522 views

Kampung Cibuntu Sukabumi Diterjang Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Banjir Bandang Sukabumi
mobil warga terguling dan terseret banjir - dok. pakuan

[BP] – Tatar Sunda

Sukabumi, – Akibat hujan deras disertai angin kencang sekira pukul 17.10 WIB, Senin (21/09) kemarin sore. Kampung Cibuntu RT 01/04 Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi diterjang banjir bandang.

Menurut informasi yang dihimpun awak media, sebanyak 12 rumah warga terbawa hanyut dan 85 rumah warga terendam banjir.

Setelah air mulai surut, porak poranda pasca banjir terlihat banyak rumah yang hancur. Tak hanya itu ada juga kendaraan yang turut hanyut terbawa arus deras banjir bandang.

“Banyak rumah yang rusak dan hanyut akibat banjir kemarin sore,” kata Ustadz Odang warga Kampung Cibuntu RT 04/04 Desa Pasawahan.

Usut punya usut, banjir bandang kemarin sore diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

Informasi yang dihimpun dari warga lainnya mengatakan kejadian banjir bandang tersebut benar diakibatkan oleh derasnya hujan dan angin kencang, sehingga air meluap.

“Dari permukaan aliran sungai jembatannya memang dekat/pendek, jadi air meluap manakala air mengalir sangat besar,” tambah warga lainnya.

Dalam peristiwa tersebut, beredar kabar juga adanya orang yang terbawa hanyut sebanyak dua orang dan belum ditemukan.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak-pihak terkait dari pemkab Sukabumi masih melakukan evakuasi dan pendataan korban, mengenai total kerugiannya pun belum bisa diketahui. [sr]

Respon (18)

  1. Dari artikel yang saya baca banjir bandang kemarin sore diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Semoga warga dan korban di berikan ketabahan dan kesabaran.aamiin

  2. Menurut saya bencana adalah salah satu hal yang mekutkan yang sering menimpa masyarakat. Banyak bencana bencana alam lainnya yang sering terijadi di Indonesia diantaranya adalah bencana banjir bandang yang terjadi di desa Cibuntu-Sukabumi.

  3. Setelah saya membaca artikel yang ada di atas saya dapat menjadi tahu bahwa banyak warga yang menjadi korban dalam bencana alam tersebut.

  4. Dari artikel di atas dapat kita ketahui bahwa bencana alam dapat tidak terduga terjadinya kapan dan dimananya. Kita sebagai manusia harus senantiasa menjaga alam dengan baik

  5. Dari artikel di atas dapat kita ketahui bahwa bencana alam dapat tidak terduga terjadinya kapan dan dimananya. Kita sebagai manusia harus senantiasa menjaga alam dengan baik.

  6. Banjir bandang kemarin sore diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Semoga korban di berikan ketabahan dan kesabaran.

  7. Setelah saya membaca artikel ini saya bisa minyumpulkan bahwa hujan deras yang disertai angin bisa menyebabkan kebocoran pada bendungan dan terjadilah banjir. Semoga korban banjir bisa menghadapi dan melewati dengan sabar dan tabah..

  8. banjir bandang kemarin terjadi di Sukabumi pada sore hari diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

    Walaupun begitu pihak-pihak terkait dari pemkab Sukabumi masih melakukan evakuasi dan pendataan korban, mengenai total kerugiannya pun belum bisa diketahui.

  9. Dari artikel diatas Akibat hujan deras disertai angin kencang sekira pukul 17.10 WIB, Senin (21/09) kemarin sore. Kampung Cibuntu RT 01/04 Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi diterjang banjir bandang.banjir bandang kemarin sore diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang.semoga korban diberi ketabahan dan juga kesabaran.aamiin.

  10. Dari artikel ini kita dapat menyimpulkan bahwa jika kita membuang sampaj sembarang dapat menyebabkan banjir bisa jdi saja banjir di Sukabumi ini terjadi karna warga setempat membuang sampah sembarangn

  11. Pada artikel ini terkait tentang kampung Cibuntu Sukabumi diterjang banjir bandang yang disebabkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Akibat dari banjir ini sebanyak 12 rumah warga terbawa hanyut dan 85 rumah warga terendam banjir, dan adanya orang yang terbawa hanyut sebanyak 2 orang dan belum ditemukan. Setelah kejadian ini semoga masyarakat disana diberi ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah ini.

  12. Artikel ini adalah Kampung Cibuntu Sukabumi Diterjang Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat Disertai Angin Kencang.banjir bandang kemarin sore diakibatkan oleh jebolnya bendungan sungai Cicatih di Kampung Cibuntu lantaran tak kuat menahan drainase aliran sungai akibat hujan deras yang disertai angin kencang. Semoga warga dan korban di berikan ketabahan dan kesabaran.aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.