1,379 views

Kisah Presiden Sukarno Mengunjungi Turki

Presiden Sukarno
ilustrasi.net - pakuan

[BP] – Tatar Sunda

Indonesia telah memberikan banyak kenangan bagi banyak bangsa di dunia. Akibat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, banyak negara di daratan Asia dan Afrika yang berhasil meraih kemerdekaannya. 

Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.

Omer Faruk Kose, warga Turki di provinsi Ankara, mengenal Indonesia yang telah merdeka dari kunjungan presiden Sukarno ke Turki. 

Dia punya kesan tersendiri terhadap salah satu bapak pendiri Republik Indonesia itu.

Pada tahun 1959 dia menyaksikan kunjungan presiden pertama Indonesia itu ke Turki, di era pemerintahan Perdana Menteri Adnan Menderes.

Kose menjadi saksi mata bersama masyarakat Turki lainnya saat Soekarno tiba di Ankara, ibu kota Turki.

“Sukarno memberikan salam kepada masyarakat yang menyambutnya di jalanan dari mobil terbuka, saya bertepuk tangan kepada mereka Sukarno dan Menderes,” ungkap Kose dikutip dari anadolu.

Menurutnya yang saat itu berusia 13 tahun, momen itu bagaikan perayaan hari raya. Dia memiliki kenangan seperti itu pada masa kecilnya

Usai mendapatkan kabar bahwa Sukarno akan datang ke Ankara, Kose tak ragu memutuskan untuk menyambut kedatangannya di jalan dekat rumahnya yang dekat dengan Bandara Ankara.

Kedatangan presiden Sukarno ke Turki saat itu membuat kegembiraan tersendiri bagi rakyat Turki.

Kose menuturkan PM Turki, Menderes pada masa itu berusaha membangun hubungan baik dengan dunia Islam.

Pada waktu itu, Turki ingin mengubah haluan politik luar negeri karena pada zaman Perdana Menteri Ismet Inonu, Turki seolah menjadi negara bagian AS. 

Menderes berusaha mengubah arah itu ke geografi Islam. Dia juga mengundang pemimpin-pemimpin Islam ke Turki.

Dia menuturkan bahwa pada masa itu dirinya dan masyarakat Turki lainnya ingin menyambut presiden dari saudara-saudara Muslimnya.

Menurutnya, masyarakat Turki menunggu kedatangan Sukarno kurang lebih tiga jam dan mereka ingin melihat Presiden Indonesia yang sering menjadi pembicaraan dunia pada waktu itu.

Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan. [jayadewata]

Respon (57)

  1. Saya salut dengan negara turki walaupun berbeda negara akan tetapi ia tetap menjalankan hubungan baik terhadap presiden Sukarno dan menyambut dengan sambutan yg ramah selain itu turki juga tidak membedakan bedakan ras maupun negara

  2. Setelah membaca artikel di atas,saya bangga kepada presiden pertama kita.dan saya ucapkan terima kasih kepada turki karna telah mengakui kemerdekaan Indonesia

  3. Bapak Ir.Soekarno presiden RI pertama adalah tokoh yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Karenanya Indonesia dapat dikenal oleh negara lain dan diakui kemerdekaannya. Bapak Soekarno telah mejadi pembicaraan di seluruh dunia sehingga ketika ia berkunjung ke Turki beliau disambut hangat oleh masyarakat disana. Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan.

  4. Dari artikel diatas kita mendapat wawasan bahwa negara Turki memiliki kesan terhadap negara Indonesia,serta negara Turki sangat menghargai Indonesia dengan sikap masyarakat yang menyambut hangat Soekarno. Semoga hubungan baik ini tetap terjalin

  5. Dari artikel yang saya baca dari atas saya merasa bangga kepada presiden pertama kita yaitu pak Soekarno Hatta dengan segala cara dia tetap membela negara

  6. Dari artikel ini mernurut saya masyarakat Turki menunggu kedatangan Sukarno kurang lebih tiga jam dan mereka ingin melihat Presiden Indonesia yang sering menjadi pembicaraan dunia pada waktu itu.

