149 views

Mullah Abdul Ghani Baradar, Orang Nomor 2 Taliban Temui Menlu Qatar

Ilustrasi.Net

Bewara Pakuan – Orang nomor dua Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar, telah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Qatar, dilansir dari NHK World.

Hal tersebut dilakukan karena Taliban ingin mendapatkan pemahaman internasional mengenai kekuasaannya di Afganistan.

Baradar sendiri bertemu dengan Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani di ibu kota Qatar, Doha, pada Selasa (17/08/2021).

Pemerintah Qatar mengatakan kedua belah pihak bertukar pandangan atas sejumlah isu terkait transisi kekuasaan yang damai serta mengenai kekhawatiran yang meningkat di kalangan komunitas internasional mengenai perlindungan warga sipil di negara yang dilanda konflik saudara tersebut.

Sementara itu, Pemerintah Qatar sendiri sebelumnya telah menjadi penengah dalam perundingan untuk membawa perdamaian di Afghanistan dimana Baradar merupakan kepala kantor politik Taliban di Doha.

Pertemuan tersebut dianggap sebagai pembicaraan langsung pertama Baradar dengan pejabat pemerintah asing sejak runtuhnya pemerintahan Afganistan.

Para pengamat meyakini Baradar bertemu dengan Menteri Luar Negeri Qatar untuk menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Qatar atas upaya mediasinya serta untuk mendapatkan persetujuan internasional bagi pemerintahan baru Afganistan yang dipimpin oleh Taliban.

Menurut juru bicara Taliban, setelah melakukan pertemuan tersebut, Baradar langsung terbang ke Provinsi Kandahar, Afghanistan selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.