135 views

Ridwan Kamil: Bandung Raya Dikepung Zona Merah

Kota Bandung, Bewara Pakuan – Selama sepekan ini, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta wisatawan luar daerah untuk tidak berkunjung ke wilayah Bandung Raya.

Ridwan Kamil menegaskan himbauan tersebut untuk melindungi masyarakat. Kota Bandung sendiri sudah dikepung zona merah yakni Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan langsung.

“Keselamatan jiwa masyarakat adalah nomor satu jadi kalau situasinya sudah darurat, maka tindakan menyelamatkan nyawa itu akan jadi pilihan,” ungkap Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (16/06/2021), dalam siaran pers Pemprov Jabar.

Menurutnya, tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini sudah di atas angka 80 persen atau melebihi ketetapan WHO dan nasional yakni maksimal 60-70 persen.

Lebih lanjut dia menjelaskan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bersama Forkopimda telah bergerak bersama untuk mencegah penularan Covid-19.

Adapun pihak kepolisian dari Polda Jabar sudah siap mencegat di pintu perbatasan agar Bandung Raya tidak jebol. 

Menurut Ridwan Kamil, penerapan zonasi Covid-19 sangat penting untuk mengatur agar roda ekonomi masyarakat tetap bisa bergerak.

Lebih lanjut Ridwan Kamil memaparkan bahwa tidak semua daerah di Jawa Barat masuk zona merah, hanya saat ini Bandung Raya sedang dikepung oleh wilayah yang masuk zona merah.

“Itulah pentingnya ada zonasi merah, oranye, kuning apa. Merah kita tahan, ekonomi (di zona) kuning ya dipersilakan. Semua (pelarangan dan pembatasan) ini terjadi hanya di zona merah. Dan Jawa barat tidak semua zona merah hanya Bandung Raya yang sedang dikepung zona merah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.