  7. Artikel diatas menjelaskan menceritakan Indonesia telah memberikan banyak kenangan bagi banyak bangsa di dunia. Akibat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, banyak negara di daratan Asia dan Afrika yang berhasil meraih kemerdekaannya. Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan.

  8. Kita harus menghargai bapak IR Soekarno yang telah memerdeka Kan indonesia, dan juga rakyat turki yang telah mengakui negara indonesia merdeka.

  9. Dari artikel diatas menceritakan Indonesia telah memberikan banyak kenangan bagi banyak bangsa di dunia. Akibat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, banyak negara di daratan Asia dan Afrika yang berhasil meraih kemerdekaannya. Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan.

  10. Dari artikel yang saya baca dari atas saya merasa bangga kepada presiden pertama kita yaitu pak Soekarno Hatta

  11. Kedatangan presiden Sukarno ke Turki saat itu membuat kegembiraan tersendiri bagi rakyat Turki. Masyarakat Turki menunggu kedatangan Sukarno kurang lebih tiga jam dan mereka ingin melihat Presiden Indonesia yang sering menjadi pembicaraan dunia pada waktu itu.

  12. Dari artikel diatas presiden Soekarno presiden RI pertama. Pada tahun 1959 dia menyaksikan kunjungan presiden pertama Indonesia itu ke Turki masyarakat Turki menyambut kedatangan Soekarno dengan baik masyarakat itu pun sudah menunggu 3 jam untuk menyambut kedatangan presiden Soekarno ke Turki.

  13. Bapak Ir.Soekarno presiden RI pertama adalah tokoh yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Karenanya Indonesia dapat dikenal oleh negara lain dan diakui kemerdekaannya. Bapak Soekarno telah mejadi pembicaraan di seluruh dunia sehingga ketika ia berkunjung ke Turki beliau disambut hangat oleh masyarakat disana. Kunjungannya tersebut dapat mempererat persaudaraan antara masyarakat Turki dan Indonesia. Terlebih lagi Indonesia dan Turki memiliki mayoritas agama yg sama yaitu Islam, sehingga lebih mempererat persaudaraan sesama muslim.

  14. Setelah membaca artikel dengan tokoh utamanya bapak presiden pertama kita yaitu ir. Soekarno, saya merasa bangga menjadi rakyat dari negara dengan penduduk beragama islam terbanyak didunia ini, yaitu indonesia.

  15. Dari artikel diatas menyimpulkan bahwa Pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.Kita harus berterimakasih pada rakyat turki karena telah mengakui kemerdekaan indonesia.

  16. Dari artikel diatas menyimpulkan bahwa Pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.

  17. Pak Soekarno adalah tokoh dunia yang sangat berjasa di berbagi negara. Kita harus berbuat baik kepada rakyat turki karena telah mengakui kemerdekaan rakyat indonesia. Indonesia dan Turki adalah negara yang mayoritas agamanya adalah islam. Sehingga negara Indonesia dan Turki sangat bersahabat bahkan seperti saudara

  18. seharusnya kita bangga jadi penduduk warga indonesia banyak perjuangan bagi pahlawan pahlawan kita yang mati matian buat indonesia merdeka, dan kenapa sekarang penduduk indonesia malah menyukai drakor? (drama korea) kita harusnya bangga jadi anak indonesia, Soekarno nangis melihat warganya yang sangat menyukai drakor

    1. MAAF tapi saya LUMAYAN tersinggung dengan PERNYATAAN anda. Saya seorang KPOPER yang sering BUCIN sana sini posting dan komen ALAY dimana2 . Suka MARATHON DRAKOR sampe punya MATA PANDA bahkan sampai mata saya MINUS karna natep layar handphone SELAMA berjam2, walau begitu. itu hanya sekedar hoby dan hiburan yang dimana nanti akan ditinggalkan kala saya telah beranjak dewasa dan sebenarnya Saya lebih mencintai negri dimana saya dilahirkan daripada negri dimana orang2 yang saya kagumi dan saya cintai tinggal. Saya juga SANGAT AMAT BANGGA DILAHIRKAN DAN MENJADI PENDUDUK DI TANAH AIR INI🤡

    2. Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERITMaaf tapi saya LUMAYAN tersinggung dengan komenan anda .saya seorang KPOPER yang sering BUCIN sana sini posting dan komen ALAY dimana2 . Suka MARATHON DRAKOR sampe punya MATA PANDA bahkan sampai mata saya MINUS karna natep layar handphone SELAMA berjam2, walau begitu. itu hanya sekedar hoby dan hiburan yang dimana nanti akan ditinggalkan kala saya telah beranjak dewasa dan sebenarnya Saya lebih mencintai negri dimana saya dilahirkan daripada negri dimana orang2 yang saya kagumi dan saya cintai tinggal. Saya juga SANGAT AMAT BANGGA DILAHIRKAN DAN MENJADI PENDUDUK DI TANAH AIR INI.

      Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERIT?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?🤡🤡🤡🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🍽🍽🍽🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🤡🤡🤡

    3. Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERITMaaf tapi saya LUMAYAN tersinggung dengan komenan anda .saya seorang KPOPER yang sering BUCIN sana sini posting dan komen ALAY dimana2 . Suka MARATHON DRAKOR sampe punya MATA PANDA bahkan sampai mata saya MINUS karna natep layar handphone SELAMA berjam2, walau begitu. itu hanya sekedar hoby dan hiburan yang dimana nanti akan ditinggalkan kala saya telah beranjak dewasa dan sebenarnya Saya lebih mencintai negri dimana saya dilahirkan daripada negri dimana orang2 yang saya kagumi dan saya cintai tinggal. Saya juga SANGAT AMAT BANGGA DILAHIRKAN DAN MENJADI PENDUDUK DI TANAH AIR INI.

      Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERIT🤡🤡🤡🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🍽🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🤡🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🔪🤡🤡💢💢💢💢💢💢💢💢💢💢💤👤👤💤🙃🙃🤡🤡

    4. Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERITMaaf tapi saya LUMAYAN tersinggung dengan komenan anda .saya seorang KPOPER yang sering BUCIN sana sini posting dan komen ALAY dimana2 . Suka MARATHON DRAKOR sampe punya MATA PANDA bahkan sampai mata saya MINUS karna natep layar handphone SELAMA berjam2, walau begitu. itu hanya sekedar hoby dan hiburan yang dimana nanti akan ditinggalkan kala saya telah beranjak dewasa dan sebenarnya Saya lebih mencintai negri dimana saya dilahirkan daripada negri dimana orang2 yang saya kagumi dan saya cintai tinggal. Saya juga SANGAT AMAT BANGGA DILAHIRKAN DAN MENJADI PENDUDUK DI TANAH AIR INI.

      Jika IR SOEKARNO MENANGIS melihat warganya yang sangat menyukai DRAKOR bagaimana dengan PEMUDA2 INDONESIA yang SANGAT AMAT menyukai bahkan KECANDUAN GAME ONLINE buatan LUAR NEGRI (CONTOHnya MOBILE LEGEND dari CHINA, FREE FIRE dari Vietnam, PUBG dari IRLANDIA) dan bagai mana dengan pencita MANGA atau WIBU, atau juga pencinta barat atau WESTERN, ATAU JUGA HANDPHOND YANG ADA DI INDONESIA YANG HAMPIR SEMUANYA BUATAN CHINA SEPERTI OPPO, XIAOMI, REDMI, HWAWEI atau HP buatan KOREA seperti SAMSUNG, LUNA DAN HP DARI AMERIKA seperti IPHONE atau Juga APLIKASI2 BUATAN LUAR NEGRI LAINNYA SEPERTI SHERit Yang mungkin sering anda gunakan kala TIDAK PUNYA KUOTA DENGAN MEMINTA APK, LAGU, VIDIO ATAUPUN LAINNYA KEPADA TEMAN ANDA MELALUI SHERIT🔪🔪🤡

  19. Bapak Soekarno merupakan presiden pertama yang sangat berjasa bagi rakyatnya dan beliau pun tokoh dunia yang dihormati diberbagai negara. Negara Indonesia dan Turki mayoritas agamanya islam, dengan sesama saudara islam maka akan dengan mudah menjalin suatu persahabatan dan bahkan seperti saudara sendiri, dengan begitu pun Indonesia dan Turki harus tetap menjalin silaturahmi dengan baik. Kita pun harus berbuat baik dan berterima kasih kepada negara Turki yang telah mengakui kemerdekaan negara Indonesia.

  20. Dari artikel yang saya baca pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.

  21. Dari artikel yang saya baca pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.
    K

  22. Dari artikel diatas menceritakan Indonesia telah memberikan banyak kenangan bagi banyak bangsa di dunia. Akibat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, banyak negara di daratan Asia dan Afrika yang berhasil meraih kemerdekaannya. Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan. Yeahh

  23. Pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.
    Kita sebagai rakyat Indonesia harus menghargai dan berterima kasih kepada negara Turki karena telah mengakui kemerdekaan Indonesia.

  24. Pak Soekarno adalah presiden pertama dan tokoh dunia yang sangat berjasa dan dihormati di berbagi negara. Indonesia dan Turki adalah negara yang banyak mayoritas agamanya adalah islam.
    Kita sebagai rakyat Indonesia harus menghargai dan berterima kasih kepada negara Turki karena telah mengakui kemerdekaan Indonesia.

  25. Indonesia dan Turki adalah negara yang mayoritas agamanya islam. Sehingga negara tersebut bisa bersahabat dan Sebagai sesama saudara muslim negara tersebut harus memelihara silaturahmi.

  26. Pa Sukarno mewakili warga Indonesia, kita harus berterimakasih sama warga Turki, karena yang pertama mengakui indonesia merdeka itu negara Turki

  27. Pak Soekarno adalah tokoh dunia yang sangat berjasa di berbagi negara. Kita harus berbuat baik kepada rakyat turki karena telah mengakui kemerdekaan rakyat indonesia.

  28. Indonesia dan Turki adalah negara yang mayoritas agamanya adalah islam. Sehingga negara Indonesia dan Turki sangat bersahabat bahkan seperti saudara

  29. Negara Turki adalah negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia dari itu kita sebagai rakyat Indonesia hrus menghargai dan berterima kasih kepada rakyat² dan negara Turki..

  30. Indonesia Dan Turki memang seperti saudara yang bermayoritas beragama Islam. Turki juga mengenal Indonesia yang telah merdeka .

  31. Wahh sangat baik hati sekali presiden pertama kita, dan untuk warga Turki juga, mereka sudah mengakui kemerdekaan Indonesia

  32. Pak Soekarno adalah tokoh dunia yang sangat berjasa di berbagi negara. Itulah mengapa negara negara di dunia menghargainya

  33. Itulah kehebatan presinden pertama kita. Presiden kita itu membela semua negara negara di kawasan Asia dan Afrika untuk merdeka sehingga presiden kita sangat di hargai di hampi seluruh negara

    1. Dari artikel diatas menceritakan Indonesia telah memberikan banyak kenangan bagi banyak bangsa di dunia. Akibat penyelenggaraan konferensi Asia-Afrika, banyak negara di daratan Asia dan Afrika yang berhasil meraih kemerdekaannya. Salah satu yang memiliki kesan mendalam tentang Indonesia di antaranya adalah rakyat Turki.Bendera Indonesia dan Turki juga dipasang di jalan-jalan. Dia ingat foto Menderes dan Sukarno dipajang berdampingan.

  34. Itulah kehebatan presinden pertama kita. Presiden kita itu membela semua negara negara di kawasan Asia dan Afrika untuk merdeka sehingga presiden kita sangat di hargai negara negara di kawasan tersebut

  35. Itulah kehebatan presinden pertama kita, dia memiliki Karisma dan wibawa tersendiri di negara negara lain. Itu membuat dia selalu di hargai oleh negara negara lain

  36. Indonesia dan Turki negara yang mayoritas agamanya Islam jdi negara Indonesia dan Turki dekat bahkan bersahabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.