120 views

Ridwan Kamil Dukung Kerjasama Pemkab Sumedang dan Pemda DKI Dalam Bidang Pangan dan UMKM

Sumedang, Bewara Pakuan – Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kesepakatan  dan kerjasama yang terjalin antara Pemkab Sumedang dan Pemda Provinsi DKI Jakarta bisa mendorong proses pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di sektor ketahanan pangan dan UMKM dilansir dari laman Pemprov Jabar.

Adapun kesepakatan bersama itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama BUMD PT. Kampung Makmur Sumedang dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya Pemda Provinsi DKI Jakarta di Gudang PT. Kampung Makmur, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021). 

“Ini adalah implementasi dari strategi pemulihan ekonomi Jabar. Dimana, pasca-Covid-19 ini ketahanan kedaulatan pangan harus diutamakan,” ungkap Ridwan Kamil saat menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut. 

Area persawahan subur di Sumedang

Pasca penandatanganan tersebut, Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan beserta Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir secara simbolis memberangkatkan 30 ton beras dan berbagai produk UMKM hasil produksi masyarakat Sumedang ke Jakarta. 

Menurut Ridwan Kamil, Pemprov Jabar terus berusaha untuk mandiri dari segi swasembada pangan dan pemasaran produk pangan. Salah satunya dengan meningkatkan kerja sama antardaerah. 

“Kita sedang mencari cara agar Jabar bisa mandiri swasembada, supaya NKRI kita juga tidak banyak impor, tapi meninggikan kerja sama antardaerah,” ungkapnya. 

Saat ini Jabar menjadi salah satu daerah yang menopang kebutuhan pangan DKI Jakarta. Oleh karena itu, dirinya berharap kerja sama antara Jabar-DKI Jakarta bisa berlanjut ke berbagai komoditas lain.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjelaskan, kerja sama tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jabar dan DKI Jakarta, terutama para petani di Jabar. 

Lebih lanjut Anies menjelaskan, dalam kerja sama tersebut, DKI Jakarta berperan sebagai offtaker. Saat ini kebutuhan pangan di perkotaan, termasuk DKI Jakarta, sangat besar dan bergantung pada hasil produksi pertanian di Jabar. 

Adapun, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengharapkan kerjasama ini bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat di kedua daerah terutama dalam bidang ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.