Presiden Iran: Kerjasama Teheran – Ankara Sangat Menguntungkan Umat Islam

Ilustrasi.Net

Teheran, Bewara Pakuan – Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon pada Rabu malam dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Raisi mengevaluasi hubungan antara kedua negara dengan alasan bahwa kerja sama yang erat antara Iran dan Turki diperlukan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas regional, dilansir dari Irna.

Menurut Raisi bahwa hubungan Iran dan Turki bersahabat dan bersaudara, “Kami sangat mementingkan hubungan bilateral kami dengan negara sahabat dan saudara, Turki, dan kerjasama kami di kancah internasional”.

Presiden Iran mengatakan bahwa pertemuan cepat Dewan Tinggi ke-7 untuk Kerja Sama Iran-Turki di Teheran diperlukan.

Dirinya mengungkapkan kepastian bahwa kerjasama komprehensif kedua negara tidak hanya akan memastikan kepentingan nasional mereka sendiri, tetapi juga perdamaian dan keamanan kawasan. dan juga berkah yang lebih besar bagi umat Islam.

Sementara itu, Presiden Iran merujuk pada potensi besar untuk diversifikasi lebih lanjut dari lingkup kerjasama kedua negara, terutama di dunia Islam yang lebih luas, dengan menekankan untuk membantu bangsa Palestina yang tertindas dan tidak memiliki tempat tinggal dan menyelamatkan mereka dari penindasan bangsa Zionis.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa isu Palestina tidak akan pernah dihilangkan dari agenda kerja sama bersama kedua negara tersebut.

Sementara itu, Presiden Erdogan dalam pembicaraan teleponnya sekali lagi mengucapkan selamat kepada mitranya dari Iran karena telah berhasil memenangkan pemilihan presiden.

Erdogan meyakini masa jabatan Raisi sebagai Presiden Iran akan menandai era baru dalam kerjasama bilateral dan regional yang lebih komprehensif antara kedua negara.

Presiden Turki mengatakan bahwa Dewan Tinggi untuk Kerja Sama Iran-Turki memainkan peran yang menentukan dalam meningkatkan kerja sama bilateral. 

Dirinya mengungkapkan harapan bahwa pertemuan Teheran mendatang akan diadakan sesegera mungkin, yang bertujuan untuk mengadakan pembicaraan tentang kerja sama bilateral yang lebih luas.

Selain itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan menghargai kontribusi kemanusiaan Republik Islam Iran yang telah membantu Turki untuk memadamkan kebakaran hutan di wilayahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *