2,026 views

Laksamana Malahayati: Bunga Aceh Yang Perkasa #1

Laksamana Malahayati

[BP] – Tatar Sunda

Dunia memiliki banyak tokoh sejarah yang mendunia akan kehebatan dan juga keberanian mereka. Mereka hampir semuanya didominasi oleh kaum Adam.

Mungkin di antara kita ada yang sudah mengenal atau bahkan mungkin sama sekali tidak tahu sebuah nama milik seorang wanita perkasa.

Nama tersebut telah banyak menggentarkan musuh-musuhnya dan menjadi momok yang sangat menakutkan bagi mereka.

Nama itu ialah Malahayati yang hidup antara tahun 1560-1607 dari Kesultanan Aceh Darussalam.

Laksamana Malahayati merupakan wanita pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut.

Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka bisa meraih apapun yang diinginkan.

Berbangga hatilah bangsa kita karena memiliki seorang wanita luar biasa yang bernama Malahayati.

Kedatangan Orang Belanda Ke Nusantara

Kedatangan Cornelis de Houtman ke Nusantara pada tahun 1595 dianggap sebagai titik awal penjajahan Belanda kepada bangsa Indonesia selama 350 tahun. 

Padahal Cornelius sendiri justru terbunuh pada pelayaran tersebut dalam pertarungan satu lawan satu di atas geladak kapal. Dan nanti kita akan tahu siapa orang yang membunuhnya.

Masa Kecil Malahayati

Malahayati merupakan putri Laksamana Mahmud Syah. Kakeknya bernama Muhammad Said Syah, seorang laksamana pada Angkatan Laut Kerajaan Aceh. 

Malahayati lahir tahun 1560, pada masa kekuasaan Sultan Alauddin Riayat Syah al-Qahar memerintah Kerajaan Aceh. Masa pemerintahan Sultan Alauddin berlangsung mulai tahun 1537 hingga 1568.

Dari zaman dahulu kala, orang Aceh dikenal sebagai penganut agama yang taat. 

Begitu pula halnya dengan keluarga Laksamana Mahmud Syah. Oleh karena itulah, sejak kecil Malahayati telah dididik agar selalu patuh dan taat menjalankan perintah agama. 

Sejak usia enam tahun, Malahayati telah mulai belajar baca tulis Al Qur’an dengan bantuan kedua orang tuanya. Menginjak usia delapan tahun, Malahayati kemudian belajar ilmu agama dengan berguru kepada Tengku Jamaludin Lam Kra, seorang ulama dan sekaligus pemimpin pesantren putri di Banda Aceh. 

Dua tahun kemudian diteruskannya dengan belajar di Dayah Inong dan mulailah ia memperdalam ilmu fikih, akidah, akhlak dan bahasa Arab. 

Selain itu, di rumah pun Malahayati masih menyempatkan diri belajar bahasa asing dari guru yang khusus didatangkan oleh orang tuanya. 

Sehingga tak heran apabila kelak kemudian hari setelah ia dewasa, bukan saja pandai berbahasa Arab tetapi juga mahir berbahasa Inggris, Perancis, Spanyol di samping bahasa Melayu dan Aceh sebagai bahasa ibunya.

Malahayati sering diajak ayahnya ke pelabuhan melihat-lihat kapal dagang dan kapal perang milik kerajaan Aceh. 

Malahayati kecil sendiri menyukai hal itu. Bahkan tak jarang pula ia diajak menyaksikan latihan perang-perangan di laut yang dilakukan oleh kapal-kapal perang Aceh. 

Bermula dari situlah kemudian tertanam jiwa cinta lautan yang kelak kemudian hari mengantarkan Malahayati menjadi Laksamana Kerajaan Aceh yang disegani kawan maupun lawan dan paling masyhur namanya.

Pada masa itu, sebagian wilayah semenanjung Malaka telah jatuh ke tangan bangsa Portugis. Bangsa Eropa itu banyak memungut keuntungan dari hasil bumi atas wilayah yang didudukinya. 

Bagi Aceh sendiri, kekuasaan Portugis di Malaka itu merupakan ancaman.

Tidak menutup kemungkinan apabila Aceh lengah, Portugis akan menyerang Aceh. 

Kekhawatiran itu bukan saja dirasakan oleh kerajaan Aceh, tetapi juga oleh Banten yang ada di daerah Tatar Sunda.

Maka pada tahun 1575, armada perang kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Laksamana Mahmud Syah dan armada Banten yang dipimpin oleh Pangeran Arya bin Maulana Hasanuddin menyusun kekuatan bersama dan melakukan serangan terhadap Portugis di Malaka.

Dalam pertempuran dekat pangkalan La Formosa, armada Aceh dan Banten mendapat perlawanan sengit.

Laksamana Mahmud Syah gugur di atas kapal komandonya yang bernama Seulawah Agam. 

Kematian pimpinan armada perang laut Aceh membuat pertempuran tak dapat dilanjutkan lagi. 

Pada akhirnya Armada Banten menarik diri hingga ke Jepara, sementara itu armada Aceh mundur sampai ke Pulau Bengkalis.

Mendengar peristiwa kematian ayahnya itu, hati Malahayati kecil sangat terpukul dengan kepergian ayahandanya untuk selama-lamanya. 

Ia sering murung dan mengeluh. Dia sering berfikir seandainya terlahir sebagai seorang pria, tentu ia dengan mudah menjadi laksamana dan menuntut balas kematian sang ayah.

Keluh-kesahnya itu sering diutarakannya kepada gurunya, Tengku Ismail Indrapuri. Gurunya itulah yang dengan sabar dan membesarkan hatinya, memberinya nasihat-nasihat yang memberikan semangat.

Kata-kata nasihat yang menggugah itulah yang akhirnya mendorong semangat Malahayati untuk bersumpah bahwa kelak apabila dewasa akan berjuang melawan penjajah.

Malahayati Menjadi Laksamana Armada Perang Aceh.

Tersebutlah Laksamana Muda Ibrahim, dia  adalah salah seorang perwira bawahan mendiang Laksamana Mahmud Syah. Ia ikut pula memperkuat barisan armada laut Aceh ketika melakukan penyerbuan terhadap Portugis di Malaka.

Dengan Laksamana Muda Ibrahim itulah Malahayati menikah. Ketika itu, usia Malahayati barulah 17 tahun. 

Laksamana Muda Ibrahim kemudian diangkat sebagai Panglima Armada V Kerajaan Aceh oleh Sultan Mansur Syah. 

Sebagai seorang istri, Malahayati mengikuti suaminya pula ketika Laksamana Ibrahim harus bertugas dan berpangkalan di Pulau Rupat.

Pada suatu hari, kapal perang Aceh tengah mengadakan patroli. Ketika melayari perairan Pulau Alang Besar, patroli itu berpapasan dengan dua kapal kecil yang terapung-apung terbawa ombak tak tentu arah. 

Kapal kecil itu adalah pengangkut rempah-rempah dari Banten. Tetapi secara tiba-tiba kapal kecil itu dihadang oleh perahu Portugis. 

Mereka dipaksa menyerahkan rempah-rempah yang dibawanya sebelum sampai di tempat tujuan. Pedagang-pedagang dari Banten itu bukannya tidak melawan.

Mereka melakukan perlawanan, meski harus ditebus dengan korban jiwa dan menderita luka-luka. Dua kapal kecil itulah yang berhasil selamat dan meloloskan diri. 

Adapun kapal-kapal yang penuh muatan rempah-rempah lainnya berhasil dirampas dan kapal beserta awaknya ditenggelamkan.

Pedagang Banten itu segera ditolong, yang luka segera dirawat, sedang yang telah meninggal dimakamkan dekat pantai Pulau Alang Besar. 

Sementara itu pula, setelah mendapatkan laporan tentang peristiwa itu, armada laut Aceh  segera mengadakan pengejaran. 

Laksamana Muda Ibrahim memimpin pengejaran itu di atas kapal komandonya yang bernama Kuta Alam.

Enam kapal Portugis yang diduga melakukan perampasan rempah-rempah pedagang Banten itu berhasil dikejar ketika sedang melayari perairan Tanjung Parit. 

Orang-orang di kapal Portugis menolak ketika kapal patroli Aceh mengisyaratkan untuk melakukan penggeledahan.

Maka akibatnya terjadilah pertempuran laut. Laksamana Muda Ibrahim dengan dibantu istrinya, Malahayati, mengatur serta memberi aba-aba pada kapal patroli Aceh lainnya untuk bergerak dan melumpuhkan perlawanan kapal-kapal Portugis yang berjumlah 6 buah kapal itu. 

Di atas geladak kapal Kuta Alam, Laksamana Muda Ibrahim mengatur siasat pertempuran.

Bunyi dentuman meriam menggelegar dari kedua belah pihak. Sementara suara tembakan bedil saling bersahutan.

Teriakan berbahasa Portugis dan Aceh terdengar dalam suasana pertempuran itu.

Pada saat pertempuran tengah bergejolak dengan ramainya, sebuah peluru meriam kapal Portugis meledak di geladak kapal komando Aceh.

Laksamana Muda itu tak sempat lagi menghindar. ia terkena tembakan meriam itu dan langsung gugur seketika.

Malahayati yang ikut dalam pertempuran itu menyaksikan sendiri kematian suaminya dengan hati yang tabah dan sikap yang tenang.

Kematian suaminya yang juga komandan tempur waktu itu tidak boleh diumumkan kepada awak kapal yang lainnya. 

Mereka tidak menyadari bahwa panglima mereka telah meninggal, sehingga tetap bertempur dengan semangat tinggi.

Malahayati tidak ingin berita gugurnya suaminya, Laksamana Muda Ibrahim mengendorkan semangat juang armada Aceh. 

Kemudian Malahayati secara diam-diam mengenakan pakaian almarhum suaminya. Ia dengan tangkas langsung mengambil alih komando dan memimpin langsung pertempuran.

Dengan pandangan matanya yang tajam dan kecerdasannya yang luar biasa, dia melihat celah dan kelemahan armada Portugis.

Hasilnya sungguh di luar dugaan! Tiga kapal Portugis berhasil ditenggelamkan. Dua kapal lainnya ditawan dan satu kapal lagi berhasil meloloskan diri dari kepungan kapal patroli Aceh.

Di pihak Aceh, satu kapal ditenggelamkan lawan dan dua kapal mengalami kerusakan ringan. Adapun rempah-rempah yang berhasil diselamatkan kemudian diserahkan kembali kepada pedagang dari Banten.

Keberhasilan Malahayati dalam memimpin pertempuran laut melawan Portugis itu segera tersiar ke seluruh wilayah Aceh dan bahkan ke Banten. 

Sultan Maulana Yusuf dari Banten mengirim ucapan selamat atas kemenangan armada Aceh dan menyatakan pula kekagumannya kepada Malahayati. 

Di samping itu, Sultan Banten juga menyampaikan rasa terima kasih karena armada Aceh telah memberikan pertolongan yang begitu tulus kepada pedagang rempah-rempah Banten.

Sultan Mansur Syah atas nama rakyat Aceh menghaturkan penghargaan setinggi-tingginya atas keberhasilan Malahayati, di samping menyatakan rasa belasungkawa atas gugurnya Laksamana Muda Ibrahim.

Atas keberhasilannya itu, dua bulan kemudian, Malahayati diangkat menjadi Wakil Panglima Armada V.

Bersambung.

[berbagai sumber: jayadewata]

Respon (105)

  1. Sangat bangga dengan laksamana malahayati yg menjadi wanita pertama di dunia ygmemegang jabatan militer tertinggi

  2. Dari artikel diatas banyak sekali pelajaran yang diambil. Dan juga dengan adanya artikel tersebut kita menjadi menambah lagi wawasan dan pengetahuan baru yang pastinya sangat berguna bagi kehidupan kita karena artikel ini merupakan salah satu artikel sejarah seseorang laksamana Malahayati yang akan menginspirasi banyak orang.

  3. Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka dapat memperoleh apapun yang mereka inginkan. Perempuan sama ratanya dengan seorang laki laki.

  4. Laksamana mahayati adalah bunga aceh yang perkasa dan merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi meskipun dia seorang perempuan tapi dia bisa menjadi laksamana dimedan perang.

  5. Dari artikel diatas membuat saya kagum dan bangga kepada Laksamana Mahayati sebagai wanita yang memimpin pertempuran melawan Portugis, tanpa mengenal rasa takut beliau melawan Portugis dengan keberanian yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan.

  6. Dari Artikel di atas Laksamana Malahayati merupakan wanita pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut.Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka bisa meraih apapun yang diinginkan.
    Berbangga hatilah bangsa kita karena memiliki seorang wanita luar biasa yang bernama Malahayati.

  7. Setelah membaca artikel ini, wawasan kita menjadi bertambah, dan Laksamana Malahayati merupakan seorang panutan

  8. Laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi, banyak hal positif nya yang bisa kita ambil, sangat mengedukasi

  9. Laksamana mahayati termasuk tokoh wanita yg tanggung yg sangat menginspirasi . Karna tidak ada yg tidak mungkin selain kita berusaha

  10. Meskipun beliau wanita tetapi beliau memiliki jiwa kesatria yang begitu pemberani, dan tidak kalah kompetensinya dengan laki-laki, selama perempuan berani dan memiliki kompetensi, menurut saya pimpinan perempuan dapat diandalkan sebagaimana presiden yang dipimpin oleh laki laki. Dari artikel ini kita dapat mengambil nilai nilai positif yang dapat menginspirasi seorang wanita.

  11. Ketangguhan beliau sangat menginspirasi. Beliau juga membuktikan bahwa perempuan itu tidak lemah dan bisa menjadi pahlawan yang hebat. Sikap juang beliau sangat luar biasa.

  12. Dari artikel banyak nilai nilai yang dapat di ambil, contoh nya seorang wanita pun dapat melakukan apa yang laki laki lakukan, semangat juang yang tak pernah padam, ketangguhan yang tak pernah luntur dari malahayati. Beliau sosok wanita yang sangat mengngagumkan dan membanggakan.

  13. Dari artikel ini kita Banyak sekali mengambil nilai-nilai positif yang sangat menginspirasi dari tokoh laksamana mahayati , laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi perempuan-perempuan.

  14. Dari artikel ini Banyak sekali nilai-nilai positif yang sangat menginspirasi dari tokoh laksamana mahayati , laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan .

  15. artikel laksamana mahayati yang sangat menginspirasi bagi perempuan dan banyak sekali kisah positif yg bisa kita ambil dari laksamana mahayati ini

  16. Dari artikel ini kita bisa belajar bahwa seorang wanita bisa berpendidikan tinggi, dan bisa menjadi sosok pahlawan yang dibanggakan

  17. Setelah selesai membaca artikel ini,banyak sekali nilai positif yang bisa kita ambil. Saya salut dengan Laksamana Malahayati seorang pimpin wanita yang tangguh dan menginspirasi para pemuda pemudi penerus bangsa.

  18. hal ini patut dibanggakan dan diacungi jempol, pasalnya Indonesia memiliki pahlawan wanita yang cerdas, pemberani dan perkasa.

  19. Setelah membaca artikel ini, saya sangat kagum sekali pda beliau, karena meskipun perempuan ia bisa menjadi laksamana di medan perang

  20. Sosok Laksamana mahayati adalah sosok yang sangat menginspirasi karena dia adalah perempuan pertama yg memiliki jabatan militer tertinggi

  21. Laksamana mahayati sangat menginspirasi banyak orang terutama wanita,dan banyak sekali hal positif yang bisa kita petik.

  22. Laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi, banyak hal positif nya yang bisa kita ambil, sangat mengedukasi.

  23. Laksamana mahayati termasuk tokoh wanita yg tanggung yg sangat menginspirasi . Karna tidak ada yg tidak mungkin selain kita berusaha

  24. Laksamana mahayati seorang pemimpin perempuan yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan berani akan sikapnya Yang dapat memimpin pertempuran laut. Banyak sekali sisi positifnya yang bisa kita ambil dari kisah ini.

  25. Setelah membaca artikel ini saya sangat bangga Laksamana Malahayati merupakan wanita pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi

  26. Setelah membaca artikel ini, saya sangat kagum sekali pda beliau, karena meskipun perempuan ia bisa menjadi laksamana di medan perang

  27. Laksamana malahayati sangat menginspirasi dan patut dicontoh perjuangannya sebagai seorang perempuan yang tangguh dan cerdas.

  28. Wanita memang pemberani dibuktikan dengan mahalayati sosok gigih yg mampu menjadi wanita dengan pangkat tertinggi berkat kegigihan nya semoga muncul mahalayati mahalayati yang lain nya di era globalisasi

  29. Memang perlu keberanian yang tinggi dan jiwa yang kuat serta otak yang cerdas untuk membela kebenaran seperti yang dilakukan laksamana mahayati ini. Sikap laksamana ini patut kita contoh

  30. Saya sangat kagum sekaligus bangga pada beliau karena meskipun perempuan beliau bisa menjadi laksamana dimedan perang. Semoga kita bisa mengambil nilai positif dari beliau.

  31. Saya sangat kagum sekaligus bangga pada beliau karena meskipun perempuan beliau bisa menjadi laksamana dimedan perang. Banyak nilai nilai positif yang bisa kita ambil dari artikel ini

    1. Saya kagum pada beliau karena walaupun beliau prempuan beliau bisa membuktikan bahwa kaum hawa juga bsa jadi pemimpin dimedan peperangan.

  32. Mungkin kalo bukan karena artikel ini tidak akan tahu atau mencoba mencari tahu tentang siapa Laksamana Mahalayati ini. Sikap gigih dan perkasanya sebagai perempuan perlu kita contoh,tidak takut akan serangan apapun demi membela tanah airnya hingga rela menggantikan suaminya di medan perang patut dibanggakan.

  33. Malahayati wanita yang benar² luar biasa, sampai saat ini mungkin blm ada wanita yg bisa membandingi kehebatannya, panglima laut pertama di dunia, yang di segani oleh dunia.

  34. WAW! Salut dengan keberanian Malahayati yang dapat menjadi pemimpin untuk menenggelamkan kapal Portugis dengan kecerdasannya, ia pun wanita pertama yang menjadi militer dengan jabatan tertinggi. Dari sini kita tau bahwa wanita itu kuat dan wanita bisa menyeimbangi keberanian laki-laki.

  35. Artikel ini sangat menginspirasi dan ada banyak hal positif yg bisa kita ambil.saya sangat mengapresiasi apa yg dilakukan oleh Laksamana mahayati seorang pemimpin perempuan yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan berani akan sikapnya Yang dapat memimpin pertempuran laut.

  36. Artikel ini sangat menginspirasi dan ada banyak hal positif yg bisa kita ambil.saya sangat mengapresiasi apa yg dilakukan oleh Laksamana mahayati seorang pemimpin perempuan yang berani,tangguh dan gigih akan sikapnya Yang dapat memimpin pertempuran laut.

  37. Laksamana Mahayati merupakan seorang perempuan yang cerdas, gigih dan tangguh yang banyak menginspirasi kaum perempuan lain. Banyak sisi positif yang dapat kita ambil dari kisah nya ini.

  38. sangat salut sekali dgn perjuangan laksamana malahayati, beliau adalah sosok yg sangat patut untk dicontoh , apalg ia menjadi laksamana wanita pertama, itu sangat menginspirasi

  39. Dari artikel yang saya baca di atas laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan, karena perempuan pun bisa meraih apapun yang mereka inginkan.
    Dengan pandangan matanya yang tajam dan kecerdasannya yang luar biasa dia dapat memimpin pertempuran laut melawan Portugis, hingga akhirnya ia pun menang.

  40. saya kagum terhadap laksamana mahayati ,ia seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan,Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari artikel ini, sangat mengedukasi.

  41. Sangat bangga dan salut sekali kepada beliau meskipun suaminya telah meninggal dihadapannya tapi beliau dengan sigap dan berani melawan portugis hingga akhirnya menang. Sikapnya dapat dijadikan contoh bagi semua perempuan bahwa perempuan tidak lemah dan bisa mendapatkan apa yang diinginkan

  42. Dari artikel diatas membuat saya kagum dan bangga kepada Laksamana Mahayati sebagai wanita yang memimpin pertempuran melawan Portugis, tanpa mengenal rasa takut beliau melawan Portugis dengan berani dan tangguh

  43. Setelah membaca artikel tersebut, bahwa kita harus bangga telah mempunyai wanita yang berani dan juga berjuang demi negaranya.dalam hal itu kita bisa mencontohi pejuang laksamana mahayati seorang perempuan hebat dan mahir dalam berperang.

  44. Menurut saya dari artikel diatas ini Saya sangat kagum dengan Laksamana mahayati seorang pemimpin perempuan yang tangguh dan gigih akan sikapnya Yang dapat memimpin pertempuran laut. patut dibanggakan dan diacungi jempol, pasalnya Indonesia memiliki pahlawan wanita yang cerdas, pemberani dan perkasa.
    Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka dapat memperoleh apapun yang diinginkan.

