Kecerdikan dalam Segelas Air

Ilustrasi.Net

Bewara Pakuan – Laksamana Togo Heihachiro berhasil menghancurkan kekuatan armada AL Rusia pada pertempuran di laut Jepang. Kemenangan tersebut telah berhasil mengangkat namanya ke seluruh penjuru dunia saat itu.

Setelah kemenangan tersebut, dirinya  mengunjungi Amerika Serikat. Pada jamuan makan kenegaraan untuk menghormati Laksamana Togo, William Jennings Bryan, seorang orator dan politisi diminta untuk memimpin acara bersulang dengan minuman sampanye, dimana William terkenal bukanlah seorang peminum alkohol.

Semua orang memandang kepadanya dengan antusias. Mereka menunggu apa yang akan dilakukan oleh William dalam kondisi terjepit tersebut.

Sambil tersenyum dia menuangkan air putih ke gelasnya sementara hadirin memegang gelas berisi sampanye dan berkata, “Laksamana Togo telah memenangkan pertempuran di air, maka saya juga menggunakan air untuk bersulang dengannya. Jika beliau memenangkan pertempuran di atas sampanye, maka saya akan bersulang dengan sampanye. Mari kita minum untuk menghormati¬† Laksamana Togo”.¬†

Semua yang hadir tersenyum dan minum dgn senang. Tindakannya tidak menyinggung perasaan sang Laksamana maupun petinggi negara lainnya yang hadir saat itu. (bible.org, ministry127.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *