179 views

Uruguay, Negara Pertama Pemenang Piala Dunia Sepak Bola

Ilustrasi.Net

Bewara Pakuan – Pada tahun 1930, diadakan Piala Dunia FIFA pertama, yaitu kejuaraan dunia untuk tim sepak bola nasional pria.

Kompetisi ini berlangsung di Uruguay dari 13 sampai 30 Juli 1930. Pada saat itu FIFA memilih Uruguay sebagai tuan rumah, sebagai negara yang merayakan seratus tahun konstitusi pertama. 

Logo FIFA World Cup Pertama – Net

Selain itu, Tim nasional sepak bola Uruguay telah berhasil mempertahankan gelar sepak bola mereka di Olimpiade Musim Panas 1928. 

Semua pertandingan Piala Dunia pada waktu itu dimainkan di ibu kota Uruguay, Montevideo, dimana sebagian besar pertandingan berlangsung di Stadion Centenario, yang dibangun untuk turnamen.

Ada tiga belas tim yang ikut berpartisipasi, dimana tujuh tim dari Amerika Selatan, empat dari Eropa, dan dua dari Amerika Utara. 

Beberapa timnas dari Eropa memilih untuk tidak berpartisipasi karena beratnya perjalanan ke Amerika Selatan waktu itu. 

Tim dibagi menjadi empat grup, dengan pemenang dari masing-masing grup maju ke semifinal. 

Dua pertandingan Piala Dunia pertama terjadi secara bersamaan, yaitu Prancis vs Meksiko 4-1 dan Amerika Serikat vs Belgia 3-0.

Pemain asal Prancis Lucien Laurent tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol, sementara kiper Amerika Jimmy Douglas mencatat rekor clean sheet resmi pertama di turnamen.

Pada pertandingan final yang mempertemukan tim tuan rumah dan Argentina, Uruguay berhasil menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Dunia setelah menghantam Argentina 4-2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.