  45. Saya sangat bangga terhadap Mahayati yang menjadikan kaum perempuan tidak dianggap lemah lagi,yang bisa menyetarakan sehingga tidak adanya perbedaan antara wanita dan pria, Mahayati mempunyai sikap yang gigih,berani yang patut kita contoh

  46. Setelah membaca artikel ini saya sangat kagum dengan keberanian Malahayati dapat menjadi pemimpin untuk menenggelamkan kapal Portugis dengan kecerdasannya, ia pun wanita pertama yang menjadi militer dengan jabatan tertinggi. Dari artikel tersebut pun banyak sekali nilai-nilai positif yaitu ia memiliki sikap pemberani, cerdas, tangguh dan ia bisa menjadi seorang pemimpin. Dari kisah Laksana Malahayati pun sangat menginspirasi kita sebagai kaum wanita agar tetap menjadi pribadi yang baik seperti Malahayati.

  47. saya kagum terhadap laksamana mahayati beliau adalah wanita tangguh yang memimpin pertempuran laut melawan portugis.

  48. Dari artikel diatas patut dibanggakan indonesia memiliki wanita yabg cerdas dan pemberani dan sangat menginsprasi bagi para pemuda-pemudi penerus bangsa,mungkin ini yang dimanakan wanita harus berani menghadapi suatu masalah walau resiko nya besar,tanpa melihat status bahwa ia adalah seorang wanita

  49. Saya sangat bangga dengan malahayati karena beliau kaum wanita yang pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut. Kita patut mencontoh kerja kerasnya semoga dapat menjadi inspirasi bagi kaum wanita yang lain.

  50. Saya sangat bangga dengan malahayati karena beliau kaum wanita yang pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut. Kita patut mencontoh kerja kerasnya semoga dapat menjadi inspirasi bagi kaum wanita yang lain.

  51. Menurut saya dari artikel diatas. Saya sangat kagum dengan Laksamana mahayati seorang pemimpin perempuan yang tangguh dan gigih akan sikapnya Yang dapat memimpin pertempuran laut.. Hingga akhirnya ia pun menang.
    Kita juga bisa ambil pelajaran dari artikel diatas bahwa tidak hanya laki laki yang bisa menjadi pemimpin, perempuan pun bisa. Dan banyak sekali nilai nilai positif yang kita bisa ambil dari kisah Laksamana Malahayati .

  52. Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka dapat memperoleh apapun yang diinginkan.Banyak sekali kisah positif yang bisa kita ambil dari kisah laksamana mahayati ini.

  53. hal ini patut dibanggakan dan diacungi jempol, pasalnya Indonesia memiliki pahlawan wanita yang cerdas, pemberani dan perkasa. serta ini sangat menginsprasi bagi muda-mudi penerus banggsa. mungkin ini yang dinamakan emansipasi wanita harus berani menghadapi segala ancaman walau memiliki risiko yang besar dan tanpa melihat status bahwa ia adalah wanita.

  54. patut dibanggakan dan diacungi jempol, pasalnya Indonesia memiliki pahlawan wanita yang cerdas, pemberani dan perkasa. hal ini sangat menginsprasi bagi muda-mudi penerus banggsa. mungkin ini yang dinamakan emansipasi wanita harus berani menghadapi segala ancaman walau memiliki risiko yang besar dan tanpa melihat status bahwa ia adalah wanita.

  55. Very proud with her.. Beliau membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi laksamana
    “Dengan pandangan matanya yang tajam dan kecerdasannya yang luar biasa, dia melihat celah dan kelemahan armada Portugis.” she did it , she show it to they that she can do it too…
    Dia success membuat warga aceh bangga, eum meski her husband passed away but she don’t give up…. Waitt…. If I laksamana mahayati my mind, my heart must being complicated but she are profesional she didn’t give up for make Indonesia Proud.

  56. Dri artikel diatas Laksamana Malahayati merupakan wanita pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut.Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka bisa meraih apapun yang diinginkan.kita bisa melihat dari kisah Kedatangan Orang Belanda Ke Nusantara dan juga Masa Kecil Malahayati yang sungguh mengagumkan yang bisa kita teladani.

  57. Dari artikel diatas Laksamana Malahayati merupakan wanita pertama di dunia yang memegang jabatan militer tertinggi pada sebuah negara berdaulat dan bahkan ikut menentukan nasib negara tersebut.Dia merupakan inspirasi bagi kaum perempuan, bahwa mereka bisa meraih apapun yang diinginkan.kita bisa melihat dari kisah Kedatangan Orang Belanda Ke Nusantara dan juga Masa Kecil Malahayati yang sungguh mengagumkan yang bisa kita teladani.

  58. Banyak sekali pelajaran positif yang dapat kita petik dalam artikel di atas, kisah yang sangat mengInspirasi kita semua, termasuk bagi kaum wanita di Indonesia maupun di dunia. Dengan keBeranian dan keTangguhan nya melawan penjajah yang menjadikan laksamana hayati mnjdi salah satu contoh sikap nasionalisme dalam melawan para penjajah demi kemerdekaan.

  59. Setelah membaca artikel ini saya sebagai pembaca mengetahui tentang bukan hanya laki laki yang bisa menjadi pahlawan bisa juga seorang wanita seperti laksa ana mahayati karena keointaran dan pandangan mata yang tajam untuk melawan pertugis

  60. Benar benar membanggakan, sosok Laksamana Mahayati sangat menginspirasi sekali. Semoga kita semua dapa mengambil hal positif dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

  61. bangga sekali terhadap Laksamana Malahayati dia dari kecil sudah dibimbing oleh orang tuanya untuk taat kepada agama dan juga sangat berbakti kepada orang tua, sedangkan anak-anak zaman sekarang jarang dan bahkan lebih menghiraukan perkataan orang tua mereka
    Semoga generasi zaman now ini ini bisa menuruti apa yang dilakukan Laksamana Malahayati.

  62. Menurut saya laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan, karena perempuan pun bisa meraih apapun yang mereka inginkan.

    Dengan pandangan matanya yang tajam dan kecerdasannya yang luar biasa dia dapat memimpin pertempuran laut melawan Portugis, hingga akhirnya ia pun menang.
    Banyak sekali kisah positif yang bisa kita ambil dari kisah laksamana mahayati ini.

  63. sungguh sangat menginspirasi sekali terutama bagi kaum perempuan, semoga setelah membaca ini kita bisa meneladani sisi positifnya.

  64. Sangat berani mati sekali Laksamana Mahayati walaupun dia wanita tetapi jiwa nya mempunyai jiwa yang kuat seperti kebanyakan pria, inilah yang harus kita contoh wanita yang hebat

  65. Salut dan bangga sekali pada laksamana Malahayati,sosok perempuan pertama yg memiliki jabatan militer tertinggi juga sudah mendalami ilmu agama sejak kecil.Sosoknya bisa menjadi inspirasi bagi semua kaum wanita agar bisa menjalani profesi apapun yg diinginkan bahkan yg biasanya dianggap hanya dilakukan oleh laki laki saja.

  66. Saya sangat kagum dengan keberaniannya dan ke tegarannya walaupun suaminya telah meninggal dia tetap tegar dam malah mengambil alih pasukan dengan cara berpura-pura menjadi almarhum suaminya. Disini kita dapat mengambil hikmahnya bahwa seorang perempuan tidak semua lemah tapi walau ada di balik kelemahan itupun mereka mempunyai semangat dan kekuatan yang membara.

  67. Salut dengan Laksamana Malahayati, menjadi laksamana perempuan pertama. Sikap nasionalismenya patut kita contoh, melawan para penjajah demi kemerdekaan. Artikel yang sangat mengedukasi, membuat yag tidak tahu jadi tahu.

  68. Salut dengan Laksamana Mayahati, menjadi laksamana perempuan pertama. Sikap nasionalismenya patut kita contoh, melawan para penjajah demi kemerdekaan. Artikel yang sangat mengedukasi, membuat yag tidak tahu jadi tahu.

  69. Saya sangat mengagumi laksamana mahayati meskipun dia perempuan tapi dia bisa menjadi laksamana dimedan perang.
    Semoga kita dapat mengambil nilai-nilai positif dari artikel diatas.

    1. Menurut saya laksamana mahayati merupakan seorang wanita tangguh yang sangat menginspirasi bagi kaum perempuan, karena perempuan pun bisa meraih apapun yang mereka inginkan.
      Dengan pandangan matanya yang tajam dan kecerdasannya yang luar biasa dia dapat memimpin pertempuran laut melawan Portugis, hingga akhirnya ia pun menang.
      Banyak sekali kisah positif yang bisa kita ambil dari kisah laksamana mahayati ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.