69 views

Ilmuwan Iran Siap Membuat Balon dan Pesawat Komunikasi

Balon Komunikasi Iran - Net

Teheran, Bewara Pakuan – Dalam sebuah pengumuman, pejabat senior Iran mengatakan bahwa negaranya sedang membuat balon dan pesawat komunikasi.

Hal tersebut diungkapkan surat kabar berbahasa Persia, Iran pada hari Rabu yang menerbitkan wawancara dengan Vahhab Haqiqat yang merupakan Direktur Sistem Pusat Penelitian Luar Angkasa Iran, dilansir dari IRNA.

Haqiqat mengatakan bahwa balon komunikasi adalah platform udara yang dapat membawa peralatan komunikasi dan radio.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa sistem ini dapat menggantikan metode tradisional dan dapat digunakan untuk pemantauan keamanan perbatasan, pemantauan pelabuhan dan pantai, keamanan infrastruktur sensitif, manajemen kota, anti-perdagangan manusia, pemantauan lalu lintas dan lainnya.

Selain itu balon komunikasi ini dapat digunakan untuk menyediakan layanan internet dan komunikasi nirkabel dan mempunyai kemampuan beroperasi hingga 1.000 jam. 

Usia rata-rata paket komunikasi yang terpasang pada setiap balon antara 5 hingga 7 tahun, sedangkan platform penerbangannya dapat beroperasi selama lebih dari 20 tahun.

Saat ini di kawasan Asia Barat, hanya dua negara yang memiliki teknologi untuk memproduksi balon ini yaitu Turki dan Iran.

Iran berharap bisa memperoleh nilai tambah yang tinggi dengan mengekspor sistem ini jika terus bergerak maju dengan penelitian dan pengembangan di bidang ini.

Selain itu, saat ini ilmuwan Iran juga aktif dalam membuat kapal udara yang berbeda dari platform balon dalam banyak hal. 

Kapal udara tersebut tidak menempel ke bumi seperti balon dan oleh karena itu dapat diluncurkan pada ketinggian yang sangat tinggi dan bisa mencakup area yang lebih luas di atas permukaan bumi.

Saat ini, Pusat Penelitian Luar Angkasa Iran telah menempatkan pembuatan kapal udara dalam agenda dan dalam proses pembuatan oleh para ahli di pusat penelitian tersebut.

Penulis: Jayadewata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.