172 views

Turki Umumkan Pembukaan Kembali Destinasi Wisata Sumela untuk Umum

Ilustrasi.Net - Tempat Wisata Sumela Turki

Trabzon, Bewara Pakuan – Pada hari Kamis, Turki mengumumkan pembukaan kembali Biara Sumela di Provinsi Trabzon untuk publik, setelah selesainya proyek restorasi selama lebih dari lima tahun dilansir dari Anadolu Agency.

Selain itu, ukiran Bunda Maria di batu lereng Gunung Karadag di Macka, di atas Lembah Altindere, juga sudah selesai direstorasi.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki, Mehmet Nuri Ersoy pada saat upacara pembukaan mengatakan bahwa tahun lalu Turki mencatat 16 juta turis dengan pendapatan sekitar USD 12 miliar.

Dia berharap tahun tahun ini tidak ada lagi gelombang baru pandemi sehingga target 25 juta turis dan pendapatan lebih dari USD 20 miliar bisa tercapai.

Biara Sumela merupakan destinasi pariwisata terbesar di wilayah Laut Hitam dan Trabzon. Oleh karena itu, sebagian kompleks tetap dibuka pada 2019.

Pusat wisata religi paling penting di negara ini ditutup pada 2015 karena risiko longsoran batu dari Gunung Karadag. Pemugaran kompleks biara dimulai pada Februari 2016 dan selesai dalam dua fase.

Menurut Direktorat Kebudayaan dan Pariwisata Trabzon, biaya restorasi tempat tersebut menghabiskan dana sekitar 57 juta lira Turki atau USD6,53 juta.

Saat ini, Biara Sumela masuk dalam daftar sementara situs Warisan Dunia UNESCO dan dibuka kembali untuk aktivitas keagamaan pada 15 Agustus 2010, dengan izin dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, setelah vakum selama 88 tahun.

Penulis: Jayadewata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.