Indonesia Kecam Pernyataan Presiden Perancis Yang Dianggap Menyudutkan Islam

Indonesia kecam Macron
ilustrasi.net - pakuan

[BP] – Tatar Sunda

Pernyataan bernada anti Islam yang dilontarkan Presiden Perancis semakin berbuntut panjang. Pihak Pemerintah Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dinilai telah menghina agama Islam, demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Indonesia hari Jumat (30/10).

“Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari dua miliar orang Muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia. Hak kebebasan berekspresi tidak dilakukan dengan mencederai kehormatan, kesucian dan kesakralan nilai dan simbol agama,” tulis pernyataan di situs resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia yang juga dicuit di Twitter.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini.

Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron beberapa waktu yang lalu, dianggap telah menghina agama Islam dan telah menyulut kemarahan warga muslim di berbagai penjuru dunia. 

Berbagai demonstrasi dan unjuk rasa serta gerakan boikot produk Perancis pun berlangsung dan menyebar di banyak negara yang mayoritas berpenduduk muslim, mulai dari Suriah, Arab Saudi, Pakistan, Maroko, Turki hingga Indonesia. [jayadewata]

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *