Flagship Armada Laut Hitam Rusia dalam Perjalanan Pulang Setelah Misi di Mediterania

Ilustrasi.Net - Flagship Moskva

Sevastopol, Bewara Pakuan – Flagship Armada Laut Hitam, Moskva, sedang dalam perjalanan ke pangkalan asalnya setelah melaksanakan misi di Mediterania, ungkap kantor pers Armada Laut Rusia pada hari Senin, dilansir dari TASS

“Flagship Kapal Penjelajah Rudal Pengawal Armada Laut Hitam Moskva dan fregat Laksamana Essen sedang transit di Selat Dardanella dan Selat Bosporus di Laut Hitam,” kata kantor pers Armada Laut Rusia dalam sebuah pernyataan.

Group angkatan laut Rusia sedang melakukan transit dari Laut Mediterania ke pangkalan angkatan laut Sevastopol. 

Di Laut Mediterania, kelompok angkatan laut tersebut menyelesaikan tugas-tugas dalam satuan tugas tetap Angkatan Laut Rusia.

Ini menjadi misi pertama Flagship Moskva di perairan yang jauh setelah menjalani perbaikan dan peningkatannya.

Kapal penjelajah rudal Moskva memasuki layanan Angkatan Laut Soviet pada tahun 1982. 

Pada awal 1990-an, Moskva yang awalnya bernama Slava hampir dinonaktifkan. Kapal perang itu kembali beroperasi dengan Angkatan Laut Rusia pada tahun 1999 berkat bantuan dari pemerintah Moskow yang dipimpin oleh Walikota Yuri Luzhkov, yang kemudian diberi nama Moskva.

Pada paruh kedua tahun 2015, kapal penjelajah itu memimpin satuan tugas Mediterania Angkatan Laut Rusia, di mana ia melindungi pangkalan udara Hmeymim Rusia di Suriah dengan senjata pertahanan udaranya. Pada 22 Juli 2016, kapal penjelajah Moskva dianugerahi Ordo Nakhimov angkatan laut.

Kapal penjelajah Moskva adalah kapal utama Project 1164 Atlant dengan persenjataan utama 16 peluncur rudal P-1000 Vulcan dan jangkauan serang lebih dari 700 km.

Penulis: Jayadewata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *