ini terdapat 23 tahap cleansing data penerima bansos provinsi pada tahap II. 

“Kami menyinkronkan kode kabupaten/kota, memastikan NIK valid, memeriksa pekerjaan, sampai mengecek nama dan alamat penerima bansos. Banyaknya tahapan cleansing data membuat data penerima bansos semakin akurat,” kata Dudi, Jumat (4/9) dikutip dari laman resmi pemprov.

Dalam hal ini, Pemda Provinsi Jabar telah berkoordinasi dengan dengan sejumlah pihak, seperti Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), supaya tidak ada penerima bansos ganda. 

Menurut Dudi, hasil evaluasi distribusi bansos tahap I menjadi pertimbangan, seperti mengganti komoditas telur menjadi susu dan masker kain. 

Dudi mengatakan waktu pendistribusian hampir sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Walaupun ada keterlambatan, tapi itu tidak lebih dari 3 hari.

Lebih lanjut Dudi menjelaskan, hingga pendistribusian bansos tahap II selesai, pihaknya belum menerima laporan adanya penyimpangan. 

Mitra kerja yang kredibel dalam pengadaan barang dan jasa pengiriman, yakni Perum Bulog dan PT Pos Indonesia, membuat distribusi bansos provinsi berjalan dengan lancar dan optimal. 

Dudi mengatakan, Pemda Provinsi Jabar melalui Surat Perintah Sekretaris Daerah Jabar menugaskan para Eselon II sebagai petugas penghubung (liaison officer). Penugasan tersebut bertujuan untuk monitoring evaluasi, menyelesaikan dan mengantisipasi hambatan dalam penyaluran bansos provinsi. 

Bansos provinsi tahap II dalam hal pendistribusian disertai pelaporan ketat sesuai dengan data yang ada.

Paket secara langsung diserahkan ke penerima oleh petugas, sesuai dengan kartu identitas mereka. 

Apabila data nama dan alamat tidak sesuai, maka paket bansos provinsi akan dikembalikan untuk dilaksanakan verifikasi ulang. [jayadewata]

Respon (26)

  1. sangat bagus sekali pemerintah dalam kinerjanya walaupun ditengah pandemi seperti ini pemerintah dapat membantu masyarakat

  2. Mantap betul kerja pemerintah ini, saya sangat mengapresiasi nya. Semoga saja banyak orang yang meniru contoh pemerintah ini walaupun dari hal yang kecil.

  3. Alhamdulillah, dengan adanya bantuan dari pemerintah dapat membantu sekali untuk orang orang yang lebih membutuhkan disaat situasi pandemi sprti ini yang sangat krisis pada lajunya perekonomian. Semoga selalu berjalan dengan lancar.

  4. Alhamdulillah saya sangat berterima kasih sekali semoga program ini berjalan lancar. Semoga di meringankan beban masyarakat di tengah pandemi ini.

  5. Saya berterima kasih.sebanyak banyaknya, semoga program bansos ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak salah sasaran

  6. Saya mengapresiasi usaha pemerintah dalam membantu masyarakat. Distribusi bansos tahap ll provinsi Jawa Barat bahkan mendekati angka seratus persen.

  7. Benar benar berterima kasih kepada kinerja pemerintah. Semoga bantuan bansos bermanfaat dan diberikan kepada orang orang yang membutuhkan.

  8. Benar benar berterima kasih kepada kinerja pemerintah. Berkat kinerja nya masyarakat bisa mendapatkan bansos. Semoga bantuan bansos bermanfaat dan diberikan kepada orang orang yang membutuhkan.

  9. Luar biasa. Kegiatan bansos ini pasti sangat membantu masyarakat yang sangat membutuhkan dan meringankan beban mereka.

  10. Sangat bagus semoga bisa mengapresiasi dan banyak yg menyumbang agar bisa menambah lebih banyak dan alhamdulilah sekarang banyak sekali semoga bisa membantu yang benar banar membutuhkan

  11. pastinya berterimakasih sebanyak banyaknya pada kinerja pemerintah yang sangat sangat kerja keras dan masyarakat pun saya terbantu dengan adanya program ini

  12. alhamdulillah banyak sekali bansos ke II ini semoga diberikannya kepada orang orang yang benar benar membutuhkan

      1. Sangat mengapresiasi semoga pemerintah dapat terus membatu perekonomian masyarakat di masa pandemi seperti ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.