723 views

Menteri Pendidikan Usulkan Mata Pelajaran Sejarah Dihilangkan?

Mapel Sejarah
ilustrasi.net - pakuan

[BP] – Tatar Sunda

Sebuah polemik kembali muncul dalam dunia pendidikan kita yang saat ini tengah babak belur dihantam oleh pandemi Corona.

Belum lama ini, muncul sebuah wacana untuk menghilangkan mata pelajaran (mapel) sejarah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang telah meresahkan banyak pIhak, terutama para guru sejarah dan sejarawan. 

Atas wacana ini, Mendikbud Nadiem Makarim pun diharapkan agar berhati-hati dalam menyikapi isu ini.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan, saat mengikuti Rapat Kerja dengan Mendikbud di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (22/9). 

“Pelajaran sejarah yang akan dihilangkan menimbulkan keresahan para guru sejarah dan sejarawan. Kami ingin mengingatkan kepada Mas Menteri bahwa hal-hal seperti ini harus cukup hati-hati menyikapinya,” ingatnya, dikutip dari parlementaria.

Anggota Dewan Pusat ini mengingatkan Mendikbud bahwa Presiden Soekarno pernah menyampaikan sebuah ungkapan terkenal yaitu Jas Merah atau jangan sekali-kali meninggalkan sejarah dalam sebuah pidatonya. 

Menurutnya pihak Kemendikbud bisa saja membangun kualitas SDM Indonesia dengan mapel sains, akan tetapi tetap tidak boleh meninggalkan mapel sejarah.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa dari sejarah kita bisa memandang ke depan, dan dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan. 

Sofyan menambahkan perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Selain itu dia meminta Menteri Pendidikan harus lebih berhati-hati dalam melemparkan wacana seperti ini. [jayadewata]

Respon (33)

  1. Sejarah merupakan catatan peristiwa masalalu yang menunjukkan perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah manusia

  2. Jangan sampai mapel sejarah dihilangkan, karena dari sejarah kita bisa memandang ke depan, dan dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan.

  3. Dari artikel yang saya baca Sejarah merupakan catatan peristiwa2 yang telah terjadi dimasalalu yang menunjukan perkembangan perubahan keberlanjutan dalam sejarah hidup manusia, walaùpun sebagian pelajar malas ataupun tidak suka mempelajari mata pelajaran ini namun

  4. Sejarah merupakan peristiwa masa lalu yang harus kita ingat selalu, jika di hilang mata pelajaran sejarah bagaimana anak bangsa bisa tau masa kelam bangsa ini.

  5. Sejarah itu pengetahuan, dari sejarah kita tahu jaman dahulu keadaan Indonesia seperti apa,dan dari sejarah kita bisa memperbaiki yang buruk dimasa lalu dan jadi lebih baik dimasa depan jadi jangan dihilangkan mapel Sejarah.

  6. sejarah jangan sampai dihilangkan, karena dengan belajar sejarah tentunya membuat kita bisa memahami apa saja yang terjadi di masa lampau, dan dengan memahami peristiwa sejarah kita dapat mengambil hikmah dari pristiwa-peristiwa yang sudah terjadi.

  7. Sejarah harus di jadikan panutan mana yang harus di perbaiki di masa depan ,perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

  8. Sejarah merupakan catatan peristiwa2 yang telah terjadi dimasalalu yang menunjukan perkembangan perubahan keberlanjutan dalam sejarah hidup manusia, walaùpun sebagian pelajar malas ataupun tidak suka mempelajari mata pelajaran ini namun pelajaran sejarah ini penting karna ini mencatat semua peristiwa penting yang telah terjadi yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

  9. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan. Sejarah didefinisikan sebagai catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.

  10. Sejarah merupakan catatan peristiwa2 yang telah terjadi dimasalalu yang menunjukan perkembangan perubahan keberlanjutan dalam sejarah hidup manusia, walaùpun sebagian pelajar malas ataupun tidak suka mempelajari mata pelajaran ini namun pelajaran sejarah ini penting karna ini mencatat semua peristiwa penting yang telah terjadi yang berkaitan dengan kehidupan manusia

  11. Setelah membaca artikel ini saya setuju yaitu mapel sejarah jangan sampai dihilangkan, karena dengan belajar sejarah tentunya membuat kita bisa memahami apa saja yang terjadi di masa lampau, dan dengan memahami peristiwa sejarah kita dapat mengambil hikmah dari pristiwa-peristiwa yang sudah terjadi.

  12. Sejarah merupakan catatan peristiwa2 yang telah terjadi dimasalalu yang menunjukan perkembangan perubahan keberlanjutan dalam sejarah hidup manusia, walaùpun sebagian pelajar malas ataupun tidak suka mempelajari mata pelajaran ini namun pelajaran sejarah ini penting karna ini mencatat semua peristiwa penting yang telah terjadi yang berkaitan dengan kehidupan manusia

  13. Sejarah merupakan catatan peristiwa2 yang telah terjadi dimasalalu yang menunjukan perkembangan perubahan keberlanjutan dalam sejarah hidup manusia, walaùpun sebagian pelajar malas ataupun tidak suka mempelajari mata pelajaran ini namun pelajaran sejarah ini penting karna ini mencatat semua peristiwa penting yang telah terjadi yang berkaitan dengan kehidupan manusia

  14. Kita jika ingin jadi bangsa yang maju harusnya, mepelajari sejarah negrinya sendiri, agar kita bisa belajar. Bapak Soekarno pernah berkata, “JASMERAH, (Jangan Sekali Meninggalkan Sejarah), jika bangsa Indonesia ingin mau, jangan sesekali meninggalkan sejarah

  15. Setelah saya membaca artikel ini sejarah adalah salah satu peristiwa atau legenda yang harus dikenang dan kita harus mengingat perjuangan para pahlawan.

  16. Sejarah merupakan tolak ukur sebagai pembelajaran di masa depan agar menjadi lebih baik lagi dsri masa sebelumnya dan merupakan suatu kronologi atau peristiwa yang akan menjadi sebuah ilmu pengetahuan.

  17. Jujur saya memang tdk terlalu suka pelajaran sejarah, tapi saya tdk setuju apabila pelajaran sejarah dihapuskan karena sejarah bisa saja hilang dan di lupakan sekian.

  18. Saya setuju dengan pihak kemendikbud karenatidak boleh meninggalkan mapel sejarah dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan. Juga Sofyan karena perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

  19. dari sejarah kita bisa memandang ke depan, dan dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan, Dari Kutipan itu saya sangat setuju jangan sampai sejarah di hilangkan

  20. Sejarah itu sangat penting karena bahwa dari sejarah kita bisa memandang ke depan, dan dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan.

  21. Sejarah Merupakan catatan peristiwa masa lalu yang menunjukkan perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah manusia. Sejarah sangat penting bagi suatu negara, sejarah juga berperan dalam ilmu pengetahuan jika sejarah hilang berakibat kurangnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.

  22. Peristiwa sejarah merupakan suatu hal yang sangat penting. Jika pelajaran sejarah dihilangkan, generasi yang akan datang tidak akan tahu mengenai sejarah Indonesia ini.

  23. Peristiwa-peristiwa sejarah merupakan suatu hal yang sangat penting dan berharga. Jika pelajaran sejarah dihilangkan, bagaimana dengan pengetahuan generasi yang akan datang mengenai sejarah Indonesia ini.

  24. Bagaimana ini, apa mereka tidak mengingat perkataan presiden pertama kita? Jangan sekali kali melupakan sejarah, mau jadi apa rakyat muda Indonesia jika sejarah dihapus

  25. Sangat setuju sekali. Karena sejarah harus dijadikan panutan atau selalu kita pelajari agar mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi dimasa lampau dan Juga Sofyan perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

  26. Saya setuju dengan pihak kemendikbud karenatidak boleh meninggalkan mapel sejarah dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan. Juga Sofyan karena perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

  27. dari sejarah kita bisa memandang ke depan, dan dari sejarah kita bisa melihat mana yang jadi panutan dan mana yang harus diperbaiki pada masa depan. Makanya Dari itu sejarah tidak boleh dihilangkan.

  28. Sejarah perlu dipelajari karena kita bisa
    mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi
    di masa lampau. Dengan mempelajari
    peristiwa di masa lampau, kita bisa
    mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di
    masa sekarang.

    1. Sejarah harus di jadikan panutan mana yang harus di perbaiki di masa depan ,perjuangan para pahlawan harus menjadi simbol perjuangan generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

      1. Sejarah Merupakan catatan peristiwa masa lalu yang menunjukkan perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah manusia. Sejarah sangat penting bagi suatu negara, sejarah juga berperan dalam ilmu pengetahuan jika sejarah hilang berakibat kurangnya jiwa nasionalisme dan patriotisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.