Minimnya Pelayanan Puskesmas Leles Kecewakan Masyarakat

Leles, Bewara Pakuan – M.I balita berusia tiga setengah bulan anak pasutri Robidin (40) dan Siroh (30) warga Kp. Bojongkoneng RT 01/03 Desa Karyamukti Kecamatan Leles Cianjur selatan, meninggal dunia sekira pukul 06.14 WIB, Selasa 17 Agustus 2021, di Puskesmas Kecamatan Leles, Cianjur selatan, Jawa Barat.

Menurut ibu kandungnya, anak keempatnya itu di bawa ke Puskesmas Leles sekira pukul 03.00 WIB dini hari lantaran demam tinggi.

Ironisnya saat M.I meninggal dunia, tidak ada seorang pun petugas baik itu bidan maupun perawat.

“Sebelum pukul 06.00 WIB, salah seorang perawat pamit pulang dulu padahal bayi saya dalam keadaan kritis. Dia pulang alasannya karena nanti juga ada perawat yang aplus/menggantikannya,” kata Suroh.

Saat bayinya meninggal yang ada hanya Suroh dan anaknya yang lain. Namun karena panik, akhirnya Suroh menyuruh anaknya untuk memanggil Kepala Desa Karyamukti Saadulloh, yang kebetulan rumahnya tak jauh dari Puskesmas Leles.

Singkat cerita, sesampainya Kepala Desa Karyamukti di Puskesmas, tak satu pun petugas/perawat yang datang, hingga akhirnya ditelponlah perawat oleh kepala desa itu, namun masih tak datang jua.

“Perawat baru datang setelah masyarakat berkumpul,” ujar Suroh.

Adanya kejadian tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Karyamukti Saadulloh, benar bahwa M.I telah meningggal di Puskesmas Leles.

Sebelum bayi tersebut dibawa ke Puskesmas, keluarga korban dan bidan desa memberitahu bahwa anaknya mengalami panas dan perutnya kembung.

“Atas pemberitahuan itu, saya sarankan M.I untuk dirawat di Puskesmas saja. Namun begitu pagi tiba, kakak kandung M.I yang paling besar datang ke rumah mengatakan adiknya itu sudah meninggal dunia, tapi tak seorang pun ada petugas/perawat di Puskesmas,” kata Saadulloh.

Terpisah, saat di konfirmasi wartawan, Plt. Camat Leles Acep Juandi juga membenarkan adanya kejadian tersebut, bahkan Kepala Puskesmasnya pun sudah ditegurnya atas kejadian serupa. Dan pihaknya akan melaporkan kejadian tersebut ke Bupati.

“Dengan adanya kejadian ini, masyarakat jelas kecewa dengan pelayanan Puskesmas Leles. Karena kejadian serupa bukan kali ini saja terjadi,” kata Camat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *