Wakil Presiden AS Rencanakan Kunjungan ke Singapura dan Vietnam

Ilustrasi.Net

Bewara Pakuan – Setelah kunjungan Menteri Pertahanan Lloyd Austin ke Asia Tenggara belum lama ini, Wakil Presiden AS Kamala Harris direncanakan akan segera mengunjungi Singapura dan Vietnam.

Kamala direncanakan akan bertemu dengan pemimpin dari kedua negara itu guna membahas keamanan regional dan kerjasama perekonomian.

Gedung Putih mengumumkan rencana lawatannya itu dalam pernyataannya, Jumat (30/07/2021), dilansir dari NHK World

Saat ini Pemerintahan Presiden AS di bawah Joe Biden ingin memperkuat keterlibatannya dalam kawasan tersebut serta membendung aktivitas China di Laut Cina Selatan dan kawasan lainnya dengan mengirimkan sejumlah pejabat tinggi.

Ilustrasi.Net

Menteri Pertahanan Lloyd Austin adalah anggota pemerintahan Biden pertama yang mengunjungi Asia Tenggara. Ia bertemu dengan para menteri pertahanan dari Vietnam, Singapura, dan Filipina beberapa waktu yang lalu 

Cina juga berencana memperluas pengaruhnya. Sejak beberapa waktu lalu Cina ikut aktif dalam gerakan yang disebut sebagai diplomasi vaksin, yaitu dengan menyediakan jutaan suntikan vaksin virus korona secara gratis kepada orang-orang di Filipina, Thailand, Laos, dan Kamboja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *