Angka Pernikahan Anak Di Jabar Berhasil Ditekan

Iin Indasari - Net

Bandung, Bewara Pakuan – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat (DP3AKB Jabar) berhasil menekan angka pernikahan anak di Jawa Barat melalui program Stop Perkawinan Anak Jawa Barat (Stopan Jabar) dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.

Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (PKK) DP3AKB Jabar Iin Indasari dalam Podcast Juara belum lama ini, menjelaskan bahwa Program Stopan Jabar berhasil menekan angka perkawinan dari 21.499 kasus menjadi 9.821 kasus di mana jumlah tersebut melampaui target yang diberikan yakni 15.000 kasus.

Menurut Iin Indasari penyebab kasus perkawinan anak di Jawa Barat tidak jauh berbeda dengan perkawinan anak secara umum di tingkat nasional. 

Di antaranya adalah masalah ekonomi, rendahnya tingkat pendidikan, budaya, kepercayaan masyarakat dan juga akses informasi yang mudah diakses anak.

Menurut Iin perkawinan anak ini adalah sumber dari masalah keluarga lainnya yang mengarah pada risiko kematian ibu dan anak dan juga efek domino lainnya yang sangat merugikan seperti kekerasan dalam rumah tangga, perceraian, masalah ekonomi dan juga human trafficking. (jayadewata)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *